Teknologi

Ternyata Slot PCI di Motherboard Digunakan untuk Memasang Kartu Tambahan yaitu Land Card dan VGA Card

slot pci di motherboard digunakan untuk memasang kartu tambahan yaitu

Slot PCI di motherboard digunakan untuk memasang kartu tambahan yaitu terdiri dari Land card dan VGA card. Keduanya dapat bekerja jika motherboard tidak mengalami kendala dan masalah. Berikut informasi lengkapnya yaitu:

Mengenal Slot PCI di Motherboard

Bagi yang masih awam dengan perangkat keras maupun lunak komputer, pasti tidak awam dengan slot PCI. Secara umum PCI adalah bus yang digunakan untuk mengatasi hardware. Mengingat sejarah komputer lama yang masih menggunakan slot ISA.

Penggunaan slot ISA pada zaman dulu tentu termasuk ke dalam kategori bus yang lamban. Slot PCI lama biasanya dipakai untuk memasangkan TV tuner, sound card dan lainnya. Namun, sekarang penggunaanya sudah sangat berkembang seiring perkembangan teknologi.

Kini slot PCI di motherboard sudah banyak mengalami perubahan dalam pemakaiannya. Contohnya spesifikasi bs yang luas yaitu 32 hingga 64 bit dan termasuk jenis konektor. Selain itu, juga telah memberlakukan fitur manajemen daya.

Sebenarnya masih banyak lagi kemampuan yang terbaru dari slot PCI yang terus berkembang. Hal tersebut tentu diakibatkan karena kebutuhan yang semakin bertambah. Memungkinkan pengembang harus terus melakukan inovasi dan pembaruan dalam teknologi.

Apa itu Land Card dan VGA Card?

Slot PCI di motherboard digunakan untuk memasang kartu tambahan yaitu terdiri dari Land card dan VGA card. Namun, sebenarnya apa yang dimaksud dari keduanya tersebut? Land card adalah sebuah kartu ekspansi yang dipasangkan dalam slot PCI.

Hal tersebut dilakukan untuk menghubungkan jaringan yang terdapat pada komputer. Umumnya LAN card yang sering digunakan adalah RJ-45, tetapi dengan perkembangan teknologi kini keberadaanya mulai tergeser. Sekarang penggunaan wireless menjadi perangkat yang dianggap lebih efektif.

Sedangkan VGA merupakan hardware yang memberikan detail grafis pada layar. Berdasarkan bentuknya, perangkat ini mampu menghubungkan CPU ke proyektor. Membuatnya hadir dalam berbagai bentuk, seperti port, kabel hingga konektor.

Dalam VGA terdapat tiga bagian, masing-masing bagiannya terdiri dari 5 pin. Semuanya terletak secara merata di bagian atas, bawah dan tengah. Bagi yang membutuhkan hardware tersebut dapat menjumpainya di toko perangkat komputer.

Fungsi VGA Card

Menjadi salah satu perangkat keras atau hardware komputer, tentu ada fungsi utama yang dimilikinya. Salah satu fungsi utamanya yaitu menampilkan gambar dengan baik pada layar monitor. Untuk lebih lengkap, berikut fungsi lainnya yaitu:

1. Menerjemahkan Output dari Komputer ke CPU

Fungsi VGA card pertama yaitu sebagai penerjemah grafis antara komputer menuju monitor. Memungkinkan pengguna bisa menikmati gambar yang ditampilkan. Bentuk informasi yang diterima akan diolah sebelumnya menjadi grafis 2D dan 3D.

2. Menghubungkan Komputer dengan Layar TV

Selanjutnya fungsi dari VGA card salah satunya sebagai penghubung antar perangkat. Contoh lainnya di sini adalah TV serta infocus yang sering digunakan. Keluaran dari hasil outputnya, akan lebih beragam dan tidak hanya tampilan saja.

3. Menghadirkan Kualitas Grafis Lebih Berkualitas

Bagi yang sering memainkan game, kualitas dari tampilan layar tentu menjadi hal yang sangat penting. Inilah fungsi dari VGA yaitu mampu memberikan kualitas grafis yang sangat baik. Membuat tampilan layar monitor pun jadi lebih mendetail.

Dengan hasil layar yang lebih detail dan berkualitas tentu akan membuat mata lebih nyaman melihat layar. Hal ini juga yang membuat VGA card sangat penting untuk ditambahkan. Pasalnya visual dari monitor serta grafisnya sangatlah baik.

Itulah penjelasan terkait slot PCI di motherboard digunakan untuk memasang kartu tambahan yaitu terdiri dari Land card dan VGA card. Pahami dan pelajarilah sebelumnya kedua perangkat tersebut. Jika sudah, gunakanlah sesuai dengan kebutuhan.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button