Kelas XII (12)PKK

Apa itu Line Balancing | PKK

Apa itu Line Balancing | PKK  Baiklah disini saya akan menjelaskan serta sharing kepada teman – teman dan melanjutkan pembahasan sebelumnya yaitu Proses Perakitan Produk Hardware | PKK terkait Pembelajaran TKJ dengan mata pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan atau biasa disebut dengan PKK, alangkah baiknya anda melihat – lihat terlebih dahulu pada pembahasan sebelumnya agar lebih dapat dimengerti. Pada saat ini saya akan membahas tentang apa itu line balancing. Langsung saja simak penjelasannya dibawah ini.


apa-itu-line-balancing


Line Balancing adalah suatu analisis yang mencoba melakukan suatu perhitungan keseimbangan hasil produksi dengan membagi beban antar-proses secara berimbang sehingga tidak ada proses yang idle akibat terlalu lama menunggu keluarnya produk dari proses sebelumnya. Adapun tujuan utama dalam menyusun line balancing adalah untuk membentuk dan menyeimbangkan beban kerja yang dialokasikan pada tiap-tiap stasiun kerja. Jika tidak dilakukan keseimbangan seperti ini maka akan mengakibatkan ketidakefisienan kerja di beberapa stasiun kerja, di mana antara stasiun kerja yang satu dengan stasiun kerja yang lain memiliki beban kerja yang tidak seimbang.

Dengan demikian, masalah keseimbangan lintasan perakitan (balancing line) adalah bagaimana agar suatu pekerjaan dapat diselesaikan dengan beban kerja yang sama pada setiap stasiun kerja, sehingga menghasilkan keluaran produk yang sama persatuan waktu.


    1. Tujuan Penyeimbangan Lintasan

Baca Selengkapnya : Klik Disini


    2. Istilah dalam Line Balancing

        a. Precedence Diagram
        b. Assemble Product
        c. Waktu Menunggu (Idle Time)
        d. Keseimbangan Waktu Senggang (Balance Delay)
        e. Efisiensi Stasiun Kerja Merupakan Rasio Antara Waktu Operasi
        f. Line Efficiency
        g. Work Station
        h. Smoothes Index (SI)

Baca Selengkapnya : Klik Disini


    3. Metode Penyeimbangan Lintasan Perakitan

        a. Metode Matematis
        b. Metode Probabilistik
        c. Metode Heuristik

Baca Selengkapnya : Klik Disini


    4. Metode Waktu Operasi Terpanjang (Largest Candidate Rules)

Baca Selengkapnya : Klik Disini


    5. Pengukuran Kerja

        a. Pengukuran Kerja dan Manfaatnya
        b. Pengukuran Waktu

Baca Selengkapnya : Klik Disini


    6. Konsep Lini dalam Tata Letak Berorientasi Produk

Baca Selengkapnya : Klik Disini


Nah, begitulah penjelasan tentang apa itu line balancing. Menarik bukan? Jika anda suka, share ke teman atau keluarga anda sehingga kita bisa saling mempelajari ilmu – ilmu terkait pembahasan di artikel ini. Jika ada yang kurang dimengerti silahkan komentar dibawah yah 😄😄😄.

Jika anda ingin mencari atau melanjutkan pembahasan terkait dengan pembelajaran PKK silahkan cek di link berikut : Klik Disini

Demikianlah artikel pembahasan materi yang berjudul Apa itu Line Balancing | PKK. Semoga bermanfaat bagi anda. Terima kasih…

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button