Cara Memindah Foto dari Laptop ke HP dengan dan Tanpa Perangkat Tambahan

cara memindah foto dari laptop ke hp

Berbagai jenis file yang terdapat di suatu perangkat sekarang ini, sangat mudah untuk dipindahkan ke perangkat lainnya. Banyaknya cara memindah foto dari laptop ke hp pun dapat disesuaikan sendiri oleh para pengguna.

Media yang dipakai yaitu mulai dari fitur yang dimiliki oleh perangkat, menggunakan alat tambahan tertentu dan sebagainya. Tentunya masing-masing cara ini mempunyai kecepatan dan efektifitas yang berbeda. Untuk lebih jelasnya, simak penjelasan berikut:

Memindah Foto dengan Perangkat Tambahan

Cara memindah foto dari laptop ke hp yang dianggap paling efisien adalah dengan memakai perangkat tambahan. Sebab meskipun harus menyiapkan alatnya terlebih dulu, jika proses memindah file begitu aman dan cepat tentu tidak masalah. Berikut beberapa cara yang dapat dilakukan:

1. Menggunakan Kabel Data 

Satu alat yang paling menjadi andalan para pengguna adalah kabel data yang juga merupakan kabel charger HP. Sebelum memakai cara ini, pengguna harus tahu dimana letak foto yang dimaksud tersebut disimpan.

Sebab, data laptop umumnya sangatlah banyak dan hal ini akan membuat pengguna sulit menemukan foto tersebut. Pastikan juga space penyimpanan pada perangkat hp masih sangat cukup untuk menerima foto. Berikut langkahnya:

  • Lepaskan kabel dari colokannya kemudian pasang ujung kabel yang lebih kecil ke hp dan satunya lagi ke laptop.

  • Setelah terhubung, pada notifikasi hp pilihlah opsi aktivitas Transfer files.

  • Selanjutnya akses File Explorer yang ada di laptop dan buka lokasi foto yang dimaksudkan untuk dipindah.

  • Seleksi foto-foto tersebut atau bisa juga langsung memilih satu foldernya lalu klik kanan untuk menampilkan opsi.

  • Pilih copy jika pengguna ingin menyalin saja, pilih cut ketika ingin memindahkan.

  • Pada File Explorernya bukalah penyimpanan hp, pilih tempat untuk menyimpan file dan tempelkan pada lokasi tersebut dengan perintah paste.

2. Menggunakan OTG dan Flashdisk

USB OTG merupakan sebuah alat atau aksesoris hp yang memang khusus untuk transfer file dari dua perangkat ini. OTG diperlukan sebagai alat penghubung flashdisk dengan hp, berikut langkah-langkahnya: 

  • Pasang flashdisk ke perangkat laptop. lalu salin file foto ke alat tersebut kemudian eject dan lepaskan flashdisk.

  • Setelah itu, sambungkan OTG dengan hp, lalu sisi satunya adalah untuk sambungan flashdisknya.

  • Apabila seluruhnya sudah terhubung maka, notifikasi berupa General USB Drive akan muncul, ketuklah tombol Open. 

  • Buka File Manager kemudian seleksi fotonya dan tap perintah pindahkan atau salin ke penyimpanan hp.

Memindah Foto Tanpa Perangkat Tambahan

Setiap perangkat sebenarnya telah disematkan fitur khusus yang memiliki fungsi sebagai media transfer foto. Sayangnya, fitur dan aplikasi yang tersemat cenderung lama dan terbatas saat mengirim file. Berikut beberapa cara yang dapat dilakukan untuk memindahkan foto tanpa perangkat tambahan:

1. Menggunakan Fitur Bluetooth 

Untuk memanfaatkan fitur ini sebagai media memindah foto, pengguna harus memastikan bluetooth di dua perangkat ini bisa terhubung. Karena jika tidak, file apapun akan gagal dikirim dan dipindahkan. Berikut ini langkahnya:

  • Nyalakan bluetooth yang tersedia di laptop dan HP. 

  • Selanjutnya lihatlah perangkat bluetooth yang terdeteksi pada hp dan ketuk pada nama bluetooth laptop, lalu tap hubungkan.

  • Akses pengaturan Other Devices yang ada di laptop kemudian ketuk perintah Send Files, pilih perangkat yang dituju lalu Next. 

  • Buka lokasi fotonya dan pilih foto-foto tersebut dan tunggu prosesnya selesai berjalan.

2. Memanfaatkan WhatsApp 

Platform chatting ini sangat mungkin digunakan sebagai media pengiriman foto di laptop ke hp. Caranya yaitu akses WhatsApp melalui browser yang terpasang di laptop lalu kirim foto ke nomor yang dapat diakses di hp.

Itulah beberapa cara memindah foto dari laptop ke hp yang bisa dipilih satu yang dirasa paling pas untuk digunakan. Jika memakai alat seperti flashdisk dan sejenisnya pastikanlah bahwa alat tersebut tidak menyimpan virus.

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.