Kelas XII (12)PKK

Penerapan Proses Produksi Massal Pada Produk Perangkat Keras | PKK

Penerapan Proses Produksi Massal pada Produk Perangkat Keras | PKK – Baiklah disini saya akan menjelaskan serta sharing kepada teman – teman dan melanjutkan pembahasan sebelumnya yaitu Apa Itu Proses Produksi | PKK terkait Pembelajaran TKJ dengan mata pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan atau biasa disebut dengan PKK, alangkah baiknya anda melihat – lihat terlebih dahulu pada pembahasan sebelumnya agar lebih dapat dimengerti. Pada saat ini saya akan membahas tentang penerapan proses produksi massal pada produk perangkat keras. Langsung saja simak penjelasannya dibawah ini.

penerapan-proses-produksi-massal-pada-produk-perangkat-keras

Pada bagian ini, kita akan membahas terkait diagram alir produksi massal. Tentu saja setiap perusahaan memiliki diagram alir produksi massal yang berbeda – beda. Namun, kali ini kita akan mengambil contoh diagram alir produksi massal pada produk chip computer.

  • Dari Pasir Menuju Batangan

Proses produksi massal chip komputer dimulai dari pengolahan silicon. Pertama – tama, silicon dibersihkan dari material lain sehingga menghasilkan silicon murni. Kemurnian silicon akan berpengaruh terhadap peforma chip komputer tersebut.

Silikon murni lalu dipanaskan sampai mencair. Setelah itu, campur “benih” silicon dengan silicon yang sudah dicairkan. Percampuran tersebut akan menghasilkan lempengan silicon.

Setelah itu, lempengan silicon tersebut ditempelkan pada sebuah wafer. Wafer adalah bahan dasar dari komponen microsystem. Wafer biasanya terbentuk lempengan tipis berbentuk lingkaran dengan garis di salah satu sisinya.



  • Pengolahan dari Barang Setengah Jadi Menuju Barang Jadi

Setelah menjadi lempengan, maka chip setengah jadi tersebut diolah dengan cara membuat sekat pada lapisan dasar chip dan implantasi ion pada chip untuk mengubah karakteristik elektrisnya.

Diantara langkah – langkah ini. area – area pada chip dibuat pola dengan gambar melalui proses fotolitografi.

Proses tersebut menghasilkan goresan – goresan. Goresan – goresan tersebut menjadi tanda bagian mana saja dalam chip yang bisa dibuang atau tidak.

Langkah terakhir pada proses manufaktur chip adalah pemberian lembar perlindungan pada seluruh wafer. Pemeriksaan awal pada wafer dilakukan untuk mengetahui fungsi pada chip. Setelah mengetahui mana chip yang bagus dan mana yang tidak, maka chip kemudian dipotong dari wafer menggunakan pisau khusus.



Nah, begitulah penjelasan tentang penerapan proses produksi massal pada produk perangkat keras. Menarik bukan? Jika anda suka, share ke teman atau keluarga anda sehingga kita bisa saling mempelajari ilmu – ilmu terkait pembahasan di artikel ini. Jika ada yang kurang dimengerti silahkan komentar dibawah yah 😄😄😄.

Jika anda ingin mencari atau melanjutkan pembahasan terkait dengan pembelajaran PKK silahkan cek di link berikut : Klik Disini

Demikianlah artikel pembahasan materi yang berjudul Penerapan Proses Produksi Massal pada Produk Perangkat Keras | PKK. Semoga bermanfaat bagi anda. Terima kasih…

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button