Mengevaluasi Dan Memprioritaskan Proyek | Fase Dalam Perencanaan Produk | PKK

Mengevaluasi Dan Memprioritaskan Proyek | Fase Dalam Perencanaan Produk | PKK  Baiklah disini saya akan menjelaskan serta sharing kepada teman – teman dan melanjutkan pembahasan sebelumnya yaitu Mengidentifikasi Peluang | Fase Dalam Perencanaan Produk | PKK terkait Pembelajaran TKJ dengan mata pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan atau biasa disebut dengan PKK, alangkah baiknya anda melihat – lihat terlebih dahulu pada pembahasan sebelumnya agar lebih dapat dimengerti. Pada saat ini saya akan membahas tentang mengevaluasi dan memprioritaskan proyek fase dalam perencanaan produk. Langsung saja simak penjelasannya dibawah ini.

Perancangan produk terdiri dari serangkaian kegiatan yang berurutan. Kegiatan – kegiatan dalam proses perancangan dinamakan fase. Fase – fase dalam proses perancangan produk berbeda satu dengan yang lainnya. Setiap fase terdiri dari beberapa kegiatan yang dinamakan langkah – langkah dalam fase. Pada kali ini saya akan menjelaskan kepada anda tentang salah satu fase dalam proses perancangan produk yaitu mengevaluasi dan memprioritaskan proyek.

Empat perspektif dasar yang berguna dalam mengevaluasi dan memprioritaskan peluang – peluang bagi produk baru yaitu :


  • Strategi Bersaing

Strategi bersaing merupakan sebuah pendekatan pasar dan produk dengan memerhatikan para pesaing usaha. Strategi ini digunakan untuk memilih peluang. Pada umumnya perusahaan melakukan diskusi pada tingkat manajemen untuk membahas strategi dalam menghadapi persaingan usaha. Beberapa strategi yang mungkin untuk diterapkan yaitu :

    1. Kepemimpinan yang berbasis pada teknologi.
    2. Kepemimpinan berbasis efisiensi biaya.
    3. Fokus pelanggan.
    4. Produk tiruan.

  • Segmentasi Pasar

Pembagian pasar ke dalam segmen – segmen membuat perusahaan dapat memetakan selera pelanggan terhadap suatu produk. Selain itu, perusahaan juga akan mampu melihat perkembangan produk pesaingnya. Pemetaan produk – produk pesaing dan milik sendiri ke dalam segmen – segmen akan membantu perusahaan dalam memperkirakan kelemahan produknya dan mampu memanfaatkan kelemahan produk pesaingnya.

  • Perkembangan Teknologi

Pada perusahaan dengan produk berupa teknologi, keputusan perencanaan yang utama adalah penentuan waktu untuk menggunakan teknologi baru dalam kegiatan produksi massal.

  • Perencanaan Platform Produk

Platform produk yang bagus dapat menjadi dasar dalam membuat produk turunan yang mampu memenuhi selera pasar.

Keputusan mengenai platform produk berkaitan erat dengan usaha pengembangan produk serta implementasi teknologi dalam membuat suatu produk.

Untuk menjembatani antara implementasi teknologi dengan perencanaan dan pengembangan produk, maka perusahaan bisa menggunakan peta jalur teknologi. Peta jalur teknologi merupakan cara untuk menunjukkan perkiraan penggunaan teknologi di masa depan dan teknologi apa yang cenderung di pakai oleh pasar.

  • Evaluasi Peluang Produk Baru

Evaluasi produk dilakukan berdasarkan aspek-aspek berikut.

    1. Ukuran pasar (unit/tahun x harga rata-rata).
    2. Tingkat pertumbuhan pasar (persen per tahun).
    3. Intensitas persaingan (jumlah pesaing dan kekuatannya).
    4. Pengetahuan perusahaan mengenai pasar.
    5. Pengetahuan perusahaan mengenai teknologi.
    6. Kesesuaian dengan produk perusahaan lain.
    7. Kesesuaian dengan kemampuan perusahaan.

  • Menyeimbangkan Portofolio Proyek Pengembangan

Metode penyeimbang portofolio akan melibatkan pemetaan portofolio sesuai dengan dimensi-dimensi yang berguna, sehingga manajer akan mempertimbangkan dampak atas keputusan perencanaan produk. Pendekatan pemetaan yang dikemukakan oleh Cooper et al (1998) melibatkan dimensi seperti risiko teknis, pengembalian finansial, daya tarik pasar, dan sebagainya.

Nah, begitulah penjelasan tentang mengevaluasi dan memprioritaskan proyek fase dalam perencanaan produk. Menarik bukan? Jika anda suka, share ke teman atau keluarga anda sehingga kita bisa saling mempelajari ilmu – ilmu terkait pembahasan di artikel ini. Jika ada yang kurang dimengerti silahkan komentar dibawah yah ๐Ÿ˜„๐Ÿ˜„๐Ÿ˜„.

Jika anda ingin mencari atau melanjutkan pembahasan terkait dengan pembelajaran PKK silahkan cek di link berikut : Klik Disini

Demikianlah artikel pembahasan materi yang berjudul Mengevaluasi Dan Memprioritaskan Proyek | Fase Dalam Perencanaan Produk | PKK. Semoga bermanfaat bagi anda.

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.