Begini Cara Cek Ping CMD dengan Mudah dan Cepat

Pada dasarnya mengetahui cara cek ping CMD menjadi hal yang cukup penting bagi seseorang yang rutin menggunakan internet. Melalui adanya fitur ini, maka nantinya jaringan internet yang digunakan pun bisa dimanfaatkan dengan maksimal.

Namun, sayangnya ping CMD sendiri masih menjadi hal asing bagi sebagian besar masyarakat. Sedangkan, fitur ini sendiri menjadi fitur penting untuk diketahui. Lalu, apa sebenarnya yang dimaksud ping CMD ini serta bagaimana cara menggunakannya? Simak ulasannya:

Sekilas Tentang Ping CMD

Seperti yang sempat disinggung sebelumnya bahwasannya dalam jaringan komputer memang memiliki berbagai macam fitur yang cukup beragam. Pada setiap fitur yang tersedia pun memiliki fungsinya masing-masing.

Seperti hal adanya CMD yang mana pada fitur ini difungsikan untuk mengetahui pada sistem mana yang menyebabkan terjadinya kelambatan jaringan. Melalui adanya ping CMD ini nantinya pengguna komputer akan mengetahui jaringan komputer mana yang bermasalah.

Menilik dari pengertian singkat tersebut, maka dapat diketahui bahwasannya ping MCD ini sendiri merupakan suatu perangkat yang ada pada Windows dimana perangkat ini dimanfaatkan untuk dapat mengecek jaringan rusak yang ada di komputer.

Melalui adanya perangkat ini tentunya nanti pengguna internet bisa melakukan perbaikan dan kerusakan yang tepat. Tentunya dengan mengetahui masalah yang terjadi pada internet, maka nantinya internet bisa kembali digunakan maksimal.

Bagaimana Cara untuk Cek Ping CMD?

Apabila sebelumnya telah mengetahui sekilas tentang apa itu ping CMD serta kegunaan utamanya. Tentu mengetahui bagaimana cara cek ping CMD menjadi hal penting berikutnya yang perlu diketahui.

Melalui informasi inilah nantinya pengguna internet bisa mengetahui bagian jaringan mana yang mengalami masalah sehingga bisa diperbaiki. Supaya mengetahui bagaimana cara untuk memperbaikinya, maka mari simak ulasannya berikut ini:

1. Cek Ping CMD untuk Perbaiki Jaringan

Cara cek ping CMD untuk ketahui masalah pada jaringan adalah hal pertama yang perlu diketahui. Pada dasarnya cara cek ping ini bisa dilakukan dengan mudah. Tentunya dengan adanya ping CMD satu ini, maka nantinya jaringan internet bisa dimaksimalkan.

Pada dasarnya cara untuk dapat menggunakan fitur ini pun bisa dilakukan dengan mudah melalui fitur yang ada di komputer. Mari simak langkahnya berikut untuk ketahui informasinya:

  • Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah membuka commonpront melalui klik Windows+R.

  • Tahap berikutnya yang perlu dilakukan adalah mulai mengetikkan kode pada kolom Run yang telah muncul.

  • Silakan ketikkan 8.8.8.8 -t kemudian tekan enter.

  • Kode ini pada dasarnya digunakan untuk mengetahui DNS Google untuk ketahui jaringan internet.

2. Cek Ping pada Saat Bermain Game

Langkah lain yang bisa dilakukan untuk melakukan cek ping CMD adalah pada saat bermain game. Hal ini nantinya bisa dilakukan untuk memudahkan dalam mengganti domain sesuai server game yang akan dimainkan. Namun, bagaimana caranya? Mari simak ulasan berikut untuk ketahui informasi lengkapnya:

  • Sama seperti pada cara pertama, pada cara satu ini nantinya pengguna juga harus terlebih dahulu masuk ke menu commonpront melalui perangkat komputer.

  • Tahap berikutnya silahkan ketikkan CMD untuk kemudian tekan enter.

  • Nantinya perangkat akan membawa pengguna pada jendela command prompt.

  • Tahap berikutnya silakan ketikkan google.com kemudian silakan tekan enter.

  • Apabila sudah, maka nantinya domain bisa diganti dan disesuaikan dengan server game yang akan dimainkan.

Itulah tadi cara cek ping CMD yang bisa digunakan untuk cek jaringan internet serta dapat digunakan untuk memaksimalkan penggunaan internet untuk memainkan game. Cara dalam melakukannya pun cukup mudah melalui fitur yang ada di Windows.

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.