Begini 7 Cara Merakit PC Gaming yang Bisa Dicoba

Sebagian besar pemula bertanya-tanya bagaimanakah cara merakit PC gaming dengan mudah. Mengingat saat ini penggunaan PC sudah sangat kompleks, tidak hanya dimanfaatkan untuk bekerja saja, tetapi juga untuk hiburan. Berikut beberapa cara yang dapat diterapkan yaitu:

1. Memasang Prosesor

Cara merakit PC gaming pertama yang dapat dilakukan yaitu dengan terlebih dahulu memasang prosesor. Untuk dapat mengerjakannya, pasang terlebih dahulu motherboard ke casing. Selanjutnya, tentukan dahulu prosesor yang diinginkan ke dalam PC, caranya yaitu:

  • Langkah pertama, pastikan pengguna melakukan perakitan di tempat yang datar.

  • Selanjutnya keluarkan motherboard dan taruh di tempat dengan permukaan yang rata.

Sebenarnya di cara yang pertama ini, cukup mudah untuk dikerjakan para pemula. Pasalnya, perintah yang diminta hanya melakukan perakitan di tempat yang aman. Jika sudah, maka keluarkan motherboardnya dari PC, pastikan tahap ini dikerjakan dengan baik.

2. Menginstall CPU

Cara selanjutnya yang dapat dikerjakan oleh para pemula yaitu dengan menginstall CPU. Dalam proses install CPU, disarankan untuk memakai CPU AMD Ryzen, mengingat kualifikasinya yang cocok untuk gaming. Langkah-langkah pengerjaannya yaitu:

  • Pisahkan socket CPU dari plastik pelindung dengan hati-hati.

  • Selanjutnya, jika soket CPU sudah terbuka, lakukan install CPU ke motherboard.

  • Namun pastikan bahwa CPU mempunyai beberapa lekukan setengah lingkaran kecil.

  • Kemudian, apabila sudah menempatkan CPU ke dalam soket, maka jangan berikan tekanan yang terlalu kuat.

3. Menginstall SSD Pada Slot M2 Motherboard

Setelah mengetahui penginstalan socket CPU, berikutnya pahami juga install an SSD pada slot M2 Motherboard. Cara ini, dilakukan dengan membuka buku panduan manual Motherboard. Selanjutnya temukan slot M2 untuk memasangkan SSD, begini langkahnya:

  • Tahap awal masukan SSD terlebih dahulu pada slot dengan hati-hati.

  • Jika sudah, SSD yang terdapat dalam slot, di bagian ujung yang berlawanan di arahkan ke atas.

  • Selanjutnya, ambil sekrup masing-masing yang terdapat dalam motherboard dan kuatkan pada SSD.

4. Menginstall RAM

Cara merakit PC gaming berikutnya dengan menginstall RAM. Hal terpenting yang wajib dipahami ketika pengguna memiliki empat slot dan 2 RAM, maka pemasangannya harus terpisah. Dilakukan supaya hasil dari CPU pun bisa maksimal, langkahnya yaitu:

  • Di awal pastikan untuk membuka plastik pada kedua sisi slot yang digunakan.

  • Selanjutnya, masukan RAM.

  • Jika sudah terdengar suara klik, maka RAM pun sudah terpasang sempurna pada slot.

5. Memasang Motherboard ke Casing CPU

Hal yang tidak boleh terlewatkan selanjutnya dalam merakit PC gaming yaitu memasang motherboard ke Casing CPU. Pemasangan ini dapat dilakukan dengan memasang beberapa sekrup penahan. Untuk lebih lengkapnya, baca buku panduan yang tersedia.

6. Memasang Power Supply dan Cooling System

Untuk dapat memasang power supply ada baiknya membaca dan memahami panduan. Hal ini dilakukan agar letak pemasangan bisa diketahui dengan pasti. Jika sudah, maka hubungkan dengan SSD lewat motherboard, pastikan juga sudah menggunakan kabel.

Pada pemasangan cooling system, supaya bisa mendapatkan pengalaman yang seru pasang cooling system. Sebelumnya hubungkan braket sistem ke motherboard, sesuai dengan yang sudah dipilih sebelumnya. Kemudian lanjutkan dengan pemasangan kartu grafis.

7. Menginstall Sistem Operasi

Terakhir, melakukan penginstalan sistem operasi saat semua cara di atas telah dikerjakan. Apabila CPU telah selesai, maka pemasangan monitor, mouse dan lainnya bisa dilakukan. Jalankan instalasi sistem operasi supaya PC dapat bekerja dengan baik.

Itulah beberapa cara merakit PC gaming yang dapat diketahui dan dipelajari dengan baik. Setiap pemula bisa melakukannya dengan mengikuti cara yang sudah dijelaskan. Apabila terjadi kegagalan, ulang dan kerjakan kembali perakitan.

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.