Ini Dia Fungsi Kabel UTP Berdasarkan Warnanya!

Informasi terkait fungsi kabel UTP memang menjadi hal penting yang perlu untuk diketahui. Melalui adanya kabel UTP inilah nantinya komputer dapat terhubung pada jaringan pada komputer.

Pada dasarnya UTP tentu bukan hal yang asing bagi seseorang yang berkecimpung dalam dunia IT. Namun, untuk orang awam nama kabel ini mungkin masih menjadi satu hal yang belum familiar padahal kabel ini menjadi satu hal penting untuk diketahui. Lalu, apa sebenarnya fungsi dari kabel ini? Mari simak ulasan berikut untuk ketahui informasinya:

Mengenal Sekilas Tentang Kabel UTP

Seperti yang diketahui bahwasannya kabel UTP memang menjadi salah satu bagian penting yang dibutuhkan dalam jaringan internet. Melalui adanya kabel UTP ini nantinya internet dapat digunakan dan dimanfaatkan oleh penggunanya.

Pada dasarnya kabel UTP ini merupakan singkatan dari Unshield Twisted Pair. Menilik dari singkatan dari unshield, maka dapat diketahui bahwasannya kabel ini tidak memiliki pelindung berupa alumunium sebagai pengaman.

Hal inilah kemudian yang membuat penggunaan kabel ini haruslah dilakukan dengan lebih hati-hati. Pada dasarnya kabel inipun memiliki 8 warna berbeda dimana pada setiap warna pun akan memiliki fungsi yang berbeda pula. Nantinya delapan warna tersebut akan dibagi menjadi 4 lilitan kabel untuk mempermudah.

Kabel UTP ini pada dasarnya pun juga memiliki kategorinya masing-masing. Pada setiap kategori ini nantinya akan tergantung dari kekuatan transmisinya. Kategori ini dibedakan menjadi 9 kategori dimana CAT1 adalah kategori paling rendah sedangkan CAT7 kategori paling tinggi.

Adanya kategori CAT pada kabel UTP ini nantinya akan menjadi pembeda kekuatan transmisi yang dapat disalurkan. Semakin tingginya CAT, maka kekuatan jaringan internet yang disalurkan juga akan semakin cepat.

Apa Fungsi dari Kabel UTP

Apabila sebelumnya telah mengetahui pengertian singkat terkait kabel UTP, maka mengetahui fungsi kabel UTP tentu juga menjadi informasi penting berikutnya.

Seperti yang diketahui bahwasannya fungsi dari kabel UTP ini dibagi menjadi 8 dimana ada 4 fungsi utama. Lalu, apa sebenarnya fungsi dari setiap warna kabel UTP ini? Mari simak ulasannya berikut ini:

1. Warna Hijau serta Hijau Putih

Fungsi kabel UTP pada warna pertama yaitu hijau. Pada warna ini nantinya kabel akan difungsikan sebagai kabel yang akan melakukan transmisi paket data.

Nantinya fungsi ini juga memiliki kegunaan yang sama pada warna hijau putih. Pada warna hijau juga putih pun kabel akan difungsikan untuk mentransfer paket data supaya bisa digunakan.

2. Warna Jingga serta Putih Jingga

Pada dasarnya warna jingga juga putih jingga pun memiliki fungsi untuk dapat mentransmisikan paket data. Melalui adanya kabel ini, maka nantinya paket data dapat ditransferkan pada komputer supaya bisa digunakan.

3. Biru serta Putih Biru

Warna berikutnya yang juga penting ada dalam kabel UTP adalah warna biru serta putih biru. Pada warna ini nantinya kabel memiliki fungsi sebagai penghantar suara. Tentunya melalui adanya kabel warna ini, maka nantinya komunikasi menggunakan internet pun bisa dilakukan dengan lebih mudah.

Pada dasarnya setiap aktivitas internet yang menggunakan suara memanglah melalui adanya kabel warna biru ini. Biasanya kabel ini dapat ditemukan pada jaringan sistem LAN.

4. Warna Coklat juga Putih Coklat

Coklat adalah warna terakhir yang ada pada kabel UTP. Pada warna ini sendiri nantinya akan berfungsi sebagai kabel yang dapat menghantarkan arus listrik. Tentunya dengan adanya kabel ini, maka nantinya arus bisa disalurkan dengan tepat.

Itulah tadi sekilas tentang fungsi kabel UTP yang tentunya memiliki kegunaannya yang berbeda pada masing-masing warna. Tentunya setiap warna pada kabel UTP ini pun bisa menjadi kesatuan yang tepat untuk membantu proses dalam jaringan internet.

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.