Kelas XII (12)PKK

Istilah Dalam Line Balancing | PKK

Istilah Dalam Line Balancing | PKK  Baiklah disini saya akan menjelaskan serta sharing kepada teman – teman dan melanjutkan pembahasan sebelumnya yaitu Apa itu Line Balancing | PKK terkait Pembelajaran TKJ dengan mata pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan atau biasa disebut dengan PKK, alangkah baiknya anda melihat – lihat terlebih dahulu pada pembahasan sebelumnya agar lebih dapat dimengerti. Pada saat ini saya akan membahas tentang istilah dalam line balancing. Langsung saja simak penjelasannya dibawah ini.


istilah-dalam-line-balancing

2. Istilah dalam Line Balancing

Menurut Baroto ada beberapa istilah yang lazim digunakan dalam line balancing. Istilah-istilah tersebut antara lain :

a. Precedence Diagram

     Precedence diagram digunakan sebelum melangkah pada penyelesaian menggunakan metode keseimbangan lintasan. Precedence diagram sebenarnya merupakan gambaran secara grafis dari urutan operasi kerja, serta ketergantungan pada operasi kerja lainnya yang tujuannya untuk memudahkan pengontrolan dan perencanaan kegiatan yang terkait di dalamnya, adapun tanda yang dipakai dalam precedence diagram adalah sebagai berikut.

    1. Simbol lingkaran dengan huruf atau nomor di dalamnya untuk mempermudah identifikasi asli dari suatu proses operasi. 
    2. Tanda panah menunjukkan ketergantungan dan urutan proses operasi. Hal ini operasi yang ada di pangkal panah berarti mendahului operasi yang ada di pangkal panah berarti mendahului operasi kerja yang ada pada ujung anak panah. 
    3. Angka di atas simbol lingkaran adalah waktu standar yang diperlukan untuk menyelesaikan setiap proses operasi.

b. Assemble Product

     Assemble Product adalah produk yang melewati urutan work station di mana, setiap work station memberikan proses tertentu hingga selesai menjadi produk akhir pada perakitan akhir.

c. Waktu Menunggu (Idle Time)

     Di mana operator atau pekerja menunggu untuk melakukan proses kerja atau kegiatan operasi yang selanjutnya akan dikerjakan. Selisih atau perbedaan antara Cycle Time (CT) dan Statiun Time (ST), atau CT dikurangi ST.

idle-time

d. Keseimbangan Waktu Senggang (Balance Delay)

     Balance delay merupakan ukuran dari ketidakefisienan lintasan yang dihasilkan dari waktu menganggur sebenarnya yang disebabkan karena pengalokasian yang kurang sempurna di antara stasiun-stasiun kerja. Balance delay dapat dirumuskan sebagai berikut.

balance-delay

e. Efisiensi Stasiun Kerja Merupakan Rasio Antara Waktu Operasi

     Tiap stasiun kerja (Wi) dan waktu operasi stasiun kerja terbesar (Ws). Efisiensi stasiun kerja dapat dirumuskan sebagai berikut.

efisiensi-stasiun-kerja

f. Line Efficiency

     Line efficiency merupakan rasio dari total waktu stasiun kerja dibagi dengan siklus dikalikan jumlah stasiun kerja atau jumlah efisiensi stasiun kerja dibagi jumlah stasiun kerja. Line efficiency dapat dirumuskan sebagai berikut.

line-efficiency

g. Work Station

     Merupakan tempat pada lini perakitan di mana proses perakitan dilakukan. Setelah menentukan interval waktu siklus, maka jumlah stasiun kerja yang efisien dapat diciptakan dengan rumus berikut.

work-station

h. Smoothes Index (SI)

     SI adalah suatu indeks yang menunjukkan kelancaran relatif dari penyeimbangan lini perakitan tertentu.

smoothes-index

Nah, begitulah penjelasan tentang istilah dalam line balancing. Menarik bukan? Jika anda suka, share ke teman atau keluarga anda sehingga kita bisa saling mempelajari ilmu – ilmu terkait pembahasan di artikel ini. Jika ada yang kurang dimengerti silahkan komentar dibawah yah 😄😄😄.

Jika anda ingin mencari atau melanjutkan pembahasan terkait dengan pembelajaran PKK silahkan cek di link berikut : Klik Disini

Demikianlah artikel pembahasan materi yang berjudul Istilah Dalam Line Balancing | PKK. Semoga bermanfaat bagi anda. Terima kasih…

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button