TeknologiTips & Trick

Lima Jenis Kabel UTP Dan Fungsinya Sesuai Warna

Kabel UTP merupakan satu set komponen yang biasa dipakai dalam LAN yang memiliki fungsi utama untuk menyambungkan jaringan tersebut. Bisa juga digunakan untuk menahan laju kecepatan internet supaya seimbang. Jenis kabel UTP dibagi-bagi sesuai dengan ukuran dan fungsinya masing-masing.

Mengenal Kabel UTP

Seperti yang sudah sempat disebutkan tadi bahwa kabel UTP merupakan jenis kabel yang umum dipakai di industri telekomunikasi. Misalnya LAN, kabel Ethernet, atau telepon. UTP merupakan sebuah kependekan dari istilah Unshielded Twisted Pair.

Bentuk UTP biasanya kecil dan berpilin. Kabel-kabel ini melilit satu sama lain untuk menjalankan fungsinya masing-masing. Dilihat dari segi bahan, sama seperti kabel lainnya, UTP dibuat dari bahan tembaga kemudian dibedakan menjadi beberapa warna untuk membedakan fungsinya pula.

Kabel UTP memiliki ciri atau karakteristik tersendiri. Misalnya, kabel ini terdiri dari 8 buah kabel yang tersusun dari beberapa kabel warna yang dililit satu sama lain. Bahan kabel adalah isolator dan biasanya memiliki kekuatan penghantar media sampai sejauh 100 meter.

Jenis-jenis Kabel UTP

Perlu diketahui bahwa kabel UTP itu memiliki beberapa jenis sendiri. Memang secara umum kabel ini digunakan dalam jaringan LAN, namun ada juga yang tidak. Untuk itu, penting mengenal beberapa jenis kabel UTP agar bisa membedakan penggunaan kabelnya diluar fungsi jaringan LAN.

Jenis kabel ini dibedakan menjadi 5. Kelimanya ada ciri pembedanya masing-masing yang pasti juga terlihat secara langsung. Satu poin persamaan dari jenis kabel ini adalah semuanya mendukung internet sejauh 100 meter. Berikut ini adalah daftar jenis kabelnya:

  • CAT3, merupakan jenis yang pertama. Umumnya kabel UTP CAT3 digunakan pada saluran telepon kabel. Kabel ini mendukung internet dengan kecepatan 10 Mbps.
  • CAT4, adalah kabel yang umum digunakan pada jaringan token ring. Kecepatan internet yang didukung adalah sekuat 16 Mbps.
  • CAT5, ini adalah kabel yang umum dan biasa ditemukan pada jaringan komputer. Basisnya Ethernet. Biasanya disusun dari dua pasang kabel yang bengkok. Internet di CAT5 didukung sampai kecepatan 100 Mbps.
  • CAT5e, masih sama kegunaannya dengan kabel UTP CAT5 biasa yaitu untuk digunakan dalam basis Ethernet. Namun bedanya kabel UTP ini disusun dari empat pasangan bengkok. Kecepatan internetnya juga cukup tinggi yakni 1Gbps.
  • CAT6 merupakan jenis terakhir. Masih sama-sama dipakai untuk LAN yang berbasis Ethernet namun digunakan di pusat data. Isinya adalah empat pasangan kabel yang saling melilit. Internet yang didukung adalah 1 Gbps sampai 100 meter dan 10 Gbps sampai 500 meter.

Urutan Kabel UTP Sesuai Warna dan Fungsinya

Kabel UTP itu terdiri dari beberapa jenis warna juga. Kabel-kabel warna ini masih merupakan bagian dari kabel UTP itu sendiri. Biasanya, kabel UTP dibedakan fungsinya dari pengenalan warna yang digunakan. Berikut ini adalah jenis-jenis warna kabel UTP beserta fungsinya:

  • Kabel UTP putih – jingga, warna jingga, putih – hijau dan hijau gunanya untuk mengantar paket data.
  • Kabel UTP putih biru dan kabel UTP biru memiliki peran besar sebagai alat untuk mengantarkan paket suara di seluruh perangkat.
  • Kabel UTP putih – cokelat dan kabel UTP cokelat memiliki fungsi untuk menghantar tegangan DC.

Fungsi kabel di atas selain didasari dari warna dan jenis kabel UTP, juga memiliki kegunaan umum. Contohnya adalah sebagai penghubung antar perangkat, menjadi USB extender, dan juga sebagai konektor dari perangkat ke router atau switch. Kabel ini juga banyak digunakan karena murah harganya.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button