Teknologi

Daftar Susunan Kabel RJ45 dari Warna yang Dimiliki

Istilah yang sering disebut dengan RJ45 merupakan suatu penghubung kabel ethernet. Ketika proses pemasangan nantinya ada beberapa susunan kabel RJ45 yang perlu diperhatikan, terlebih di bagian warna. Adapun fungsi dari kabel ini sebagai konektor pada LAN.

Kata RJ sendiri merupakan singkatan dari istilah Registered Jack. Ini adalah suatu standar peralatan yang terdapat pada jaringan. Gunanya untuk melakukan pengaturan pemasangan di konektor serta juga susunan kabel nya. Adapun beberapa susunan tersebut sebagai berikut:

Susunan Kabel RJ45

Pada saatnya jenis kabel RJ45 terdiri dari dua macam. Pertama yaitu jenis kabel RJ45 Pinot T-568 A sedangkan yang kedua yaitu kabel RJ45 Pinot T-568 B. Adapun pembahasan selebihnya terkait jenis kabel ini adalah sebagai berikut:

1. Tipe RJ45 Pinot T-568 A

Seperti yang diketahui secara umum bahwa tiap penghubung RJ45 mempunyai 8 pin serta 8 kabel yang diletakkan secara terpisah. Adapun urutan dari kedelapan warna dari susunan kabel RJ45 ini dimulai dari warna white green.

Selanjutnya untuk posisi kedua ada warna green, lalu posisi ketiga ada white orange. Dilanjutkan untuk posisi keempat ada warna blue, warna yang nomor lima adalah white blue. Untuk posisi keenam adalah warna orange.

Sedangkan warna yang menempati posisi ketujuh dan kedelapan adalah warna white brown dan juga brown. Warna-warna kabel tersebut memang disusun dengan memakai cara berurutan.

2. Tipe RJ45 Pinot T-568 B

Susunan yang dimiliki oleh kabel RJ45 Pinot T-568 A dengan kabel RJ45 Pinot T-568 B memang tidak sama. Adapun susunan yang kabel yang ada pada RJ45 juga terdiri dari 8 pin dengan warna yang tidak sama.

Adapun dalam susunan kabel tersebut dimulai dengan warna white orange, kemudian posisi kedua ada warna orange. Selanjutnya untuk posisi ketiga ada warna white green dan posisi keempat ditempati oleh warna blue.

Adapun pada posisi kelima yaitu terdapat warna white blue, lalu berikutnya di posisi keenam ada warna green. Untuk posisi yang ketujuh serta posisi yang kedelapan ditempati oleh warna white brown dan juga brown.

Perlu diperhatikan bahwa TIA/EIA yang pada bagian 568 A sudah dilakukan ratifikasi di tahun 1995. Yang kemudian dilakukan pergantian dengan standar TIA/EIA 568 B di tahun 2002 serta sudah dilakukan pembaharuan ketika itu.

Kabel yang Menggunakan Standar RJ45

Ada beberapa jenis kabel yang diketahui memakai standar kabel RJ45. Mulai dari Kabel Straight Through sampai dengan kabel Crossover. Pembahasan selebihnya sebagai berikut:

1. Kabel Straight Through

Kabel ini dapat dikatakan sebagai jenis kabel LAN yang tersambung antara komputer dengan hub atau switch dengan jaringan layaknya router. Kabel ini mempunyai julukan lain berupa “Kabel Patch”.

Pada jenis kabel ini hanya memakai satu jenis standar kabel saja. Pertama pada bagian ujung dari kabel ini bisa memakai standar T-568 A atau kedua ujungnya menggunakan standar T-568 B.

2. Kabel Crossover

Jenis kabel lain yang juga menggunakan standar kabel RJ45 Pinot entah tipe T-568 A atau pun tipe T-568 B. Kabel ini dapat dipahami sebagai kabel yang menyambungkan perangkat pc dengan cara langsung.

Jenis kabel ini tidak sama dengan kabel Straight Through, karena kabel jenis ini menggunakan dua standar kabel berbeda tak sama. Yang mana satu ujung memakai standar kabel T-568 A sedangkan ujung satunya menggunakan standar T-568 B.

Itulah informasi mengenai susunan standar kabel RJ45 beserta jenis kabel yang memakai standar tersebut. Ulasan di atas dapat menambah informasi mengenai standar kabel untuk menghubungkan topologi yang ada pada jaringan LAN.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button