5 Cara Mengatasi Tidak Bisa Screenshot Karena Pembatasan Aplikasi di HP

Terkadang, ada beberapa aplikasi yang tidak memperbolehkan proses pengambilan screenshot karena aturan pembatasan. Hal ini berkaitan dengan akses keamanannya. Lalu bagaimana cara mengatasi tidak bisa screenshot karena pembatasan aplikasi pada smartphone?

Untuk menyelesaikan masalah tersebut, sebenarnya ada lima cara yang berbeda. Agar bisa dipahami dengan mudah, simak beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi hal tersebut, diantaranya:

1. Pakai Aplikasi Pihak Ketiga

Cara pertama yang disarankan adalah dengan memakai aplikasi pihak ketiga. Saat ini sudah banyak aplikasi bantuan untuk melakukan screenshot secara mudah dan gratis. Aplikasi seperti ini bisa langsung ditemukan di tempat pengunduhan resmi.

Dengan penggunaan aplikasi pihak ketiga, maka pembatasan aplikasi tidak akan menjadi hambatan dan proses screenshot tetap bisa dilakukan. Oleh karenanya, cara ini termasuk yang paling mudah untuk dilakukan.

2. Lakukan Screenshot dengan Mode Penyamaran

Kemudian untuk cara kedua yang bisa dipilih adalah dengan memakai mode penyamaran. Biasanya, ada beberapa browser tidak bisa dipakai untuk screenshot. Jika menggunaan Firefox, maka berikut langkah masuk ke mode penyamarannya:

  • Buka aplikasi Firefox di HP.

  • Kemudian pencet tombol dengan logo tiga garis di bagian kanan.

  • Lalu pencet tombol “Pengaturan”.

  • Scroll ke bawah dan pencet opsi “Penjelajahan Pribadi”.

  • Terakhir, izinkan tangkapan layar dalam penjelajahan pribadi yang ada dalam pilihannya.

Namun apabila menggunakan Google, maka masuk ke mode penyamarannya akan berbeda lagi. Penasaran bagaimana cara masuk ke mode penyamarannya? Untuk mengetahuinya, simak uraian berikut ini:

  • Masuk dulu ke Google Chrome.

  • Lalu masukkan alamat chrome://flags dan pencet tombol “Ok”.

  • Nantinya akan muncul beberapa opsi pilihan, dan cari saja bagian “Tangkapan Layar”.

  • Setelah itu, pencet tombol “Aktifkan” dan coba untuk melakukan screenshot.

3. Pakai Fitur Tangkapan Layar

Cara mengatasi tidak bisa screenshot karena pembatasan aplikasi selanjutnya adalah dengan fitur tangkapan layar. Terkadang, ada HP yang pengaturan bawaan untuk screenshot-nya adalah “Tidak Ada”, sehingga prosesnya akan terhambat.

Untuk itu, fitur tangkapan layar atau screenshot-nya harus dinyalakan terlebih dahulu agar bisa dipakai. Sedangkan untuk proses pengaktifannya, caranya bisa dilakukan dengan beberapa tahapan berikut ini sampai selesai:

  • Buka bagian “Pengaturan” di HP.

  • Setelah itu, buka menu “Pengaturan Tambahan”.

  • Pada bagian selanjutnya, pencet opsi “Pintasan Tombol untuk Mengaktifkan Fitur Tangkapan Layar”.

  • Jika diarahkan ke halaman lain, maka cari “Ambil Tangkapan Layar” dan nyalakan tombolnya.

4. Pindah dari Aplikasi ke Browser Web

Apabila aplikasi yang dipakai tidak mengizinkan proses screenshot di bagian manapun, maka pengguna bisa beralih ke browser web. Jadi keluar dulu dari aplikasinya, dan buka browser yang mengarahkan ke situs resminya.

Jadi biasanya, situs resmi ini akan memperbolehkan proses screenshot dan tidak dilarang seperti dalam aplikasi. Proses screenshotnya bisa dilakukan seperti biasa dan tidak akan memberikan kesulitan apapun sampai selesai.

5. Pakai Metode Screen-Mirroring

Pilihan terakhir yang juga direkomendasikan adalah dengan metode screen-mirroring. Untuk melakukannya, siapkan HP tambahan untuk membantu proses ini. Nantinya, Hp yang dipakai untuk screenshot dan HP tambahan harus sudah memiliki aplikasi seperti screen-mirroring.

Jadi proses screenshot tidak dilakukan di Hp utama, namun di Hp tambahan tersebut. Sedangkan hal yang di-screenshot akan sama tanpa perbedaan. Dengan proses ini, maka prosesnya bisa selesai dengan cepat.

Demikianlah daftar cara mengatasi tidak bisa screenshot karena pembatasan aplikasi yang bisa dilakukan. Karena sudah ada lima cara berbeda, maka proses pemilihan caranya bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan kenyamanan masing-masing pengguna.

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.