Cara Mengatasi Hp yang Mendadak Panas Saat di Cas Agar Suhu Normal Kembali

Cara Mengatasi Hp yang Mendadak Panas

Ketika mengisi daya ponsel, kamu mungkin pernah merasakan suhu yang meningkat. Sebenarnya cara mengatasi Hp yang mendadak panas saat di cas ini bisa dilakukan dengan beberapa metode.

Banyak ponsel modern kini dilengkapi dengan teknologi pengisian cepat (fast charging), yang menggunakan arus dan tegangan lebih tinggi daripada metode pengisian biasa, sehingga dapat menyebabkan peningkatan suhu. Namun, ada juga faktor lain yang dapat menyebabkan ponsel menjadi panas saat diisi daya.

Untuk itu, dalam uraian kali ini akan diberikan beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi Hp yang mendadak panas ketika diisi daya. Berikut diantaranya:

1. Gunakan USB dan Adaptor Berkualitas Baik

Pastikan menggunakan kabel USB dan adaptor asli dari ponsel atau yang bermerek baik dengan kualitas yang sudah terpercaya. Hindari menggunakan kabel dan adaptor hanya karena harganya murah, karena hal ini dapat menyebabkan ponsel menjadi panas dan lama-kelamaan bisa merusak perangkat.

2. Hindari Tempat Panas

Hindarilah lokasi yang panas dan terkena sinar matahari langsung agar suhu HP tidak meningkat.

Usahakan melakukan pengecasan di tempat yang sejuk atau memiliki AC. Jika HP sedang di-charge di bawah paparan sinar matahari langsung, perangkat bisa mengalami overheating dan berpotensi meledak.

3. Matikan HP saat Dicas

Selain mempercepat proses pengisian daya, mematikan ponsel saat diisi juga membantu menjaga suhu perangkat tetap stabil, yang berkontribusi pada umur panjang baterai. Ketika ponsel digunakan saat diisi daya, komponen internal bekerja lebih keras.

Memproduksi panas berlebih yang bisa berdampak buruk pada kinerja baterai dalam jangka panjang. Dengan mematikan ponsel, energi dari charger sepenuhnya digunakan untuk mengisi baterai, tanpa terganggu oleh aktivitas lain, sehingga lebih efisien dan aman bagi perangkat.

4. Tutup Aplikasi yang Sudah Tidak Digunakan

Matikan aplikasi yang tidak dibutuhkan serta hentikan proses atau fitur latar belakang yang tidak diperlukan saat sedang mengisi daya ponsel. Tindakan ini akan mengurangi beban kerja perangkat secara keseluruhan dan membantu mencegah peningkatan suhu yang berlebihan.

Di samping itu, kamu bisa mempertimbangkan untuk menghapus aplikasi atau game yang menggunakan banyak sumber daya dan sering membuat ponsel menjadi panas saat diisi daya, kecuali jika aplikasi tersebut memang sangat penting untuk kebutuhan sehari-hari.

5. Aktifkan Mode Pesawat

Mengaktifkan mode pesawat pada ponselmu dapat mengurangi konsumsi daya selama pengisian, yang berkontribusi menjaga suhu perangkat tetap stabil. Selain itu, mematikan fitur-fitur seperti Wi-Fi, Bluetooth, dan layanan lokasi juga membantu mengurangi tekanan pada baterai, mencegahnya dari potensi overheating saat pengisian berlangsung.

6. Lepas Casing Hp

Selain memberikan sirkulasi udara yang lebih baik, melepas casing HP saat pengisian daya juga dapat mencegah panas berlebih yang sering kali terjadi saat perangkat diisi dalam jangka waktu lama. Overheating bisa memperpendek umur baterai, dan dalam kasus ekstrim, dapat menyebabkan kerusakan komponen internal.

Dengan membiarkan perangkat “bernafas” tanpa casing, suhu dapat lebih terkontrol, yang pada akhirnya akan membantu meningkatkan performa dan umur panjang HP serta baterainya.

7. Gunakan Stop Kontak Langsung

Mengisi daya perangkat melalui stopkontak, daripada menggunakan USB, dapat membantu mengurangi risiko perangkat terlalu panas. Ini karena stopkontak memberikan daya yang lebih stabil dan minim resiko lonjakan atau penurunan daya mendadak.

Itulah uraian terkait dengan beberapa cara mengatasi hp yang mendadak panas saat di cas yang bisa dilakukan. Tentunya dengan menerapkan beberapa cara tersebut, maka Hp yang dimiliki tidak akan cepat panas ketika di cas.

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.