Cara Instal Bluetooth di PC, Bisa Tanpa atau dengan Aplikasi Tambahan 

Walaupun sekarang ini sudah banyak pilihan untuk pengiriman data antar perangkat, bluetooth masih dianggap sebagai sambungan nirkabel yang paling efektif untuk digunakan. Lantas, adakah cara instal bluetooth di PC yang bisa digunakan?

Karena dengan bluetooth ini, para pengguna bisa mengirimkan data dalam ukuran yang besar, namun dengan waktu yang relatif cepat. Pada PC keluaran terbaru, bluetooth biasanya sudah termasuk fungsi dasarnya. Hanya perlu diinstall saja agar aktif. 

Cara Instal Bluetooth di PC yang Bisa Dilakukan

Seperti yang disebutkan sebelumnya, bluetooth biasanya sudah menjadi fitur bawaan pada sebuah PC. Namun pada beberapa PC, fitur ini belum diaktifkan sehingga terkesan PC tidak memiliki fitur ini. 

Untuk install bluetooth, para pengguna bisa memilih di antara dua cara. Pertama, dengan menggunakan fitur bawaan dari PC. Kedua, dengan menggunakan aplikasi tambahan untuk menemukan driver. Berikut adalah penjelasan kedua caranya ini dengan lengkap:

1. Install Bluetooth di PC dengan Manajer Perangkat 

Manajer Perangkat adalah fitur standar yang ada di semua PC. Pada fitur ini, berbagai sambungan dengan PC diatur, termasuk sambungan dan jaringan bluetooth. Karena itu, penginstalan bluetooth bisa diakses melalui menu ini. Berikut adalah langkahnya. 

  • Buka menu ‘Start’ pada tampilan utama PC yang sudah diaktifkan. 

  • Kemudian, pada menu yang muncul cari opsi ‘Manajer Perangkat’. 

  • Klik pada menu tersebut dan tunggu PC memproses data yang ada di dalamnya. 

  • Pada tampilan selanjutnya, para pengguna akan melihat fitur yang sudah diinstall maupun belum diinstall tapi ada di dalam PC. 

  • Cari dalam data tersebut data untuk penginstalan fitur Bluetooth. 

  • Jika sudah ditemukan, double klik pada ikon fitur bluetooth tersebut. 

  • Kemudian, ikuti langkah pemasangan yang muncul sebagai jendela Pop Up. 

  • Jika memang driver perlu diperbarui, ikuti langkah ‘Perbarui Driver’ terlebih dahulu. 

  • Jika sudah di install, restart PC sebelum menggunakan fitur bluetooth yang sudah diinstall. 

Begitu PC menyalah kembali, para pengguna bisa langsung menggunakan fitur bluetooth. Proses restart bisa membantu PC, untuk menata kembali programnya setelah ada perubahan yang dilakukan. 

2. Install Bluetooth di PC dengan Driver Booster 

Jika sistem Manajer Perangkat tidak berfungsi dengan baik atau mungkin tidak bisa menemukan data bluetooth. Maka, para pengguna bisa menggunakan aplikasi tambahan bernama Driver Booster.  Berikut adalah langkah untuk memanfaatkannya:

  • Unduh dan pasang aplikasi Driver Booster lebih dulu pada PC. 

  • Kemudian, jalankan aplikasi tersebut untuk melakukan pemindaian data PC secara menyeluruh. 

  • Pada hasil pindaian, cari driver bluetooth lakukan penginstalan pada driver yang ditemukan. 

  • Ikuti petunjuk dari jendela pop up untuk melakukan install sampai selesai. 

  • Jika sudah, restart PC agar perubahan yang sudah dilakukan bisa tersimpan. 

Aplikasi tambahan ini memang tidak berpengaruh langsung pada pemasangan bluetooth. Namun, bisa membantu para pengguna yang mengalami masalah pada Manajer Perangkatnya. 

Mengapa Driver Bluetooth Tidak Terinstall dari Awal?

Mungkin banyak para pengguna yang bingung, jika memang merupakan fitur bawaan mengapa fitur bluetooth tidak terpasang dari awal. Alasan terbesarnya adalah untuk menghemat ruang pada driver. 

Jika para pengguna misalnya memilih fitur lain untuk melakukan pengiriman data. Maka, driver bluetooth tidak memakan ruang pada penyimpanan. Jika memang memerlukannya tinggal install saja dengan cara di atas. 

Itulah cara instal bluetooth di PC yang bisa para pengguna lakukan. Baik menggunakan fitur bawaan maupun aplikasi tambahan. Kedua cara di atas sebenarnya sama amannya, para pengguna tingga menyesuaikannya dengan akses yang dimiliki pada PC. 

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.