Tips & Trick

Pahami 3 Cara Cek IP Address Laptop dengan Mudah!

Perangkat yang terhubung ke jaringan internet, pasti mempunyai yang namanya alamat IP, begitu juga laptop. Cara Cek IP address laptop sendiri ada beberapa macam yang bisa dicontoh dan diterapkan.

Untuk mengetahuinya, disini telah dirangkumkan beberapa cara yang dapat digunakan tersebut. Untuk itu, berikut beberapa cara untuk cek IP address laptop yang dapat dilakukan:

1. Cara Cek IP Address Laptop Lewat Control Panel

Cara pertama yang bisa dilakukan oleh pengguna agar mengetahui dengan mudah alamat IP yaitu lewat control panel. Merupakan metode yang dapat bekerja tidak hanya di laptop, tapi juga komputer. Hal ini, tentu ada alasan dibaliknya.

Mengingat hampir semua informasi yang dibutuhkan oleh pengguna terkait laptop dapat ditemukan dengan mudah. Cukup dengan menjalankan beberapa tahapan, maka IP address pun ditampilkan. Simak berikut penjelasan singkatnya yang bisa diterapkan yaitu:

  • Langkah pertama buka terlebih dahulu control panel dengan klik logo Windows.

  • Kemudian, ketikan kata control panel dan tekan enter.

  • Jika sudah, kemudian klik network and sharing center.

  • Berikutnya tampilan, WIFI yang terhubung akan muncul, lalu klik kanan dan pilih details.

  • Terakhir tampilan IP address pun akan terlihat.

Bagaimana mudah bukan cara mengetahui IP address lewat control panel? Cukup dengan memahami dan mengikuti setiap ulasan yang telah dijelaskan, maka IP address pun bisa terlihat. Apabila tidak bisa muncul informasinya, silahkan cek kembali setiap langkahnya.

2. Cara Cek IP Address Laptop Lewat Network & Settings

Selanjutnya cara memeriksa IP address yaitu dengan menggunakan network & settings. Cara ini sebenarnya sangat mudah untuk diterapkan, karena tahapannya yang cukup sederhana. Pasalnya, hal ini bisa dengan cepat dimengerti oleh sebagian besar pengguna, termasuk pemula.

Berdasarkan tahapan yang dilakukan untuk dapat memeriksa IP address, setiap pengguna biasanya sering mendengar perintahnya. Pasalnya perintah ini banyak dilambangkan dengan icon-icon familiar. Berikut tahapan yang dapat dikerjakan untuk mendapatkan IP address, yaitu:

  • Saat baru membuka laptop, lihat icon WIFI yang terdapat di bagian kanan terbawah.

  • Selanjutnya klik kanan pada icon tersebut dan jangan lupa pilih network & internet settings.

  • Kemudian lanjutkan dengan klik properties.

  • Jika sudah, scroll bagian paling bawah dan cek IP address laptop.

Untuk cara yang satu ini, lebih simpel dan mudah bukan, jika dibandingkan dengan cara sebelumnya? Pasalnya cara ini dijalankan dengan memanfaatkan icon familiar perangkat. Membuatnya mudah untuk diterapkan oleh pemula sekali pun.

3. Cara Cek IP Address Laptop Lewat Command Prompt

Selanjutnya cara yang dapat dipertimbangkan, jika dari kedua cara sebelumnya tidak berhasil, maka terapkan command prompt. Merupakan cara lain yang dikenal lebih simpel. Jadi bagi yang merasa cara sebelumnya sulit, bisa memakai cara ini.

Namun, yang namanya cara atau sistem yang digunakan untuk menampilkan IP address tentu ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Begitu juga dengan command prompt. Untuk mengetahui caranya, simak berikut ini beberapa tahapannya yang dapat dikerjakan, di antaranya yaitu:

  • Tahap awal, buka command prompt lewat Windows yang terletak di Keyboard.

  • Selanjutnya, tekan bersamaan dengan huruf R.

  • Jika sudah, ketikan ipconfig, lalu enter.

  • Terakhir, tunggu hingga command prompt berhasil menampilkan IP address.

Bagi yang menerapkan cara ini tentu dianjurkan untuk tidak salah dalam menekan command prompt. Pasalnya banyak di antara pengguna yang tidak menekan secara bersamaan dengan huruf R. Hal itu selanjutnya membuat alamat IP address yang diinginkan pun tidak dapat dikeluarkan.

Demikianlah penjelasan terkait cara cek IP address laptop yang dapat diterapkan. Berdasarkan beberapa cara yang sudah diterapkan, cobalah untuk lebih cermat. Pasalnya cara yang telah dijelaskan sebenarnya hampir serupa tahapan-tahapannya.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button