Apa Itu Pemasaran Produk Perangkat Keras | PKK

Apa Itu Pemasaran Produk Perangkat Keras | PKK  Baiklah disini saya akan menjelaskan serta sharing kepada teman – teman dan melanjutkan pembahasan sebelumnya yaitu Apa itu Pengendalian Mutu | PKK terkait Pembelajaran TKJ dengan mata pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan atau biasa disebut dengan PKK, alangkah baiknya anda melihat – lihat terlebih dahulu pada pembahasan sebelumnya agar lebih dapat dimengerti. Pada saat ini saya akan membahas tentang apa itu Pemasaran Produk Perangkat Keras. Langsung saja simak penjelasannya dibawah ini.




Pemasaran Produk Perangkat Keras

Ujung tombak dari sebuah perusahaan adalah aspek pemasaran. Asek pemasaran bertanggung jawab agar setiap produk dapat terjual, sehingga perusahaan mendapatkan keuntungan. Dengan menerapkan strategi pemasaran yang baik, perusahaan dapat menghasilkan keuntungan yang maksimal. Lalu, bagaimanakah aspek pemasaran di dalam perusahaan perangkat keras? Mai kita pelajari hal tersebut di bawah ini dengan seksama!

A. Hakikat Pemasaran

Pemasaran adalah sistem pertukaran. American Marketing Association mendefinisikan pemasaran sebagai kegiatan dan proses menciptakan, mengomunikasikan, menyampaikan, dan menukar produk yang memiliki nilai di matakonsumen, klien, parter, dan masyarakat umum.

    1. Aspek-aspek yang dikenakan dalam pemasaran

Orientasi dasar pemasaran terletak pada pertanyaan apakah produk yang dibuat oleh produsen dapat memenuhi kebutuhan konsumen. Dari orintasi dasar tersebut, kita dapat bagian-bagian dari orientasi.

  1. Orientasi pada Produk
  2. Orientasi pada Penjualan
  3. Orientasi pada Produksi
  4. Orientasi pada Pemasaran
  5. Orientasi pada Konsumen
  6. Orientasi pada Perusahaan
  7. Kerja Sama yang Sama-Sama Menguntungkan

Baca Selengkapnya : Klik Disini

    2. Elemen dalam Pemasaran

Pada awal tahun 11960-an, Professor Neil Border, seorang dosen Universitas Hardvar mempelajari apa yang bisa dilakukan oleh perusahaan untuk memengaruhi keputusan konsumen untuk membeli barang dan jasa. Borden mengusulkan bahwa segala aktivitas yang dilakukan oleh perusahaan dikelompokkan menjadi istilah yang disebut dengan marketing mix (Bauran Pemasaran). Pada tahun 1960-an, Professor Jerome E McCarthy membuat rumusan 4 elemen marketing mix yang terdiri dari :

  1. Produk
  2. Harga (Pricing)
  3. Distribusi (Placement)
  4. Promosi

Baca Selengkapnya : Klik Disini

    3. Lingkungan Pemasaran

Istilah lingkungan pemasaranmengacu pada faktor-faktor yang berkaitan dengan aspek pengambilan keputusan dan perencanaan produsen. Lingkungan pemasaran suatu perusahaan terdiri dari 3 macam, seperti :

  1. Lingkungan Makro
  2. Lingkungan Mikro

Baca Selengkapnya : Klik Disini

    4. Strategi Pemasaran

Strategi pemasaran merupakan hal yang sangat penting bagi perusahaan di mana strategi pemasaran merupakan suatu cara mencapai tujuan dari sebuah perusahaan. Hal ini juga didukung oleh pendapat Swastha bahwa strategi adalah serangkaian rancangan besar yang menggambarkan bagaimana sebuah perusahaan harus beroperasi untuk mencapai tujuannya sehingga dalam menjalankan usaha kecil, khususnya, diperlukan adanya pengembangan melalui strategi pemasarannya, karena pada saat kondisi kritis justru usaha kecillah yang mampu memberikan pertumbuhan terhadap pendapatan masyarakat.

Berikut adalah hal-hal yang patut diperhatikan dalam penerapan strategi pemasaran.

  1. Perencanaan Pemasaran
    1. Langkah 1 : Penentuan Kebutuhan dan Keinginan Pelanggan
    2. Langkah 2 : Memilih Pasar Sasaran Khusus (Special Target Market)
    3. Langkah 3 : Menempatkan Strategi Pemasaran dalam Persaingan
    4. Pemilihan Stratefi Pemasaran|
  2. Bauran Pemasaran (Marketing Mix)

Baca Selengkapnya : Klik Disini

    5. Peran Iklan dalam Pemasaran

Koetler (1999) menyatakan bahwa iklan adalah segala macam bentuk penyajian dan promosi ide, barang, atau jasa non personal yang dibayar oleh sponsor tertentu.

Iklan sangat penting karena memiliki fungsi komunikasi yang kritis, yaitu :

  1. Menginformasikan
  2. Membujuk
  3. Mengingatkan

Baca Selengkapnya : Klik Disini

    6. Macam-macam Iklan dalam Pemasaran

  1. Iklan Cetak
  2. Iklan Advertorial
  3. Iklan Display
  4. Iklan Elektronik

Baca Selengkapnya : Klik Disini

Nah, begitulah penjelasan tentang apa itu Pemasaran Produk Perangkat Keras. Menarik bukan? Jika anda suka, share ke teman atau keluarga anda sehingga kita bisa saling mempelajari ilmu – ilmu terkait pembahasan di artikel ini. Jika ada yang kurang dimengerti silahkan komentar dibawah yah ๐Ÿ˜„๐Ÿ˜„๐Ÿ˜„.

Jika anda ingin mencari atau melanjutkan pembahasan terkait dengan pembelajaran PKK silahkan cek di link berikut : Klik Disini

Demikianlah artikel pembahasan materi yang berjudul Apa Itu Pemasaran Produk Perangkat Keras | PKK. Semoga bermanfaat bagi anda. Terima kasih…

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.