Inilah Jenis Kabel UTP Beserta Fungsinya yang Perlu Dikenali

Bagi sejumlah orang pengetahuan tentang jenis kabel UTP emang cukup penting. Dimana istilah UTP sendiri, merupakan singkatan dari kata Unshield Twisted Pair. Hal tersebut, menjadi tanda bahwa kabel ini tidak mempunyai pelindung aluminium’.

Oleh sebab itu kabel ini tergolong mempunyai ketahanan yang kurang terhadap interferensi elektromagnetik. Adapun bentuk yang dimiliki oleh kabel UTP yaitu saling terlilit di tiap pasang. Pengadaan dengan ulasan selebihnya? Mari simak penjabaran berikut:

Jenis Kabel UTP

Hal pertama yang perlu diketahui dalam hal ini adalah jenis kabel UTP yang memang terdiri dari beberapa. Mulai dari jenis kabel Straight-Through sampai dengan jenis kabel Roll-Over. Penasaran dengan detail ulasannya? Mari simak dalam pembahasan berikut:

1. Kabel Straight-Through

Jenis pertama dari kabel UTP yaitu label Straight-Through yang diketahui mempunyai aturan tertentu dalam proses penyusunannya. Yang mana, dalam aturan penyusunan tersebut antar ujung konektor yang ada adalah sama.

Umumnya jenis kabel Straight-Through ini, dipakai untuk menyambungkan dua jenis perangkat yang tidak sama. Contohnya, seperti menyambungkan router bersama dengan switch atau dengan hub.

Entah menyambungkan dalam bentuk komputer menuju ke switch maupun komputer menuju ke hub. Kabel ini mempunyai urutan warna yang sudah ditetapkan berdasarkan konektornya.

Disini konektor 1 dan konektor 2 sama, urutan warna tersebut yaitu dimulai dari warna putih-jingga, kedua jingga, ketiga putih-hijau, keempat biru. Dilanjutkan dengan posisi kelima warna putih-biru, keenam warna hijau, ketujuh warna putih-coklat, terakhir warna cokelat.

2. Kabel Cross-Over

Untuk jenis kabel UTP satu ini, diketahui mempunyai aturan penyusunan yang tidak sama antar ujung konektor yang dimiliki. Jenis kabel Crossover ini umumnya dipergunakan untuk menyambungkan dua perangkat yang sama.

Contohnya seperti menyambungkan perangkat komputer dengan komputer lainnya. Kemudian bisa juga menyambungkan router dengan router lainnya dan seterusnya. Adapun urutan kabel ini, tergantung dengan konektor 1 dan konektor 2 nya.

Untuk konektor 1 susunan kabel nya mulai dari warna putih-jingga, kedua warna jingga, ketiga warna putih-hijau, keempat warna biru. Berikutnya posisi kelima ada warna putih-biru, keenam warna hijau, ketujuh warna putih-coklat, kedelapan warna coklat.

Untuk konektor 2 mempunyai susunan, yang pertama warna putih-hijau, kedua hijau, ketiga putih-jingga, keempat biru. Sedangkan untuk posisi kelima adalah warna putih-biru, keenam warna jingga, ketujuh warna putih-cokelat, kedelapan warna coklat.

3. Kabel Roll-Over

Jenis kabel ini diketahui mempunyai susunan warna yang terbalik antar konektor di bagian ujungnya. Biasanya jenis kabel ini dipakai untuk menyambungkan antar dua perangkat jaringan yang tidak sama.

Jenis kabel ini bisa dibilang hampir sama dengan jenis Straight-Through, namun kabel ini lebih ke penyambung perangkat yang memakai konsol. Contohnya seperti menyambungkan antara switch bersama dengan printer maupun lainnya.

Pada bagian konektor 1 susunannya mulai dari warna putih-jingga, kedua warna jingga, ketiga warna putih-hijau, keempat warna biru. Untuk posisi kelima warna putih-biru, keenam warna hijau, ketujuh warna putih-cokelat, kedelapan warna coklat.

Untuk konektor 2 dimulai dari warna coklat, kedua warna putih-coklat, ketiga warna hijau, keempat putih-biru. Posisi kelima warna biru, keenam warna putih-hijau, ketujuh warna jingga, kedelapan warna putih jingga.

Fungsi Kabel UTP

Selain mengenal jenisnya, fungsi dari kabel UTP ini juga tak kalah pentingnya untuk dipahami. Pasalnya kabel UTP sendiri umumnya dipakai pada jaringan LAN. Yang mana fungsinya untuk menyambungkan antar jaringan.

Bisa juga dipakai untuk menyambungkan komputer menuju komputer lainnya, bahkan juga menyambungkan komputer menuju ke jaringan. Pada pengaplikasiannya, kabel ini mempunyai sejumlah aturan yang sudah ditetapkan.

Demikian sekilas informasi terkait jenis kabel UTP beserta fungsinya yang perlu diketahui. Dari penjabaran dipahami bahwa terdapat 3 macam kabel UTP. Yakni kabel Straight-Through, kemudian Cross-Over, serta juga kabel Roll-Over.

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.