Topologi Bus : Pengertian, Ciri-Ciri, Cara Kerja, Kelebihan dan Kekurangannya

Topologi Bus Pengertian, Ciri-Ciri, Cara Kerja, Kelebihan
dan Kekurangannya, Apa sih yang dimaksud bersama dengan topologi jaringan komputer? Secara generik, topologi jaringan komputer dikenal sebagai cara untuk menghubungkan satu komputer bersama komputer lainnya. Topologi jaringan ini terbagi jadi sebagian macam dan tiap tiap topologi jaringan punya keistimewaan dan kekurangan masing-masing.

Topologi Bus : Pengertian, Ciri-Ciri, Cara Kerja, Kelebihan
dan Kekurangannya

Pengertian Topologi Jaringan Komputer

Layaknya yang udah dijelaskan sebelumnya, bahwa topologi jaringan komputer adalah sebuah cara yang digunakan untuk menghubungkan satu komputer bersama komputer lainnya. Penghubungnya bisa berupa kabel maupun tanpa kabel (Nirkabel).

Tujuan adanya topologi jaringan adalah untuk memudahkan pengguna di dalam bertukar kabar.

Tersedia bermacam macam topologi jaringan komputer, layaknya topologi bus, ring, star, mesh dan lain-lain. Macam-Macam topologi jaringan itu punyai keunggulan dan kekurangannya masing-masing. Menjadi, didalam menggunakannya mesti sahih-sahih perhatikan peruntukannya.

Topologi jaringan komputer adalah cara untuk menghubungkan lebih dari satu komputer sehingga sanggup saling berkomunikasi atau bertukar information. Tersedia sebagian type topologi jaringan komputer yang kerap digunakan, layaknya topologi star, topologi ring, topologi bus, topologi mesh dan lain sebagainya.

Nah terhadap artikel ini kita akan mengimbuhkan ulasan lengkap terkait topologi bus. Layaknya apa sih topologi bus tersebut? Untuk lebih jelasnya yuk simak ulasan dibawah ini. 

Pengertian Topologi Bus

Topologi bus adalah cara untuk menghubungkan dua atau lebih komputer secara serial bersama kenakan kabel primer sebagai pusat lalu lintas information.

Umumnya topologi bus digunakan terhadap jaringan berskala kecil dimana seluruh perangkatnya membuka bersama dengan kabel tunggal yang disebut bersama bus.

Topologi bus mengenakan sebagian hardware layaknya konektor T, BNC dan suatu terminator. Untuk media transfer datanya, topologi bus kenakan style kabel coaxial. Disesuaikan bersama namanya, tipe rangkaian topologi ini sama layaknya ruangan di di dalam bus.

Berasal dari pengertian diatas kami sanggup paham kegunaan berasal dari topologi bus, yaitu untuk menghubungkan dua atau lebih komputer supaya bisa saling bertukar information.

Karakteristik-Karakteristik Topologi Bus

Layaknya yang udah dijelaskan sebelumnya, topologi bus umumnya digunakan oleh corporate berskala kecil. Karakteristik-Karakteristik yang sanggup dikenali yaitu terdapat kabel tunggal yang terbentang di sepanjang jaringan. Kabel itu bermanfaat sebagai kabel primer atau backbone terhadap jaringan, mirip layaknya yang tersedia terhadap topologi tree.

Type kabel yang digunakan adalah kabel coaxial. Seluruh perangkat dihubungkan bersama mengenakan konektor T. Tak hanya tersebut, terdapat suatu terminator di tiap tiap ujung kabel jaringan. Terminator ini bermanfaat untuk menyerap dan menahan frekuwensi terpantul ulang. Terkecuali frekuwensi terpantul ulang maka akan berjalan tabrakan frekuwensi terhadap jaringan itu.

Berikut ini karakteristik-karakteristik topologi bus secara ringkas:

  • Seluruh komputer mengakses lewat kabel tunggal sebagai media transmisi.
  • Kabel tunggal itu berfaedah sebagai kabel primer untuk jalur transfer knowledge.
  • Tiap tiap ujung kabel primer terdapat suatu terminator untuk menahan terjadinya tabrakan frekuwensi.

Cara Kerja Topologi Bus

Cara kerja topologi bus terlalu simple, yaitu seluruh perangkat komputer membuka jadi satu bersama dengan kabel primer. Seluruh komputer sanggup mengirim dan terima knowledge, bersama dengan catatan kabel primer kudu didalam suasana bebas kala pengiriman knowledge.

Proses itu bisa dikerjakan bersama dengan memanfaatkan protokol CSMA (Carrier Sense Multiple Access) atau CD (Collision Detection). Bersama begitu bukan akan berlangsung tabrakan information terhadap kabel primer.

Terhadap sementara proses pengiriman knowledge berasal dari satu komputer ke komputer lainnya, komputer pengirim akan laksanakan broadcast berupa frekuwensi. Dimana frekuwensi itu akan tersebar di sepanjang kabel, lalu memeriksa tiap tiap perangkat di didalam jaringan.

Terkecuali komputer miliki alamat IP atau MAC yang serupa bersama yang dituju maka komputer itu akan terima frekuwensi. Tetapi terkecuali bukan punya alamat yang serupa, maka frekuwensi akan dibuang.

Keunggulan dan Kekurangan Topologi Bus

Mirip layaknya topologi mesh, topologi ini juga miliki keunggulan dan kekurangan tersendiri. Berikut ini keunggulan dan kekurangan topologi bus :

Keunggulan Topologi Bus

  • Gampang dan simple

Topologi bus punyai tampilan yang simple agar untuk menginstalnya juga lumayan enteng. Bagi orang yang masih awam bersama topologi jaringan maka akan terasa enteng jikalau idamkan memakai topologi model ini.

  • Biaya Murah

Berbeda bersama tipe topologi star, topologi bus bukan mengenakan biaya yang mahal kecuali idamkan menginstalnya. Hal ini gara-gara topologi bus bukan membutuhkan kabel atau komponen lain didalam jumlah yang segudang.

  • Enteng dikembangkan

Tak sekedar biaya instalasi yang murah, topologi bus juga amat ringan untuk dikembangkan. Tak sekedar tersebut, model topologi ini juga bukan akan mengganggu perangkat jaringan yang lainnya walaupun sudah mengakses.

  • Bukan berpengaruh terhadap perangkat lain

Didalam topologi bus, kalau terdapat sebuah kasus terhadap tidak benar satu komputer client, maka komputer client yang lainnya bukan akan berpengaruh. Inilah keunggulan primer berasal dari topologi bus.

Kekurangan Topologi Bus

  • Miliki transfer information yang padat

Transfer knowledge akan jadi lebih lambat terkecuali perangkat komputer yang membuka semakin berlimpah. Hal ini sebabkan kinerja topologi jadi menurun. Tidak cuman tersebut, kecuali berlangsung persoalan terhadap jalur primer maka seluruh perangkat yang membuka juga akan mengalami kasus.

  • Sulit mendeteksi kesalahan

Kekurangan kedua berasal dari topologi bus adalah sulit mendeteksi kasus. Menjadi kecuali berlangsung persoalan terhadap topologi ini maka dibutuhkan seseorang yang sahih-sahih mampu mengatasinya.

  • Kecepatan akses berpengaruh terhadap perangkat lain

Kekurangan yang paling akhir adalah kecuali keliru satu komputer membutuhkan kecepatan akses knowledge yang tinggi, maka akan merubah kecepatan akses perangkat yang lainnya.

Demikian ulasan terkait pengertian, karakteristik-karakteristik, keunggulan dan kekurangan topologi bus. Semoga berfungsi.

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.