2 Cara Cek Ongkir di Raja Ongkir Melalui Aplikasi dan Website Resmi

cara cek ongkir di raja ongkir

Di era perkembangan digital saat ini, untuk mengecek ongkos kirim dari sebuah ekspedisi tentu cukup mudah. Salah satu cara yang bisa dilakukan yakni melalui raja ongkir. Cara cek ongkir di Raja Ongkir ini juga bisa dilakukan dengan beberapa metode.

Jika pengguna telah mengetahui ongkos kirim dari barang yang akan dikirimkan, tentu hal ini juga bisa digunakan sebagai bahan pertimbangan untuk menggunakan jasa ekspedisi. Hal ini dikarenakan, tiap ekspedisi tentu akan berbeda pula ongkos yang akan ditetapkan.

Namun ini juga akan ditentukan berdasarkan berat barang, wilayah tujuan dan juga besar dari barang yang akan dikirimkan tersebut. Namun jika ingin mengecek berapa ongkos kirim yang harus ditanggung, bisa menggunakan aplikasi maupun website dari raja ongkir ini.

Penasaran bagaimana cara yang bisa dilakukan untuk mengecek ongkos kirim dari raja ongkir ini? Untuk itu, dalam penjelasan kali ini akan diberikan uraian lengkapnya.

Cek Ongkir di Website Raja Ongkir

Untuk mengecek ongkos kirim dari barang yang akan digunakan ini bisa dilakukan melalui sebuah website resmi dari raja ongkir. Cara mengecek ini bisa dilakukan baik  untuk area domestik maupun untuk area internasional.

Sehingga pengguna bisa memilih menu tergantung dari wilayah barang yang akan dikirimkan tersebut. Apakah itu termasuk pengiriman domestik maupun pengiriman Internasional.

Untuk lebih jelasnya, dalam penjelasan kali ini akan diberikan uraian terkait dengan bagaimana cara yang bisa dilakukan untuk mengecek ongkos kirim dari website rajaongkir. Berikut langkah yang harus diikuti, diantaranya:

  • Pilih opsi Domestik atau Internasional.
  • Jika sudah, bisa dilanjutkan dengan isi kolom yang menunjukkan Kota Asal.
  • Selanjutnya, isi kolom yang menunjukkan Kecamatan Tujuan.
  • Kemudian, masukkan berat paket dalam gram.
  • Setelah semua informasi terisi, klik tombol untuk memeriksa.
  • Hasilnya akan menampilkan informasi mengenai penyedia layanan pengiriman yang tersedia, beserta tarif dan perkiraan waktu pengirimannya.
  • Sementara itu, untuk memeriksa biaya pengiriman antar negara, disarankan untuk menunggu hingga informasi tentang penyedia layanan pengiriman dan tarifnya muncul. Umumnya, informasi ini disajikan dalam mata uang Dolar Amerika Serikat (USD).

Cek Ongkir Melalui Aplikasi Raja Ongkir

Cara cek ongkir di raja ongkir yang selanjutnya ini bisa dilakukan melalui aplikasi raja ongkir.  Untuk proses pengecekannya juga hampir sama dengan ketika mengecek ongkir melalui website. Pengguna hanya perlu mengikuti langkah berikut:

  • Mulai dengan membuka aplikasi Raja Ongkir yang sudah terinstal pada perangkat Anda.
  • Saat berada di beranda atau halaman utama aplikasi, Anda dapat memilih opsi “Domestik” untuk pengiriman dalam negeri atau “Internasional” untuk pengiriman luar negeri.
  • Lengkapi informasi kota asal pengirim di kolom yang tersedia.
  • Selanjutnya, untuk pengiriman domestik, Anda akan diminta untuk mengisi kolom kecamatan tujuan, sementara untuk pengiriman internasional, Anda akan diminta untuk mengisi kolom negara tujuan.
  • Isi informasi berat paket dengan akurat, diukur dalam gram.
  • Pastikan tidak ada kesalahan karena dapat memengaruhi perbedaan harga yang cukup signifikan.
  • Setelah semua informasi terisi dengan benar, klik tombol “Periksa” dan tunggu proses loading.
  • Setelah proses selesai, halaman aplikasi akan menampilkan informasi tentang biaya pengiriman, opsi kurir yang tersedia, dan estimasi waktu pengiriman.
  • Untuk pengiriman internasional, informasi kurs akan ditampilkan secara real-time berdasarkan sumber bank sentral Indonesia, dan tarif akan ditampilkan dalam dolar Amerika (USD).

Itulah uraian terkait dengan cara cek ongkir di raja ongkir yang bisa dilakukan untuk mengetahui ongkos kirim dari pengiriman barang. Hal ini bisa dilakukan baik melalui aplikasi ataupun tanpa aplikasi.

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.