Cara Menggunakan Google Authenticator Agar Akun Semakin Aman

cara menggunakan google authenticator

Cara menggunakan Google Authenticator masih membingungkan bagi sebagian pemilik akun Google. Padahal, keberadaan aplikasi ini penting untuk meningkatkan keamanan akun yang dimiliki. Aplikasi ini bisa menjaga akses akun agar lebih spesifik. 

Dengan aplikasi ini, berbagai masalah seperti kebocoran data, atau mungkin hacking data pribadi bisa dicegah. Karena adanya keamanan berlapis melalui aplikasi ini barulah para pengguna bisa mencapai akses akun. 

Mengenal Aplikasi Google Authenticator 

Sebelum mengetahui, bagaimana cara menggunakan aplikasi ini para pengguna perlu mengetahui tentang Google Authenticator itu sendiri. Secara sederhana, aplikasi ini berfungsi sebagai aplikasi otentikasi dua faktor untuk akses pada akun. 

Otentikasi dua faktor termasuk salah satu cara akses yang paling aman di dunia khususnya di Indonesia. Namun, menggunakan akses akun yang sama untuk otentikasi misalnya email atau nomor telepon bisa cukup berbahaya. 

Karena itu, dengan adanya Google Authenticator para pemilik akun bisa mengakses akun secara spesifik dengan smartphone pribadi. Dengan begitu, akses lebih aman dan tidak ada kesamaan informasi untuk otentikasi membuatnya lebih sulit dibobol. 

Syarat Menggunakan Aplikasi Google Authenticator 

Sebagai aplikasi keamanan, wajar saja jika aplikasi Google Authenticator tidak bisa digunakan sembarangan. Sebelum bisa memanfaatkan aplikasi untuk akses, para pengguna harus memenuhi beberapa syarat terlebih dahulu. 

Syarat yang diharuskan aplikasi ini tidak sulit namun sangat penting. Karena jika syarat ini tidak lengkap maka para pengguna tidak akan bisa memanfaatkan aplikasi ini. Berikut adalah berbagai syarat yang harus dipenuhi lebih dahulu sebelum akses:

  • Aktifkan fitur verifikasi dua langkah pada akun Google yang akan diakses. 

  • Unduh dan install aplikasi Google Authenticator pada smartphone lebih dulu. 

  • Install fitur-fitur yang diperlukan seperti pemindai barcode atau scanning. 

Jika syarat di atas sudah dipenuhi, para pengguna baru bisa memanfaatkan aplikasi ini. Syarat di atas sederhana, namun krusial untuk mendukung fitur keamanan dari aplikasi. 

Cara Menggunakan Google Authenticator 

Setelah syarat sudah dipenuhi dan smartphone sudah siap, maka para pemilik akun bisa memanfaatkan aplikasi ini. Cara penggunaan aplikasi ini pada dasarnya cukup sederhana, namun karena memiliki akses yang berlapis, kadang ada yang merasa bingung. 

Namun, hal inilah yang membuat aplikasi ini semakin aman. Para pemilik akun tidak perlu terlalu bingung, karena akan dijelaskan langkah penggunaannya di bawah ini dengan detail:

  • Buka akun Google dan masuk ke opsi ‘Keamanan’ pada akun. 

  • Pilih opsi ‘2 Langkah Verifikasi’ pada opsi yang ada. 

  • Scroll bagian bawah sampai menemukan menu ‘Set Up’. 

  • Tentukan jenis perangkat yang ingin digunakan, pastikan pada perangkat sudah dipasang aplikasi Google Authenticator. 

  • Selanjutnya, buka aplikasi yang ada di smartphone. 

  • Klik ‘Begin Set Up’ pada tampilan utamanya. 

  • Lakukan scanning barcode pada tampilan menu keamanan akun. 

  • Lanjutkan proses dengan klik ‘Berikutnya’. 

  • Tunggu sampai proses verifikasi berhasil dilakukan. 

  • Jika sudah selesai, maka set up Google Authenticator sudah siap. 

Untuk login selanjutnya, berpindah akun, atau perangkat, para pengguna tinggal menggunakan aplikasi sebagai media verifikasi. Tidak perlu memberikan informasi yang spesifik lagi sebagai media, untuk melakukan verifikasi. 

Aplikasi ini juga cenderung mudah digunakan dengan proses yang lebih cepat dan praktis. Aplikasi juga memiliki sistem pemberitahuan yang akan melaporkan berbagai aktivitas akun pada para pemiliknya. 

Dengan cara menggunakan Google Authenticator di atas, para pemilik akun memiliki lebih banyak opsi untuk keamanan sekarang. Jaga data pribadi dan juga akses ke akun dengan aplikasi resmi dari Google satu ini. 

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.