Ini Cara Mengetahui Password WiFi Lewat CMD, Fitur Serbaguna dari Windows

Cara mengetahui password WiFi lewat CMD menjadi informasi yang penting untuk diketahui pengguna internet. Katakanlah pengguna laptop sedang berada di tempat umum, lalu menyambungkan perangkatnya ke WiFi. Atau sudah tersambung ke WiFi di rumah, lalu tiba-tiba terputus.

Ketika ingin memakainya lagi, ternyata tidak ingat passwordnya. Ini cukup sering terjadi sehingga perlu melakukan cara tertentu agar bisa mencari tahu apa kata sandinya. Untuk melakukannya, sekarang sudah bisa memakai command prompt di laptop/PC. Seperti apa caranya?

Tentang Command Prompt

Sebelum masuk ke pembahasan tentang cara mengetahui password WiFi lewat CMD, mari mengenal terlebih dahulu tentang fitur bawaan Windows ini. Command Prompt (CMD) adalah baris perintah yang ditujukan ke Windows.

Baris perintah ini berinteraksi langsung dengan komputer, dengan basis teks. Hal ini umum dilakukan saat pengenalan pertama, terutama ketika pengguna menjalankan proses di mesin perangkatnya. Beberapa fungsi umum dari CMD antara lain:

  • Memeriksa status aktivasi OS Windows. Dengan bantuan CMD, pengguna Windows bisa memastikan status aktivasi di akunnya. Sebab, masih ada sebagian pengguna Windows belum melakukan aktivasi akun.

  • Menutup paksa aplikasi. Ada situasi tertentu dimana aplikasi bermasalah dan mengganggu, namun tidak dapat ditutup. Untuk itulah perlu memberikan perintah melalui CMD agar aplikasinya bisa tertutup.

  • Mencari tahu password WiFi. Fitur ini juga bisa dipakai dalam cara mengetahui password WiFi lewat CMD. Sehingga bisa mendapatkan sandi yang dibutuhkan untuk mengakses WiFi. Namun WiFi yang dimaksud adalah yang pernah terkoneksi sebelumnya, bukan jaringan asing.

  • Mengecek hard drive. Fungsi berikutnya yakni mencari tahu kondisi dari hard drive. Pemeriksaan rutin perlu dilakukan sehingga aman dari gangguan bad sector. Sehingga bisa segera menemukan bila ada masalah dan menentukan tindakan untuk mengatasinya.

  • Menyembunyikan file. Perangkat komputer perlu diatur agar beberapa file yang dianggap privasi tidak bisa dilihat orang lain. ini juga bisa dilakukan dengan adanya command prompt.

Cara Mengetahui Password Wifi Lewat CMD

Sebelumnya telah dijelaskan tentang apa yang dimaksud command prompt beserta fungsinya. Pengguna Windows bisa sangat terbantu dengan adanya CMD ini. Begitu juga bila ingin mengetahui password WiFi yang tadinya terlupakan.

Sebelum melanjutkan, penting untuk memahami bahwa cara ini dipakai untuk menyambungkan koneksi ke jaringan yang pernah dipakai. Jadi, tidak ditujukan untuk melakukan pembobolan atau tersambung tanpa izin. Berikut ini langkah-langkah yang perlu dilakukan:

  • Akses command prompt dengan mengetikkan namanya di fitur pencarian (search) perangkat Windows masing-masing.

  • Ketikkan “netsh wlan show profile” agar bisa mengetahui daftar jaringan yang sudah pernah disimpan komputer tersebut.

  • Klik pada salah satu WiFi yang ingin diketahui passwordnya.

  • Cara mengetahui password WiFi lewat CMD dapat dilanjutkan dengan menuliskan kalimat berupa “netsh wlan show profile (diikuti dengan nama dari WiFi-nya) key=clear”.

  • Setelah itu, perangkat akan segera memproses perintah teks tersebut. Tunggu beberapa saat, selanjutnya akan muncul informasi tentang jaringan WiFi yang dipilih tersebut. Mulai dari nama, versi, tipe, dan tentu saja passwordnya.

  • Untuk mencari tahu password, dapat dilihat pada menu “Security Settings” yang berada di barisan “Key Content”.

  • Berikutnya, pengguna dapat segera mengetahui kata sandi dari WiFi tersebut di perangkatnya.

  • Sambungkan koneksi seperti biasa dengan menggunakan kata sandi yang telah didapatkan tadi.

Itulah cara mengetahui password WiFi lewat CMD. Internet sejatinya merupakan kebutuhan yang sangat penting, dalam menunjang kegiatan masyarakat saat ini. Agar bisa menggunakan WiFi dengan lancar, penting untuk mengetahui dan menyimpan passwordnya untuk digunakan lagi lain waktu.

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.