Teknologi

Begini Cara Menginstall Virtual Box dengan Beberapa Langkah

 

cara menginstall virtual box

Tidak sedikit orang masih merasa bingung untuk menginstal software tertentu untuk kebutuhan tertentu, termasuk virtual box pada Windows. Untuk itulah perlu pemahaman cara menginstall virtual box yang sesuai, agar berhasil dan software bisa dipakai secara normal.

Virtual box ini bisa menjadi solusi bagi pihak yang enggan menginstal suatu software karena takut adanya kemungkinan virus yang menyertai. Penasaran dengan tata cara pasangan virtual box? Yuk simak pembahasan berikut dengan baik:

Sekilas Tentang Virtual Box

Istilah yang sering disebut dengan kata virtual box dapat dipahami sebagai software yang bersifat virtualisasi. Yang mana, memungkinkan penggunanya untuk menjalankan OS pada bagian OS utama komputer pengguna.

Sebagai contoh fungsi dari virtual box ini yaitu ketika yang pengguna pakai saat ini merupakan jenis Windows 10 dan ingin mencoba jenis Windows XP. Nantinya pengguna bisa memakai virtual box ini, guna dapat menjalankan Windows XP pada Windows 10.

Sejumlah perubahan yang dilakukan pada bagian Windows XP yang berperan sebagai guest OS. Ternyata tidak mempunyai pengaruh pada bagian host OS yang disini merupakan Windows 10. Untuk bisa mencoba software virtual box ini, diperlukan beberapa tahapan.

Yang dinamakan dengan Guest OS adalah sistem operasi yang pengguna instal pada virtual box. Sedangkan yang sebuah dengan Host OS adalah sistem operasi pertama yang pengguna pakai saat ini.

Seperti yang disebutkan sebelumnya bahwa pengguna saat ini memakai Windows 10 yang otomatis menjadi Host OS. Sementara itu pengguna ingin melakukan penginstalan Windows XP pada virtual box, sehingga Windows XP ini menjadi Guest OS nya.

Cara Menginstal Virtual Box

Pada dasarnya ada beberapa langkah yang harus ditempuh sebagai cara menginstal virtual box agar bisa dipakai secara normal. Dimana proses tersebut dimulai dari download hingga selesai dapat dilihat dalam pembahasan berikut:

  • Langkah pertama yaitu perlu melakukan pengunduhan software virtual box pada website yang menyediakan link nya.

  • Jika proses pengunduhan berhasil dengan baik, berikutnya tinggal klik saja file hasil unduhan tersebut sebanyak dua kali.

  • Nantinya setelah dilakukan klik akan tampil jendela instalasi dari software virtual box. Untuk bisa meneruskan ke tahapan berikutnya pilih tulisan “Next”.

  • Di bagian jendela selanjutnya dapat melakukan pemilihan terhadap fitur yang akan diinstall kiranya apa saja. Pasalnya dalam laman ini ada setidaknya 3 fitur. Yakni berupa VirtualBox USB Support, kemudian VirtualBox Networking, dan juga yang terakhir VirtualBox Phyton 2.x Support.

  • Berikutnya yaitu bisa melakukan pemilihan terhadap lokasi dari instalasi dengan mengklik “browse”. Jika sudah menemukan tempat yang sesuai, tinggal klik saja tulisan “Ok”.

  • Jika nantinya kapasitas yang dimiliki oleh Drive ternyata tidak mencukupi, biasanya akan tampil highlight di bagian Drive tersebut. Akan tetapi jika kapasitas yang ada masih mencukupi, maka tinggal klik saja tulisan “Ok”.

  • Setelah itu akan tampil jendela yang memperlihatkan 4 pilihan yang bisa dicentang. Pada laman ini, bisa memilih daftar yang ada, akan tetapi dianjurkan untuk membiarkan saja pilihan tersebut.

  • Tahap selanjutnya yaitu akan tampil laman berupa Warning: Network Interface yang memberikan informasi tertentu. Dimana informasi tersebut berupa peringatan bahwa sambungan jaringan akan menghalangi reset.

  • Untuk mengawali proses instalasi, bisa klik bagian “Install” yang ada.

  • Setelah itu, tinggal ikuti saja proses berikutnya sebagaimana aturan yang ada.

Itu tadi pembahasan mengenai tata cara menginstal virtual box dengan tepat agar bisa dipakai secara maksimal. Beberapa ulasan di atas bisa menjadi solusi bagi pengguna yang ingin memakai OS lain, selain OS yang dipakai saat ini.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button