Ketahui Cara Setting WiFi Repeater Lewat HP dan Fungsinya

Memperluas jaringan WiFi dapat dilakukan dengan mudah melalui tambahan repeater. Pada kesempatan kali ini akan dibahas cara setting WiFi repeater lewat HP secara rinci. Dengan demikian, koneksi internet dapat menjangkau area yang lebih luas.

Gangguan jaringan biasanya terjadi karena keterbatasan alat WiFi yang hanya mampu memancarkan dalam area tertentu. Repeater adalah solusi terbaik untuk mengatasinya. Informasi terkait cara setting repeater beserta fungsinya dapat disimak di bawah ini:

Panduan Setting WiFi Repeater Lewat HP

Sebetulnya ada banyak merk repeater yang bisa dipakai, namun dalam pembahasan kali ini akan difokuskan pada TP-Link. Siapkan smartphone untuk dipakai saat setting repeater dilakukan. Berikut cara setting WiFi repeater lewat HP tersebut:

  • Nyalakan repeater TP-link yang dimiliki terlebih dahulu.

  • Hubungkan HP pada sinyal WiFi yang muncul dari repeater, umumnya sinyal WiFi dinamakan sesuai dengan nama TP-link.

  • Lengkapi password, lalu hubungkan ke jaringan. Password tersebut dapat dilihat pada bagian belakang TP-Link.

  • Klik notifikasi yang muncul, sehingga langsung mengarah pada halaman login repeater. Jika tidak, bisa mengakses manual pada browser dengan mengetikkan 168.0.1.

  • Isi password baru yang diinginkan, kemudian tekan Lets Get Start. Pada beberapa TP-Link ada yang melewatkan bagian ini dan bisa langsung login dengan username dan kata sandi berupa admin.

  • Atur zona waktu, lalu klik Next. Namun, ada beberapa model TP-Link yang tidak memiliki pengaturan timezone.

  • Masuk ke menu Wireless, kemudian klik LAN. Silahkan setting IP menjadi 192.168.0.20, lalu pilih Save.

  • Akses menu Operation Mode, klik opsi Range Extender.

  • Pilih Save agar pengaturan tersimpan.

  • Masuk ke menu Quick Setup, lalu klik Next. Secara otomatis TP-link melakukan scanning WiFi yang terdekat untuk dijadikan koneksi internet.

  • Setting bagian IP supaya tidak sama dengan IP pada router, caranya masuk ke menu Network dan ubah menjadi Static.

  • Kembali pada bagian AP list, tekan Connect.

  • Isi bagian password WiFi.

  • Ubah nama pada WiFi Range Extender menjadi nama sesuai keinginan, lalu tekan Next.

  • Pada bagian Smart DHCP ganti DHCP server beserta IP Static ke pengaturan disable, kemudian Next.

  • Klik Finish untuk menyelesaikan pengaturan.

Fungsi WiFi Repeater

Pada dasarnya repeater berupa perangkat yang berguna dalam menerima dan memperluas sinyal WiFi. Setelah memahami cara setting WiFi repeater lewat HP, berikut fungsi-fungsi pemasangan repeater yang perlu diketahui:

1. Mempercepat Transfer Data

Untuk merasakan manfaat dari repeater, pengguna bisa langsung mencoba melakukan browsing internet. Jika sebelumnya sinyal WiFi yang lemah tidak mampu membuka laman dengan cepat. Maka dengan adanya repeater, transfer data bisa berjalan lancar.

Berbagai aktivitas bisa dilakukan menggunakan internet yang dipancarkan dari repeater, seperti upload foto, mendownload musik, dan seterusnya. Aktivitas tersebut, bisa berjalan lebih lancar setelah dilakukan setting repeater.

2. Memperluas Jangkauan

Seperti yang telah disampaikan di atas, repeater bekerja dengan cara menerima jaringan WiFi lalu memancarkannya kembali. Itulah sebabnya, repeater mampu meningkatkan dan memperluas jangkauan.

Jika sebelumnya koneksi WiFi hanya dapat diakses pada area terbatas, penambahan repeater membuatnya dapat tersebar secara menyeluruh. Dengan demikian, koneksi internet tetap bisa diakses meski berada cukup jauh dari WiFi.

3. Meminimalkan Penggunaan Kabel

Sudah menjadi hal yang umum jika penambahan kabel membutuhkan biaya tidak sedikit. Oleh sebab itu, repeater sangat membantu sebagai penghubung jaringan yang optimal. Pemasangan alat tersebut juga lebih minim kabel.

4. Memperkuat Sinyal WiFi

Repeater menggunakan sistem pengulangan transfer data dengan tujuan memperkuat sinyal WiFi. Pemasangan repeater sangat tepat dilakukan pada area yang minim koneksi internet, sehingga mengakses WiFi bisa dilakukan dengan optimal.

Itulah cara setting WiFi repeater lewat HP beserta fungsi-fungsinya yang bisa dipelajari. Cara kerja repeater yang praktis sangat tepat diterapkan pada rumah yang luas. Terutama untuk dipasang pada bagian rumah yang mendapatkan koneksi WiFi minim.

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.