Pengukuran Kerja (Line Balancing) | PKK

Pengukuran Kerja (Line Balancing) | PKK  Baiklah disini saya akan menjelaskan serta sharing kepada teman – teman dan melanjutkan pembahasan sebelumnya yaitu Apa itu Line Balancing | PKK terkait Pembelajaran TKJ dengan mata pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan atau biasa disebut dengan PKK, alangkah baiknya anda melihat – lihat terlebih dahulu pada pembahasan sebelumnya agar lebih dapat dimengerti. Pada saat ini saya akan membahas tentang pengukuran kerja (line balancing). Langsung saja simak penjelasannya dibawah ini.


pengukuran-kerja-line-balancing


5. Pengukuran Waktu

Pengukuran kerja mengacu pada pendapat Sritomo Wingjosoebroto (1995), pengukuran yang dimaksudkan di sini adalah pengukuran kerja (time study), suatu aktivitas untuk menentukan waktu yang dibutuhkan oleh seorang operator (yang memiliki keterampilan rata-rata dan terlatih baik) dalam melaksanakan sebuah kegiatan kerja dengan kondisi dan tempo kerja yang normal.

        a. Pengukuran Kerja dan Manfaatnya

Untuk mengetahui apakah suatu sistem kerja yang diterapkan sudah baik, maka diperlukan prinsip-prinsip pengukuran kerja yang meliputi teknik-teknik pengukuran mengenai waktu yang dibutuhkan, tenaga yang dikeluarkan, pengaruh psikologis dan fisiologis.

Salah satu pengukuran kerja adalah pengukuran waktu kerja (time study). Pengukuran waktu kerja bertujuan untuk mendapatkan waktu standar penyelesaian pekerjaan secara wajar, tidak terlalu cepat dan tidak terlalu lambat, oleh pekerja normal untuk menyelesaikan pekerjaannya dalam suatu sistem kerja yang telah berjalan dengan baik.

Manfaat dari waktu standar adalah :

  1. Untuk menentukan jadwal dan perencanaan kerja.
  2. Untuk menentukan standar biaya dalam mempersiapkan anggaran.
  3. Untuk memperkirakan biaya sebuah produk sebelum diproduksi, agar dapat mempersiapkan penawaran dan menentukan harga jual.
  4. Untuk menentukan pemanfaatan mesin, jumlah mesin yang dapat dioperasikan seorang operator dan membantu dalam menyeimbangkan lintasan produksi.
  5. Untuk menentukan standar waktu sebagai dasar pengendalian biaya tenaga kerja.

        b. Pengukuran Waktu

Teknik-teknik pengukuran waktu dapat dibagi menjadi dua bagian, yaitu :

    1.   Pengukuran Waktu Secara Langsung

    Pengukuran waktu ini dilakukan secara langsung di tempat kerja. Cara ini terbagi menjadi 2 metode, yaitu:

    • Metode jam henti (stop watch method)
    • Metode sampling pekerjaan (work sampling method)

    2.   Pengukuran Waktu Secara Tidak Langsung

    Pengukuran waktu ini dilakukan tanpa harus berada di tempat kerja, tetapi cukup dengan membaca data dari tabel-tabel atau literatur yang tersedia. Cara ini terbagi juga menjadi 2 metode, yaitu :

    • Data waktu standar
    • Data waktu gerakan

     Dalam hal ini, pembahasan akan dilakukan dengan teknik pengukuran waktu secara langsung dengan menggunakan metode jam henti (stop watch method).

Nah, begitulah penjelasan tentang pengukuran kerja (line balancing). Menarik bukan? Jika anda suka, share ke teman atau keluarga anda sehingga kita bisa saling mempelajari ilmu – ilmu terkait pembahasan di artikel ini. Jika ada yang kurang dimengerti silahkan komentar dibawah yah ๐Ÿ˜„๐Ÿ˜„๐Ÿ˜„.

Jika anda ingin mencari atau melanjutkan pembahasan terkait dengan pembelajaran PKK silahkan cek di link berikut : Klik Disini

Demikianlah artikel pembahasan materi yang berjudul Pengukuran Kerja (Line Balancing) | PKK. Semoga bermanfaat bagi anda. Terima kasih…

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.