Pengertian NVMe, SSD NVMe, dan Form Factor Yang Jarang Di Ketahui!

Pengertian NVMe, SSD NVMe, dan Form Factor Yang Jarang Di Ketahui!, Non-Volatile Memory Express (Nvme) adalah protokol transfer
baru yang dirancang untuk memori solid-state. Walaupun SATA (Serial Advanced
Technology Attachment) konsisten jadi baku industri untuk protokol penyimpanan,
SATA bukan dibuat spesifik untuk penyimpanan Flash layaknya SSD dan bukan mampu menawarkan
laba yang mirip berasal dari Nvme. Selanjutnya, SSD bersama dengan Nvme akan
menggantikan SSD SATA sebagai baku industri baru.

A. Apa Tersebut Nvme?

Nvme adalah interface logika yang berfaedah untuk membuka perangkat keras penyimpanan non-volatile lewat bus PCI Express di dalam motherboard komputer. Nvme merupakan kependekan berasal dari “Non-Volatile Memory Express”, diperkenalkan pertama kali th 2013 oleh organisasi non-profit yang bernama NVM Express Incorporation. Nvme dibuat spesifik untuk menghubungkan perangkat keras penyimpanan non-volatile (Knowledge bukan hilang waktu listrik mati) bersama dengan motherboard, misalnya SSD Nvme Form Factor dan Optane Memory. Pemakaian bus PCI Express mengakibatkan interface Nvme memberi tambahan kekuatan transfer yang jauh lebih cepat berasal dari interface penyimpanan non-volatile sebelumnya, layaknya SATA dan Ide.

B. Cara Kerja Interface Nvme

Cara kerja interface Nvme adalah sebagai adapter logika berupa port Nvme yang menghubungkan perangkat penyimpanan non-volatile bersama dengan bus PCI Express 3.0 terhadap chipset motherboard. Bentuk interface Nvme di dalam motherboard berupa port female yang sesuai bersama form factor perangkat yang didukung. Port itu bermanfaat sebagai adapter penghubung bus PCI Express 3.0 bersama dengan media penyimpanan non-volatile, layaknya bus AHCI yang digunakan interface Sata.

Bus PCI Express 3.0 miliki kekuatan transfer yang jauh lebih cepat dibandingkan bersama bus AHCI yang digunakan Sata. PCI Express 3.0 bisa mentransfer information sampai 32 Gb/S sedangkan SATA III cuman dapat sampai 600 Mb/S. SSD yang mengenakan socket SATA mengalami bottleneck, dikarenakan kekuatan transfer bus AHCI bukan sanggup melayani kecepatan SSD yang sebenarnya. Keistimewaan berasal dari bus PCI Express 3.0 yang jauh lebih cepat tetapi konsisten kenakan kekuatan listrik rendah, melatarbelakangi pengembangan interface Nvme untuk media penyimpanan non-volatile khususnya Ssd.

Seri awal interface Nvme bukan dibuat secara integrated di dalam motherboard komputer, melainkan segera digabungkan bersama dengan perangkat SSD dan berbentuk layaknya kartu grafis (Vga card) yang dihubungkan secara segera di dalam interface PCI Express 3.0 baku di motherboard, misalnya intel SSD 750. Sejalan berjalannya sementara, Nvme dijadikan interface baku didalam motherboard komputer layaknya gambar di atas.

C. Perbandingan SSD Nvme dan SSD SATA

SSD SATA dan SSD Nvme sebenarnya memakai teknologi yang serupa untuk menyimpan information yaitu berupa NAND Flash. Berikut perbandingan SSD SATA dan SSD Nvme secara generik.

  • Kecepatan SSD Nvme lawan SSD SATA

Kecepatan arsitektur NAND Flash masih lumayan kecil jikalau dibandingkan bersama dengan kekuatan transfer bus PCI Express 3.0 (32 Gb/S) yang digunakan interface Nvme. Tidak cuman tersebut, SSD Nvme memiliki controller spesifik yang mengatur memory NAND Flash untuk mampu bekerja lebih optimal. Kisaran kecepatan rata-rata SSD Nvme adalah 2 Gb/S lebih-lebih lebih. Di lain pihak SSD Sata, secepat apa pun controller-nya konsisten bukan sanggup melampaui 700 Mb/S dikarenakan batasan bus Ahci.

  • Panas SSD Nvme versus SSD SATA

SSD Nvme berlangsung di bus yang jauh lebih cepat berasal dari SSD Sata. Agar perangkat SSD Nvme (0 – 80°c) lebih panas dibandingkan SSD SATA (0 – 50°c). Sebagian SSD Nvme sedia kan pelat pendingin (Heatsink) yang menutupi komponennya untuk menangani hal ini.

  • Kompatibilitas SSD Nvme lawan SSD SATA

Secara generik SSD SATA lebih kompatibel pada kebanyakan perangkat komputer maupun laptop yang tersedia baik baru maupun lawas. Di lain pihak SSD Nvme semata-mata didukung oleh perangkat-perangkat baru, umumnya produksi minimal year 2019 dan masih ada untuk perangkat mid-range sampai high-range. Tidak cuman tersebut lebih dari satu motherboard umumnya sedia kan semata-mata satu interface Nvme.

  • Harga SSD Nvme Versus SSD SATA

Harga SSD Nvme umumnya 2x lebih mahal berasal dari SSD Sata.

D. Bagian SSD Nvme dan Form Factor-Nya

Secara simple, SSD Nvme adalah perangkat keras penyimpanan bersama dengan kenakan arsitektur SSD (Nand Flash atau sejenisnya) sebagai bagian yang menyimpan knowledge dan dihubungkan bersama dengan motherboard oleh interface Nvme. Tipe SSD Nvme dibedakan berdasarkan form factor-nya. Form factor SSD Nvme adalah bentuk berasal dari sebuah perangkat SSD Nvme yang sesuai bersama motherboard atau device yang akan dipasangkan. Berikut lebih dari satu tipe form factor SSD Nvme yang generik digunakan.

  • SSD Nvme Form Factor HHHL AIC

Form Factor HHHL AIC (Half-Height half-length add-in-card) adalah bentuk SSD Nvme yang sekaligus memiliki adapter interface Nvme agar perangkat ini dihubungkan secara segera lewat interface PCI Express 3.0 terhadap motherboard. Type SSD Nvme ini sanggup digunakan oleh komputer lama yang bukan menopang perangkat penyimpanan bersama form factor Nvme baku.

  • SSD Nvme Form Factor M.2 2280

Form Factor M.2 2280 adalah bentuk SSD Nvme baku yang berukuran 2280 (22mm x 80mm) untuk motherboard komputer yang udah menunjang interface Nvme. Bentuk SSD Nvme ini biasanya digunakan oleh komputer dan laptop.

  • SSD Nvme Form Factor M.2 2260

Form Factor M.2 2260 adalah bentuk SSD Nvme yang berukuran 2260 (22mm x 60mm) untuk perangkat yang sudah menolong interface Nvme bersama area perangkat berukuran tengah. Bentuk SSD Nvme ini biasanya digunakan oleh notebook.

  • SSD Nvme Form Factor M.2 2242

Form Factor M.2 2242 adalah bentuk SSD Nvme yang berukuran 2242 (22mm x 42mm) untuk perangkat yang udah membantu interface Nvme bersama dengan area perangkat berukuran kecil. Bentuk SSD Nvme ini biasanya digunakan oleh tablet PC

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.