Teknologiwifi

Cara Memperluas Jaringan Wifi, Agar Koneksi Internet Tidak Terhambat

Cara Memperluas Jaringan Wifi

Kebutuhan akan sumber koneksi internet seperti Wifi, semakin banyak ditemui di kehidupan masyarakat. Selain itu, cara memperluas jaringan wifi kini dapat dilakukan dengan mudah untuk mendapatkan koneksi yang lebih baik. Apalagi untuk kegiatan yang membutuhkan akses internet.

Perluasan jaringan tersebut bisa dengan berbagai cara serta mudah dilakukan oleh pengguna. Caranya, bisa dengan memperhatikan hal berikut ini untuk nantinya dicoba dalam penerapannya:

1. Atur letak Router

Poin pertama yang bisa dilakukan pengguna ialah mengatur letak router yang digunakan. Hal tersebut tentu memiliki pengaruh pada kecepatan maupun jangkauan koneksi internet dari Wifi, agar lebih bagus lagi.

Apabila diletakkan pada posisi atau tempat yang tepat, bukan tidak mungkin akan membantu memberikan dampak koneksi yang lebih baik. Pengguna bisa mencoba untuk meletakkannya pada tempat yang lebih tinggi, serta di tengah dari bagian rumah.

2. Putuskan Sambungan dari Perangkat yang Tidak digunakan

Hal ini mungkin sering terlupakan oleh pengguna Wifi. Akses internet dari sebuah sumber Wifi terkadang tidak hanya digunakan oleh satu perangkat saja. Mulai dari ponsel, laptop/komputer, hingga televisi dan lain sebagainya.

Maka dari itu, sebaiknya memutuskan sambungan dari perangkat yang tidak digunakan lagi untuk mengakses internet. Pengurangan akses perangkat jika tidak lagi menggunakan Wifi, dapat memberikan banyak manfaat.

Selain dapat menghemat kuota internet tersebut, menghemat biaya penggunaan Wifi, tentu pengaruhnya berkaitan juga pada perluasan jaringan internet yang ada. Jadi, poin ini juga penting diperhatikan dan diterapkan oleh pengguna untuk membantu memperbaiki kualitas jaringan.

3. Jauhkan atau Hindari Router dari Benda-benda Tertentu

Di dalam rumah, terdapat benda-benda tertentu yang bisa berpengaruh pada sinyal internet yang ada. Misalnya: benda berbahan metal, beton, dan lainnya. Benda-benda tersebut dapat berpotensi menghambat sinyal dari router serta bisa menyebabkan kinerjanya kurang optimal.

Penerapannya bisa dilakukan dengan contoh seperti: tidak meletakan router di area dapur karena berpotensi terhalang oleh material peralatan dapur, menghindari letak router di area jendela atau dinding penghalang dan lainnya.

4. Gunakan Perangkat Tambahan

Sebagai salah satu cara memperluas jaringan Wifi, pengguna bisa melakukannya dengan penggunaan perangkat tambahan. Salah satunya yakni Wifi Extender. Penggunaan perangkat ini bukan hanya dapat memperluas jaringan internet, tapi juga bisa menambah kecepatan jaringan tersebut.

Selain itu, dapat juga menggunakan penguat sinyal yang digunakan sebagai booster signal, Wireless Acces Point/AP yang terkoneksi dengan router untuk memperkuat koneksi.

5. Atur Antena Router

Dalam hal ini, pengguna dapat mengatur antena router ke arah yang lebih tepat untuk mendapatkan kualitas sinyal internet yang baik. Misalnya, dengan mengarahkannya ke posisi yang lebih naik.

Di lain sisi, penggantian antena bisa dilakukan untuk tipe tertentu. Sebab, ada beberapa tipe perangkat tersebut yang memang bisa dilepas dan memiliki tipe yang lebih modern atau unggul seiring berkembangnya zaman serta teknologi.

6. Perbarui Firmware Router

Pengguna perlu mengecek update dari Firmware router yang digunakan. Pembaruan (update) bagian tersebut dapat membantu kinerja perangkat untuk memberikan kualitas sinyal yang baik.

Apabila ada atau tersedia pembaruan dari tipe perangkat tersebut, maka perlu dilakukan update untuk hasil koneksi yang optimal selama perangkat beroperasi. Update bisa dilakukan pada browser dengan pencarian seri router yang sama untuk update Firmware.

Dengan mengetahui cara memperluas jaringan Wifi, pengguna dapat meningkatkan kualitas koneksi internetnya. Cara yang mudah dilakukan tersebut, nantinya akan berdampak baik untuk pemenuhan kebutuhan akses internet tersebut. 

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button