Teknologi

Kenali Bagaimana Cara Mengaktifkan Google Asisten di Smartphone

cara mengaktifkan google asisten

Di smartphone yang dimiliki sekarang ini, ternyata sudah dilengkapi dengan Google Asisten. Sebab itu, pengguna gawai pintar tersebut perlu mengetahui cara mengaktifkan Google Asisten. Asisten virtual ini juga bisa digunakan pada smartphone berbasis iOS.

Meski sudah tersedia, belum banyak orang yang tahu bagaimana cara mengaktifkannya, atau bahkan menggunakanya. Maka itu, ulasan ini akan memberikan panduan bagaimana untuk mengakses fitur yang dikenal sebagai “Ok, Google” itu.

Yang Diperlukan untuk Mendapatkan Google Asisten

Sebelum mengetahui cara mengaktifkan Google Asisten, pemakai smartphone perlu tahu apakah fitur tersebut kompatibel pada smartphone. Sebab, tidak semuanya yang dapat ditambahkan Google Asisten. Menurut situs Google Support, begini syaratnya:

  • Untuk Android, dibutuhkan smartphone yang mendukung minimal Android 6.0, dengan spesifikasi RAM minimal 1.5GB.

  • Untuk iPhone, dibutuhkan smartphone yang mendukung iOS 10 ke atas.

  • Smartphone memiliki aplikasi Google dengan versi minimal 6.13, serta Google Play Services. Untuk iOS, tinggal unduh aplikasi Google Asisten pada App Store.

  • Smartphone memiliki layar yang mendukung resolusi minimal 720p ke atas.

  • Smartphone Android dan iOS memiliki setelah bahasa yang didukung Google Asisten. Bahasa Indonesia dan Inggris sudah tentu didukung.

Cara Mengaktifkan dan Menggunakan Google Asisten di Android dan iOS

Apabila semua kriteria di atas sudah terpenuhi, berarti smartphone sudah memiliki fitur Asisten, atau dapat di-install (untuk iOS). Langsung saja, berikut berbagai cara mengaktifkan Google Asisten yang cukup mudah.

1. Hidupkan Fitur Google Asisten

Mula-mula, pengguna smartphone yang Android dapat menggunakan tombol Home yang berada di tengah. Tinggal memunculkan tombol tersebut, tahan beberapa saat, lalu Google Asisten otomatis keluar untuk mendengarkan perintah.

Bagi pengguna iOS, harus menghidupkan Google Assistant secara manual. Buka aplikasi Google Asisten yang sudah diinstal sebelumnya, lalu ajukan pertanyaan atau perintah sesuai keinginan. Selain dua cara tersebut, pemakai juga dapat melakukan:

  • Menekan tombol Power dan vol. down secara bersamaan (namun jangan ditahan). Opsi ini hanya tersedia bagi smartphone yang memiliki Android 12 dan di atasnya.

  • Ketuk dan tahan tombol Home dengan lama, lalu klik opsi ikon Keyboard di pojok kanan layar. 

2. Latih Google Asisten untuk Mengenal Suara

Terkadang, asisten virtual belum terlalu mahir untuk mendengarkan perintah, terutama jika smartphone baru dibeli. Sama halnya dengan asisten manusia, pemakai smartphone perlu melakukan konfigurasi suara dulu. Kira-kira beginilah langkah-langkahnya:

  • Kunjungi Pengaturan atau Settings pada smartphone, lalu pilih opsi Google. Menu ini peletakannya dapat berbeda tergantung dari UI yang digunakan pada smartphone.

  • Setelah halaman dimuat, gulir ke bawah untuk memilih opsi “Settings for Google Apps“.

  • Selanjutnya, pilih “Search, Assistant, & Voices“, kemudian pilih opsi Voice Match.

  • Ikuti instruksi yang ditampilkan, dan latih hingga Google Asisten mengenali suara pemakai smartphone.

Untuk cara singkatnya, pemakai juga bisa menekan tombol Home untuk memunculkan asisten Google, lalu ucapkan “Buka setelan asisten”. Akan muncul pengaturan Voice Match untuk dapat melatih Google Asisten.

3. Tinggal Pakai Google Asisten

Setelah mengikuti cara mengaktifkan Google Asisten di atas, pemakai akan dapat menggunakan asisten virtual tersebut dengan mudah. Ada berbagai opsi yang bisa dilakukan dengan Google Asisten, seperti berikut:

  • Mencari sesuatu yang ingin dicari, tanpa harus mengetikkannya di mesin pencarian. 

  • Mengirim pesan dan email dengan bentuk suara maupun teks. Pemakai juga bisa menghubungi seseorang dengan Google Asisten.

  • Membuat skedul atau pengingat, yang akan diingatkan Google Asisten dalam bentuk alarm.

  • Membuka aplikasi yang ada di smartphone, dan mengunduh aplikasi yang ingin ditambahkan di smartphone.

  • Menerjemahkan bahasa tanpa harus mengetikkannya. Perlu diingat jika tidak semua bahasa dapat terdeteksi di Google Asisten.

Itu dia panduan lengkap mengenai cara mengaktifkan Google Asisten pada smartphone. Dengan adanya asisten virtual, pengguna akan dapat melakukan hampir segala aktivitas hanya dengan perintah. Asisten yang cerdas untuk telepon yang cerdas.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button