Ada Masalah Saat Berkomunikasi Dengan Server Google? Begini Cara Mengatasinya!

ada masalah saat berkomunikasi dengan server google

Pada dasarnya Google menjadi media yang paling penting untuk mendapatkan notifikasi, baik dari e-mail maupun aplikasi lain. Tetapi, terkadang muncul pesan ‘ada masalah saat berkomunikasi dengan server Google’ ketika hendak menambahkan akun pada smartphone.

Penyebab adanya pesan demikian, bisa jadi karena autentikasi dua faktor, cache, host file yang error, dan sebagainya. Oleh sebab itu, diperlukan cara mengatasi pesan dari Google tersebut. Berikut solusi mengatasi server Google yang dapat diterapkan:

1. Nonaktifkan Autentikasi Dua Faktor

Sudah disinggung sebelumnya, bahwa autentikasi dua faktor merupakan salah satu faktor yang memicu munculnya masalah pada server Google. Inilah yang menyebabkan munculnya notifikasi ‘ada masalah saat berkomunikasi dengan server google’ pada smartphone.

Untuk menghilangkan error yang muncul, maka dapat dilakukan dengan cara menonaktifkan autentikasi dua faktor. Sebelumnya, silahkan mengakses pada bagian pengaturan Google. Adapun langkah-langkah menonaktifkannya sebagai berikut:

  • Masuk ke Browser, pilih akun Google yang terhubung.

  • Klik pada opsi Kelola Akun Google.

  • Masuk ke fitur Keamanan yang terletak di sudut kiri.

  • Lihat pada opsi Verifikasi 2 Langkah, klik Nonaktif.

2. Hapus Akun Google yang Sudah Tercatat

Saat komunikasi dengan server Google mengalami masalah, salah satu solusinya dapat dilakukan dengan menghapus akun yang sebelumnya didaftarkan. Setelah itu, tambahkan kembali akun baru. Berikut langkah-langkah menghapus akun Google tersebut:

  • Masuk ke bagian Settings pada smartphone.

  • Klik pada fitur Google Account.

  • Silahkan tekan ikon titik tiga pada sudut atas smartphone.

  • Klik Remove Account agar akun sebelumnya terhapus.

Biasanya pada beberapa tipe smartphone menerapkan langkah-langkah yang berbeda. Namun secara umum, menghapus akun Google bisa dilakukan dengan metode di atas. Silahkan lihat apakah server Google mengalami masalah atau tidak.

3. Hapus Cache Aplikasi Google Account

Selain menghapus akun, mengatasi Google yang error dapat dilakukan dengan menghapus cache. Tanpa disadari, cache aplikasi Google Account yang sudah terlalu banyak menyebabkan masalah pada server. Berikut langkah-langkah membersihkan cache aplikasinya:

  • Akses bagian menu Settings pada smartphone yang digunakan.

  • Gulir layar ke bawah dan temukan opsi Apps.

  • Silahkan cari aplikasi bernama Google Account Manager.

  • Klik Clear Cache, lanjutkan dengan Clear Data.

Keluar dari aplikasi Google Account Manager, dan carilah Google Play Store, Google Services Framework, dan Play Services. Terapkan tahapan yang sama seperti poin di atas untuk membersihkan cache.

4. Reboot Ponsel

Sebetulnya tidak terlalu susah untuk mengatasi masalah server Google yang sedang error. Sebab, cara paling sederhana yang dapat dicoba adalah dengan merestart smartphone yang dimiliki. Nyatanya mereboot ponsel bisa mengatasi berbagai masalah.

Oleh sebab itu, jika metode sebelumnya belum berhasil, silahkan mencoba untuk restart smartphone. Setelah di reboot, tambahkan akun Google dan pastikan tidak ada masalah yang muncul. Jika masih bermasalah, maka cobalah metode selanjutnya.

5. Install Ulang Google Play Services

Terkadang Google Play Services yang terdapat pada smartphone mengalami corrupt. Inilah yang membuat timbulnya masalah server pada Google. Cara mengatasinya dapat dilakukan dengan menginstall ulang Google Play Services sebagai berikut:

  • Masuk ke menu Pengaturan, temukan opsi Keamanan.

  • Aktifkan perintah Unknown Sources agar dapat menginstall aplikasi baru selain dari Play Store.

  • Buka situs apkpure.com, kemudian ketikkan nama aplikasi Google Play Services.

  • Pilih aplikasi sesuai dengan versi Android yang dimiliki, klik download.

  • Mulai instalasi aplikasi Google Play Services, lalu daftarkan akun Google yang dimiliki.

Itulah solusi mengatasi jika ada masalah saat berkomunikasi dengan server Google berdasarkan penyebabnya. Pada smartphone yang sudah di root, cobalah untuk mengupdate file host. Metode ini bisa diterapkan, jika beberapa opsi di atas kurang efektif.

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.