Begini Cara Install WordPress di XAMPP yang Wajib Dipahami!

Untuk dapat memasang WordPress pada perangkat tentu membutuhkan setidaknya sebuah persiapan. Membuat cara install WordPress di XAMPP pun banyak dicari oleh sebagian besar pengguna. Berikut ulasan terkait proses install yang dapat dilakukan yaitu:

Cara Install WordPress di XAMPP

Untuk dapat menggunakan WordPress pada perangkat, tentu ada beberapa proses install yang bisa dilakukan. Cara installnya pun tidak sesulit yang dibayangkan pastinya. Simak berikut ini langkah-langkah yang dapat dikerjakan, di antaranya yaitu:

  • Langkah pertama jalankan XAMPP terlebih dahulu dengan klik start Apache dan MySQL.

  • Selanjutnya siapkan file WordPress yang sebelumnya sudah di download.

  • Kemudian, file yang ada dalam bentuk zip terlebih dulu diekstrak.

  • Lanjutkan dengan membuat database di PhpMyAdmin dan buka browser.

  • Jika sudah, ketikan tempat penyimpanan folder, pilih continue dan klik lets Go.

  • Isikan keterangan terkait nama database lengkap dengan username dan password.

  • Terakhir akan muncul tampilan Run the Install, selanjutnya pengguna akan diarahkan untuk login WordPress.

Bagaimana cukup mudah bukan cara untuk melakukan pemasangan WordPress pada perangkat? Cukup dengan menjalankan langkah-langkah di atas, maka pemasangan pun sudah bisa dilakukan. Jika gagal, pastikan untuk memeriksa kembali setiap langkah yang dikerjakan.

Bagaimanakah Proses Instalasi di XAMPP?

Proses dari instalasi web server XAMPP sebenarnya sederhana dan cukup mudah untuk dilakukan. Namun pengguna harus bisa menentukan drive dari tempat penyimpanan yang akan dipindahkan. Secara otomatis, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam prosesnya yaitu:

1. Memilih Drive

Hal pertama yang perlu diperhatikan ketika memutuskan untuk menginstall XAMPP yaitu memilih drive. Kegiatan ini dapat dilakukan setelah proses menyalin file berhasil dilakukan. Selanjutnya tambahkan pintasan program pada desktop dengan menekan enter.

2. Menambahkan Pintasan Desktop

Selanjutnya proses instalasi dapat dilakukan dengan menambahkan pintasan desktop. Cukup dengan memilih ya atau enter, maka kemungkinan pengaturan XAMPP mudah dilakukan. Pengguna juga akan menemukan XAMPP dalam bentuk portable yang mudah diatur.

3. Menyiapkan XAMPP

Terakhir, proses dalam instalasi yang perlu untuk diperhatikan yaitu menyiapkan XAMPP. Pasalnya versi dari portabel yang ada tidak bisa dikaitkan dengan huruf drive. Memungkinkan versi flash drive pun tidak dibutuhkan lagi.

Begitulah proses instalasi XAMPP sebagai web server yang bekerja secara sistematis. Nah, berdasarkan proses yang telah dijelaskan, cukup mudah dan sederhana bukan untuk dapat menerapkannya. Membuat proses penerapannya bisa dilakukan dengan efektif dan efisien.

Kelebihan Install WordPress di XAMPP

Setelah mengetahui bagaimana cara install serta prosesnya, ketahui juga kelebihan install XAMPP. Mengingat web server yang satu ini sangat sering dipakai dan direkomendasikan. Pasalnya web server tersebut mempunyai sistem yang mudah dijalankan.

Membuat setiap usernya bisa dengan mudah memahami sistem kerja di dalamnya. Termasuk ke dalam web server gratis, namun banyak kelebihan yang bisa pengguna dapatkan. Berikut kelebihan yang terdapat dalam sistemnya, yaitu:

  • Merupakan web server aman yang dapat membatasi akses akun.

  • Penggunaanya tidak mengganggu aktivitas kerja perangkat lainnya.

  • Termasuk ke dalam web server terbaik.

  • Mempunyai fitur SSL.

Menarik bukan, berbagai kelebihan yang dihadirkan dalam sistem XAMPP? Bagi yang belum pernah menggunakannya, kini langsung bisa membuktikannya sendiri. Caranya yaitu dengan melakukan proses instalasi dan menerapkannya untuk kebutuhan masing-masing.

Demikianlah penjelasan terkait cara install WordPress di XAMPP yang dapat dicontoh dan diaplikasikan. Selain itu, pahami juga proses instalasinya dengan mengikuti setiap tahapan. Dengan begitu, berbagai kelebihan yang telah dijelaskan bisa dirasakan.

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.