Contoh SoalKelas XII (12)PKK

Contoh Soal Uraian Tentang Indikator Keberhasilan Produksi Massal | PKK

Contoh Soal Uraian Tentang Indikator Keberhasilan Produksi Massal | PKK  Baiklah disini saya akan menjelaskan serta sharing kepada teman – teman dan melanjutkan pembahasan sebelumnya yaitu Indikator Keberhasilan Produksi Massal | PKK terkait Pembelajaran TKJ dengan mata pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan atau biasa disebut dengan PKK, alangkah baiknya anda melihat – lihat terlebih dahulu pada pembahasan sebelumnya agar lebih dapat dimengerti. Pada saat ini saya akan membahas contoh soal uraian tentang indikator keberhasilan produksi massal. Langsung saja simak penjelasannya dibawah ini.


contoh-soal-uraian-indikator-keberhasilan-produksi-massal


Indikator Keberhasilan Produksi Massal

Sebelumnya kita telah mempelajari tentang pengertian dari indikator keberhasilan produksi massal. Nah saat ini kita akan sharing kepada teman-teman sekalian contoh soal uraian yang sering ditanyakan dan sering muncul pada tugas-tugas kalian salah satunya yaitu Indikator Keberhasilan Produksi Massal.

Langsung saja kalian cek dibawah ini, saya sudah sediain soal uraiannya beserta jawabannya 🤗

1. Salah satu hal pengukuran produksi massal adalah produktifitas, yang terdiri dari :
    a. Perhitungan produktifitasdalam perusahaan,
    b. Dimensi keberhasilan produktifitas 
    Jelaskan tentang perhitungan produktifitas dalam perusahaan

jawaban :

Produktivitas diartukan sebagai perbandingan antara volume masukan. Dengan kata lain, produktivitas di ukur dari tingkat efisiensi produksi masukan, seperti tenaga kerja dan modal, yang mana produksi masukan tersebut digunakan untuk menghasilkan produksi keluaran.

2. Jelaskan ke enam dimensi keberhasilan produktifitas

jawaban :

  1. Dimensi Sikap Kerja dioperasikan menjadi 3 indikator penelitian yang terdiri dari indikator-indikator sikap dalam melayani, sikap dalam melaksanakan pekerjaan, dan sikap melakukan inisiatif kerja.
  2. Dimensi Tingkat Keterampilan dioperasionalkan menjadi 3 indikator penelitian yang terdiri dari indikator-indikator keterampilan pencapaian tugas, keterampilan melaksanakan program, dan keterampilan mengevaluasi pencapaian program.
  3. Dimensi Hubungan antara lingkungan kerja diopersionalkan menjadi 3 indikator penelitian yang terdiri dari indikator-indikator hubungan kerja dengan pimpinan, hubungan kerja dengan antarbagian, dan hubungan kerja dengan rekan sekerja.
  4. Dimensi Manajemen Produktivitas dioperasionalkan menjadi 3 indikator penelitian yang terdiri dari indikator-indikator koordinasi pekerjaan, komunikasi antar bagian, dan tanggungjawab pekerjaan.
  5. Dimensi Effisiensi tenaga kerja dioperasionalkan menjadi 3 indikator penelitian yang terdiri dari indikator-indikator jumlah tenaga kerja, pemanfaatan tenaga kerja,dan pemanfaatan waktu tenaga kerja.
  6. Dimensi Kewiraswastaan dioperasionalkan menjadi 3 indikator penelitian yang terdiri dari indikator-indikator kemampuan melihat potensi daerah,kemampuan melihat potensi diri,dan kemampuan melihat potensi organisasi.

3. Pengertian kapasitas Produksi

jawaban :

Kapasitas Produksi adalah hasil atau volume pemrosesan (throughput), atau jumlah unit yang dapat di tangani di terima, disimpan, atau di produksi oleh sebuah fasilitas pada suatu priode waktu tertentu.

4. Jelaskan jenis-jenis Kapasitas Produksi

jawaban :

  1. Kapasitas desain
    Kapasitas desain adalah kapasita yang bisa di peroleh oleh suatu desain produk jika produk tersebut di alokasikan kepada sumber daya yang cocok.

  2. Kapasitas efektif
    Kapasitas efektif adalah kapasitas yang dapat diperoleh jika di hitung dari efektivitas desain dan sumber daya yang diperoleh.

  3. Kapasitas pemanfaatan
    Kapasitas pemanfaatan adalah kapasitas efektif dari produk yang sedang di gunakan.

5. Tuliskan dan jelaskan kasus-kasus dan penyelesaian di dalam pengelolaan permintaan

jawaban :

  1. Jika Permintaan Melebihi Kapasitas
    Jika Permintaan Melebihi Kapasitas, perusahaan dapat membatasi permintaan dengan menaikkan Harga, membuat penjadwalan permintaan dengan lead time yang panjang, dan mengurangi bisnis dengan keuntungan marginal. Walaupun demikian, karena fasilitas yang tidak mencukupi ini mengurangi keuntungan di bawah yang mungkin dicapai, solusi jangka panjang biasanya dilakukan dengan cara meningkatkan kapasitas.
  2. Jika Kapasitas Melebihi Permintaan
    Jika Kapasitas Melebihi Permintaan, perusahaan mungkin menginginkan untuk merangsang permintaan melalui pengurangan harga atau pemasaran yang agresif, atau mungkin menyesusaikan diri terhadap pasar melalui perubahan produk.

  3. Penyesuaian pada Permintaan Musiman
    Penyesuaian pada Permintaan Musiman, Sebuah pola permintaan musiman atau siklus permintaan merupakan tantangan dalam pemenuhan kapasitas produksi.

Nah, begitulah penjelasan tentang contoh soal uraian tentang indikator keberhasilan produksi massal. Menarik bukan? Jika anda suka, share ke teman atau keluarga anda sehingga kita bisa saling mempelajari ilmu – ilmu terkait pembahasan di artikel ini. Jika ada yang kurang dimengerti silahkan komentar dibawah yah 😄😄😄.

Jika anda ingin mencari atau melanjutkan pembahasan terkait dengan pembelajaran PKK silahkan cek di link berikut : Klik Disini

Demikianlah artikel pembahasan materi yang berjudul Contoh Soal Uraian Tentang Indikator Keberhasilan Produksi Massal | PKK. Semoga bermanfaat bagi anda. Terima kasih…

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button