Kelas XII (12)PKK

Hubungan Antara Perencanaan Dengan Control Produksi | PKK

Hubungan Antara Perencanaan Dengan Control Produksi | PKK  Baiklah disini saya akan menjelaskan serta sharing kepada teman – teman dan melanjutkan pembahasan sebelumnya yaitu Perencanaan Produksi Massal | PKK terkait Pembelajaran TKJ dengan mata pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan atau biasa disebut dengan PKK, alangkah baiknya anda melihat – lihat terlebih dahulu pada pembahasan sebelumnya agar lebih dapat dimengerti. Pada saat ini saya akan membahas tentang hubungan antara perencanaan dengan control produksi. Langsung saja simak penjelasannya dibawah ini.


hubungan-antara-perencanaan-dengan-control-produksi


Perencanaan dan pembuatan suatu produk baik yang baru atau yang sudah ada merupakan bagian yang sangat besar dari semua kegiatan teknik yang telah ada. Kegiatan ini didapat dari persepsi tentang kebutuhan manusia, kemudian disusul oleh penciptaan suatu konsep produk, perancangan [roduk, pengembangan dan penyempurnaan produk, dan diakhiri dengan pembuatan dan pendistribusian produk tersebut.

Perencanaan produksi adalah fungsi manajerial yang berhubungan dengan masalah – masalah berikut.

  1. Apa yang diperlukan dalam fasilitas produksi.
  2. Cara membagi alat – alat produksi agar dapat digunakan dalam proses produksi.
  3. Cara agar alat – alat produksi tersebut dapat membuat produk yang diinginkan dan dalam jumlah yang diinginkan.

Secara umum, perencanaan produksi berkaitan dengan 2 aspek, yaitu :

  1. Aspek penjadwalan dan perencanaan tugas.
  2. Aspek tata letak atau hubungan antar – sumber daya.

Perencanaan produksi bersifat dinamis. Artinya, perencanaan produksi selalu berubah – ubah sesuai dengan adanya perubahan rencana yang mungkin terjadi.

Disisi lain, kontrol produksi adalah mekanisme untuk mengawasi agar produksi bisa berjalan sesuai dengan rencana. Kontrol produksi memiliki fungsi-fungsi penting, diantaranya :

  1. Menjaga agar proses produksi bisa berjalan sesuai dengan rencana.
  2. Mengamati kemajuan produksi dan mencatat kekurangan – kekurangannya.
  3. Menganalisis data yang dicatat dan menghitung kesalahan – kesalahannya.
  4. Mengambil langkah langsung untuk mengoreksi kesalahan – kesalahan yang ada pada proses produksi.
  5. Meneruskan laporan kontrol produksi kepada bagian perencanaan untuk ditindaklanjuti.

Nah, begitulah penjelasan tentang hubungan antara perencanaan dengan control produksi. Menarik bukan? Jika anda suka, share ke teman atau keluarga anda sehingga kita bisa saling mempelajari ilmu – ilmu terkait pembahasan di artikel ini. Jika ada yang kurang dimengerti silahkan komentar dibawah yah 😄😄😄.

Jika anda ingin mencari atau melanjutkan pembahasan terkait dengan pembelajaran PKK silahkan cek di link berikut : Klik Disini

Demikianlah artikel pembahasan materi yang berjudul Hubungan Antara Perencanaan Dengan Control Produksi | PKK. Semoga bermanfaat bagi anda.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button