Ternyata Kabel LAN Adalah Media Penghubung Jaringan Internet Terbatas!

Kabel LAN adalah salah satu kabel yang digunakan untuk melakukan transmisi jaringan serta menghubungkannya. Membuat perangkat lainnya bisa dengan mudah tersambung jaringan. Untuk informasi lebih lengkapnya, simak ulasannya berikut ini:

Mengenal Kabel LAN

Pengertian kabel LAN adalah kabel sebuah jaringan yang bekerja untuk mentransmisikan internet. Hal inilah yang nantinya akan membuat sebuah ruangan atau gedung terjangkau internet. Selanjutnya komputer atau laptop bisa dengan mudah masuk ke dalam jaringan.

Berdasarkan pengertiannya, contoh kabel LAN di lingkungan sekitar dapat ditemukan di area gedung sekolah atau kantor. Nah, untuk membuat bangunan tersebut terhubung internet, tentu dibutuhkan kabel LAN. Namun sebelumnya pertimbangkan juga pemilihan kabel yang tepat.

Pada umumnya penggunaan kabel LAN sendiri sangat kompleks dari yang dibayangkan, bagaimana tidak? Selama ini banyak awam yang mengira fungsinya hanya untuk jaringan saja. Namun sebenarnya banyak kegunaan lain di dalamnya.

Mengingat kabel LAN bisa menggabungkan jaringan dari beberapa komputer. Baik dikerjakan secara langsung atau lewat Switch sebenarnya hampir sama. Mengingat kedua media tersebut yang dihubungkan lewat UTP atau yang lebih dikenal dengan Wireless.

Bukan hanya itu saja, peranan sebuah kabel LAN juga bisa dimanfaatkan untuk pemindahan file. Pengguna tidak perlu lagi memakai flashdisk atau memori eksternal lainnya. Terlebih lagi, jika file yang dimiliki hanya sekedar foto atau dokumen.

Jika dijelaskan lebih rinci tentu cukup banyak bukan keuntungan atau kelebihan kabel yang satu ini? Hal ini juga yang membuatnya masih menjadi pilihan dari beberapa pengguna. Keuntungan yang didapatkan, di antaranya yaitu:

  • Memudahkan proses menghubungkan suatu jaringan.

  • Mempercepat proses kerja sehingga lebih efektif.

  • Dapat melakukan perbaikan sendiri, tanpa mengganggu kerja komputer lainnya.

  • Melakukan instalasi PC dengan mudah.

  • Mampu menghubungkan jaringan antar gedung dengan jarak 100 hingga 200 meter.

  • Mempercepat pengiriman data.

  • Bisa dimanfaatkan untuk sharing data, program dan lainnya.

Fungsi Kabel LAN

Bukan hanya sekedar penghubung saja, ternyata kabel LAN adalah alat yang memiliki beragam fungsi. Mengingat setiap fungsi dari kabel LAN dapat mempermudah setiap pekerjaan. Berikut beberapa fungsi dari kabel LAN yang perlu diketahui yaitu:

1. Menyambungkan Komputer ke Router

Fungsi dari kabel LAN sebenarnya cukup banyak, salah satunya yaitu untuk menyambungkan komputer ke router. Mengingat perangkat PC atau laptop yang bisa dihubungkan lewat wireless. Hal ini tentu didukung dengan teknologi canggih.

Menariknya, ketika akan banyak keuntungan yang diperoleh saat menggunakan fungsi ini. Pasalnya kecepatan internet yang bisa digunakan pun stabil. Namun sayangnya pengguna tidak bisa berpindah tempat atau pergi dari ruangan tersebut.

2. Menjadi Penghubung Komputer Lainnya

Selanjutnya fungsi dari Kabel LAN yaitu untuk menghubungkan komputer satu dengan yang lainnya. Perlu diingat untuk melakukan hal ini tentu harus dalam satu area. Jika tidak, maka proses menghubungkan tidak bisa dilakukan.

Jadi kesimpulannya, apabila sudah menggunakan kabel LAN, proses jaringan yang terhubung pada satu perangkat bisa dialihkan. Prosesnya pun terbilang cepat dan mudah. Itulah mengapa kabel yang satu ini sangat diperlukan.

Dalam satu area atau satu ruangan yang sama, jaringan atau proses transmisi bisa bekerja. Namun kelemahannya memang terletak pada area jaringan. Jika sudah memakai kabel LAN, maka semuanya pun beres dan aman.

Demikianlah penjelasan tentang kabel LAN beserta dengan fungsinya yang harus diketahui. Kabel LAN adalah alat atau media yang dipakai untuk menghubungkan jaringan. Namun jarak atau tempatnya yang dapat menghubungkanya tentu terbatas.

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.