5 Cara Memindahkan Foto dari Kamera ke Laptop Anti Ribet

cara memindahkan foto dari kamera ke laptop

Mengabadikan momen dengan menggunakan kamera sudah menjadi keharusan, terutama ketika sedang berlibur. Namun ketika ingin mengunggah foto dari kamera ke sosial media, perlu dipindahkan ke laptop terlebih dahulu. Adapun cara memindahkan foto dari kamera ke laptop ini ternyata mudah untuk dilakukan.

Begitu pula setelah selesai digunakan, biasanya lebih nyaman melihat hasil jepretan melalui laptop karena lebih jelas. Untuk mengetahui beberapa cara mudah untuk memindahkan foto ke laptop, dapat menyimak penjelasan berikut ini:

1. Memanfaatkan Kabel USB

Beberapa jenis kamera digital maupun ponsel sekalipun biasanya mendukung cara transfer data dengan menggunakan kabel USB. Cara ini termasuk paling praktis karena tidak perlu melepaskan memori eksternal dan juga membutuhkan alat pembaca memori.

Cukup dengan memasangkan kabel pada kamera dan port USB laptop, lalu pilih menu aksi di laptop untuk mengizinkan transfer data. Pilih foto-foto yang diinginkan, selanjutnya tentukan folder atau lokasi untuk menyimpan foto dari file explorer.

Biasanya untuk bisa melakukan pemindahan foto, biarkan kondisi kamera dalam keadaan menyala. Dengan demikian, data yang ada di kamera digital bisa diakses dari laptop melalui sambungan kabel USB.

2. Menggunakan Card Reader

Mungkin sebagian orang sudah pernah mendengar istilah card reader, yaitu alat untuk membaca memori eksternal (SD card). Biasanya card reader, dilengkapi beberapa slot dengan bentuk berbeda untuk menyesuaikan ukuran SD card yang beragam.

Pengguna tinggal melepaskan kartu memori yang ada di kamera digital lalu memasangkan pada slot yang sesuai pada card reader. Kemudian, hubungkan kabel card reader ke port yang tersedia di laptop dan tunggu memori terbaca.

3. Mengirimkan Lewat Bluetooth

Cara memindahkan foto dari kamera ke laptop juga dapat dilakukan dengan memanfaatkan teknologi bluetooth yang tersedia di kamera dan laptop. Sebagai catatan, untuk bisa menggunakan cara ini perlu dipastikan bahwa kedua perangkat sudah bluetooth supported

Nyalakan fitur bluetooth yang ada di kamera dan juga laptop, biasanya dibutuhkan proses pairing untuk mengenalkan masing-masing perangkat. Bila pairing berhasil, selanjutnya tinggal pilih foto-foto dari kamera untuk disalin ke perangkat laptop.

Proses pemindahan melalui bluetooth lebih disarankan untuk skala kecil karena waktu yang dibutuhkan relatif lama. Tentunya bila hal itu dibandingkan dengan pemindahan data dengan menggunakan kabel atau card reader yang transfer rate lebih cepat.

4. Melalui Memori Eksternal

Cara ini hanya bisa dilakukan oleh pengguna yang memiliki laptop dengan dukungan slot khusus untuk membaca memori eksternal. Diketahui ada merek, seperti Acer dan Toshiba yang menyediakan teknologi ini pada sebagian tipe laptop yang diproduksi.

Biasanya slot memori tersedia di bagian samping laptop, tetapi bisa juga di bagian belakang sesuai dengan desain masing-masing. Cukup pasangkan memori dari kamera ke bagian slot yang tersedia di laptop, mirip seperti membaca flashdisk.

5. Menggunakan WiFi

Proses transfer data tanpa menggunakan kabel atau menghubungkan memori juga bisa dilakukan dengan memanfaatkan koneksi internet, terutama WiFi. Hanya saja cara ini mungkin hanya didukung oleh beberapa kamera canggih atau termasuk keluaran seri terkini.

Sistem pemindahan foto adalah dengan menggunakan fitur share ke email atau ke akun penyimpanan cloud. Untuk mendukung hal ini, perangkat kamera harus terhubung lebih dulu ke jaringan WiFi yang masih ada di jangkauan terdekat.

Demikian cara memindahkan foto dari kamera ke laptop yang begitu beragam dan dapat menyesuaikan dengan fasilitas yang dimiliki pengguna. Kelak foto-foto yang sudah diperoleh bisa di-back up di laptop untuk kebutuhan editing dan koleksi.

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.