Berikut Perintah untuk Mengaktifkan Password Pada Aplikasi Cisco Packet Tracer Adalah Masuk ke Dalam Switch!

Dalam aplikasi Cisco packet tentu dibutuhkan yang namanya password sebagai pengaman. Berikut perintah untuk mengaktifkan password pada aplikasi cisco packet tracer adalah global configuration mode. Untuk informasi lebih lengkapnya, simak penjelasan yang satu ini:

Berikut Perintah untuk Mengaktifkan Password Pada Aplikasi Cisco Packet Tracer Adalah

Bagi yang penasaran bagaimanakah caranya untuk mengaktifkan password di aplikasi Cisco Tracer sebenarnya sangat mudah. Pasalnya cukup dengan menjalankan beberapa perintah saja. Simak berikut ini ulasan lengkap terkait beberapa tahapannya yaitu:

  • Tahap awal yang harus dilakukan yaitu dengan akses switch cisco dan masuk ke global configuration mode.

  • Jika sudah, kerjakan perintah untuk mengcopy bagian enable password yang tertera.

  • Selanjutnya, pastekan password yang didapat pada Switch-CLI.

  • Terakhir, klik ok.

Bagaimana sangat mudah bukan untuk mengaktifkan password pada Cisco tracer? Pengguna cukup mengerjakan beberapa perintah yang diarahkan selanjutnya tinggal mengcopykan password. Jika gagal, periksa kembali tahapan yang dikerjakan sehingga password bisa segera aktif.

Perintah Untuk Menghapus Password Switch di Cisco Tracer

Jika sebelumnya telah dijelaskan bagaimana tahapan untuk mengaktifkan password dengan mudah. Kini pengguna juga harus mengetahui beberapa perintah untuk menghapus password di Cisco Tracer. Simak berikut ini beberapa tahapan yang dapat dilakukan, diantaranya yaitu:

  • Langkah pertama akses switch dan periksa password.

  • Selanjutnya hapus password dengan no enable password/secret.

  • Pada running, gunakan keyword enable password untuk Membuat password baru.

  • Jika sudah cek dengan menggunakan keyword do show running.

Begitulah perintah yang dapat dikerjakan untuk menghapus password dan menggantinya. Perintah tersebut tentu cukup sederhana untuk dilakukan, sehingga pemula pun dapat melakukannya. Pasalnya perintah yang dikerjakan pun dilakukan dengan akses switch terlebih dulu.

Cara Setting Password Router Pada Cisco Tracer

Setelah mengetahui apa saja perintah yang harus dilakukan untuk mengaktifkan dan menghapus password. Kini pelajari juga bagaimana cara untuk setting router pada Cisco Tracer yang efektif bekerja. Simak berikut sederet cara yang bisa dilakukan dengan mudah, yaitu:

1. Menggunakan Password Console

Untuk dapat melakukan setting password, cara pertama yaitu dengan menggunakan password console. Password yang satu ini di setting untuk membuat sebuah proteksi mode pengguna. Hal tersebut dilakukan, agar keamanan dari password terjaga tentunya. 

Penggunaan password console yang satu ini, hanya akan mengunci password untuk dirinya sendiri. Maksudnya yang mengetahui passwordnya hanya penggunanya saja. Biasanya akses untuk memiliki password tersebut yaitu dari router menuju line console.

2. Memakai Password Privilege

Selanjutnya cara yang dapat dilakukan yaitu dengan menggunakan password privilege. Merupakan sebuah password yang dibuat atau disetting secara pribadi. Memungkinkan pengguna lain tidak mengetahuinya, karena sudah memasang mode privilege pada sistem.

Terdapat 2 cara yang dapat dilakukan untuk melakukan setting password di privilege. Setting pertama yang dapat dilakukan dengan perintah enable password. Setting kedua dapat dilakukan dengan menggunakan perintah enable secret.

3. Memanfaatkan Password Telnet

Terakhir, cara yang dapat dilakukan untuk setting password yaitu memanfaatkan password Telnet. Cara ini dibuat untuk melakukan proteksi pengguna dengan mode via telnet session. Sebenarnya hampir serupa dengan consol, tetapi perbedaannya ada pada remote.

Jadi jika password console tidak ada perintah atau remote secara detailnya, maka telnet berbeda. Akan ada remote via jaringan yang akan memerintah setting password. Ketika sudah tidak lagi menggunakan kabel langsung dalam sistemnya.

Itulah ulasan terkait penjelasan mengaktifkan password Cisco Packet Tracer lengkap. Berikut perintah untuk mengaktifkan password pada aplikasi cisco packet tracer adalah masuk ke switch. Selanjutnya, jalankan perintah sesuai dengan arahan.

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.