Ini Dia Kelebihan dan Kekurangan Kabel Fiber Optik yang Perlu Diketahui

Tentunya mengetahui apa kelebihan dan kekurangan kabel fiber optik menjadi informasi penting, yang sudah seharusnya diketahui. Apalagi pada dasarnya kabel fiber optik ini memang telah menjadi bagian dari komponen media sangat berpengaruh pada kelancaran sinyal.

Namun, tentunya kabel fiber optik ini pun juga tetap memiliki kelemahan pada beberapa sisi dari kelebihan yang ditawarkan. Lalu, apa sebenarnya kelebihan juga kelemahan dari kabel fiber optik ini? Mari simak ulasan berikut untuk ketahui informasi lengkapnya:

Mengenal Kelebihan Fiber Optik

Pada dasarnya kabel fiber optik memang telah menjadi bagian dari komponen komputer, atau bahkan media komunikasi yang menggunakan kabel. Melalui kabel fiber optik ini, nantinya dapat menjadi media yang menyalurkan sinyal melalui cahaya.

Kelebihan yang ditawarkan oleh kabel fiber optik ini pun, pada dasarnya cukup banyak. Namun, mari simak 4 kelebihan utamanya disini. Tentunya dengan mengetahui kelebihan ini, maka nantinya kabel bisa dimanfaatkan dengan maksimal:

1. Dapat Menghantarkan Daya

Kelebihan utama dari kabel fiber optik ini tentunya adalah untuk menghantarkan data melalui cahaya. Hal ini tentu menjadi kelebihan yang tidak dimiliki oleh komponen lain, karena pada dasarnya menggunakan kabel ini juga akan mengurangi terjadinya gangguan fisik dari luar.

2. Memiliki Ketahanan yang Kuat

Poin berikutnya yang bisa diketahui dari kelebihan dan kekurangan kabel fiber optik, tentu adalah daya ketahanan kabel yang cukup kuat. Ketahanan kabel fiber optik ini, menjadi kelebihan lain yang bisa didapatkan bila menggunakan kabel jenis ini.

Ketahanan dari kabel ini, bahkan bisa melindungi serat optik yang ada dalam lapisan coating kabel. Bahkan kabel ini juga memiliki fungsi maksimal, dimana nantinya cuaca ekstrem pun bisa diatasi.

3. Tidak Perlu Penguat Sinyal

Melalui adanya penggunaan kabel fiber optik ini, maka nantinya perangkat tidak membutuhkan lagi adanya penguat sinyal. Hal ini, karena pada dasarnya kabel fiber optik telah memiliki jaringan yang baik untuk bisa dialirkan menggunakan sinyal cahaya.

Tentunya sinyal yang dialirkan ini pun nantinya dapat dilakukan oleh kabel fiber optik dengan baik dan minim gangguan. Bahkan, kabel ini juga memiliki sinyal yang cukup baik mencapai gigabytes pada setiap sinyal yang dikirimkan.

4. Tidak Memerlukan Banyak Ruang

Kelebihan lain dari adanya kabel fiber optik ini tentu adalah bentuk dari kabel yang cenderung lebih kecil sehingga tidak banyak memakan tempat. Hal ini tentunya akan membuat kabel lebih mudah untuk dipasang.

Kekurangan Kabel Fiber Optik

Apabila sebelumnya telah mengetahui 4 kelebihan utama dari kabel fiber optik, tentunya mengetahui informasi kelebihan dan kekurangan kabel optik bisa dilanjutkan pada kekurangannya. Pada dasarnya kekurangan dari penggunaan kabel fiber optik ini, tentu juga perlu untuk diperhatikan.

Hal ini menjadi penting supaya nantinya pada saat sebelum dilakukan pemasangan bisa dilakukan pertimbangan. Mari simak apa saja kekurangan dari kabel fiber optik ini, melalui ulasan di bawah:

1. Memerlukan Sumber Cahaya

Kekurangan pertama yang perlu diketahui tentu adalah terkait sumber energi yang digunakan. Pada kabel fiber optik ini, nantinya akan membutuhkan adanya cahaya yang cukup baik supaya nantinya sinyal dapat dialirkan secara optimal.

2. Memerlukan Area yang Tepat

Pada proses pemasangannya haruslah dilakukan pada area yang tepat. Pemasangan kabel fiber optik ini haruslah dilakukan pada area yang bergelombang. Hal ini dilakukan, supaya tidak ada hambatan yang terjadi.

3. Perawatan Mahal

Hal lain yang perlu diperhatikan berikutnya adalah terkait perawatan. Kabel ini pada dasarnya membutuhkan biaya perawatan yang memang tidak murah. Perawatannya pun terbilang cukup rumit dan perlu hati-hati.

Itulah tadi sekilas tentang kelebihan dan kekurangan kabel fiber optik yang perlu diperhatikan dan diketahui informasinya. Tentunya dengan mengetahui hal ini, maka nantinya pertimbangan pemasangan pun bisa dilakukan serta difungsikan dengan maksimal.

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.