Begini Cara Instal Mikrotik dengan Mudah dan Aman!

cara instal mikrotik

Bagi seseorang yang bekerja penuh dengan komputer, tentu perlu mengetahui cara instal Mikrotik. Apalagi bagi seseorang yang memang menggunakan sistem Linux sebagai sistem operasi utamanya.

Melalui Mikrotik ini, nantinya sistem ini bisa memberikan layanan jaringan komputer terbaik. Namun, bagaimana sebenarnya cara untuk instal Mikrotik ini? Mari kenali kegunaannya terlebih dahulu:

Sekilas Tentang Mikrotik

Seperti yang diketahui bahwasannya jaringan komputer memang menjadi bagian perangkat dalam kehidupan manusia di era modern ini. Rasanya, hampir semua kegiatan akan membutuhkan jaringan komputer untuk memudahkan.

Mulai dari pekerjaan, komunikasi bahkan juga pendidikan sekalipun. Umumnya operasi yang digunakan pada jaringan komputer adalah Windows. Namun pada dasarnya, jenis operasi sistem lain seperti halnya Linux adalah pilihan tepat untuk mendapatkan sistem lebih maksimal.

Melalui penggunaan sistem ini nantinya seseorang bisa mendapatkan pelayanan sistem yang lebih baik, aman serta cepat. Supaya layanan Linux bisa lebih optimal pun, nantinya pengguna bisa menginstal Mikrotik untuk memudahkan aktivitas jaringan komputer.

Mikolik ini sendiri pada dasarnya digunakan untuk komputer atau yang biasa disebut PC menjadi suatu jaringan router yang lebih baik dan maksimal. Melalui Mikrotik ini, nantinya jaringan komputer bahkan bisa dibangun menjadi sistem jaringan yang kompleks.

Menilik dari berbagai fitur yang ditawarkan oleh Mikrotik sendiri, tentu tidak heran bila pada akhirnya banyak pengusaha yang memilih menggunakan jaringan komputer ini. Tentu dengan menggunakan Mikrotik, maka aktivitas atau kinerja perusahaan pun bisa lebih maksimal dalam bidang ITnya.

Bagaimana Cara untuk Instal Mikrotik?

Bila menilik dari kegunaannya yang cukup berpengaruh dalam dunia IT, maka tidak heran bila akhirnya banyak yang mencari cara instal Mikrotik. Melalui informasi inilah, nantinya seseorang bisa menggunakan jaringan ini pada perangkatnya.

Pada dasarnya untuk dapat menginstal Mikrotik di PC pun nantinya bisa dilakukan sendiri dengan mudah. Namun, bagaimana caraya? Mari simak ulasan di bawah ini:

  • Hal awal yang perlu dilakukan tentu adalah mengunduh file ISO Mikrotik terlebih dahulu melalui website.

  • Poin berikutnya yang harus dilakukan adalah burning ISO Mikrotik yang telah diunduh sebelumnya pada flashdisk maupun pada CD.

  • Tahap selanjutnya adalah masuk ke menu Bios, nantinya menu ini bisa dimunculkan dengan cara menekan tombol Delete pada PC.

  • Pilihan lainnya bisa menggunakan tombol F12.

  • Langkah berikutnya silahkan pilih boot.

  • Nantinya pada tahapan ini pengguna bisa memilih devise yang akan digunakan, apabila menggunakan flashdisk, maka bisa pilih flashdisk dan hal ini berlaku sama pada penggunaan CD dimana devise bisa pilih menu DVD.

  • Tahap berikutnya silahkan tekan tombol F10 sebagai langkah instal Mikrotik pada PC.

  • Pilih menu Save and Exit, sebagai tahapan berikutnya untuk menuruskan pada proses berikutnya.

  • Tekan Ok sebagai proses selanjutnya.

  • Nantinya akan muncul berbagai macam fitur yang dapat dipilih untuk diinstal pada PC.

  • Apabila ingin menginstal semua fitur, maka nantinya bisa tekan tombol a kemudian tekan I sebagai persetujuan pilihan fitur yang dilakukan.

  • Pada proses berikutnya akan muncul persetujuan untuk melakukan konfigurasi fitur Mikrotik yang telah dipilih.

  • Silahkan tekan Y untuk melakukan persetujuan.

  • Nantinya akan muncul persetujuan untuk melakukan reboot ulang pada PC dan silahkan tekan enter.

  • Supaya bisa melakukan reboot PC nantinya pengguna bisa melakukan login dengan username admin sedangkan pada bagian password cukup dikosongkan.

Itulah tadi sekilas cara instal Mikrotik, yang bisa dijadikan referensi untuk melakukan instal jaringan Mikrotik pada PC. Tentunya dengan menggunakan jaringan ini, maka nantinya komputer pun juga bisa dimanfaatkan dengan lebih optimal.

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.