Blog

Cara Mengaktifkan Hotspot Pada iPhone dengan dan Tanpa Bantuan Perangkat Lain

cara mengaktifkan hotspot pada iphone

Kebutuhan terhadap internet memang sangatlah besar, hal inilah yang membuat fitur hotspot pada hp begitu disyukuri. Namun, berbeda dengan hotspot Android yang lebih umum digunakan, cara mengaktifkan hotspot pada iPhone ternyata berbeda dari menggunakan android.

Sistem operasi kedua jenis hp tersebut memang berbeda sehingga sering memerlukan berbagai penyesuaian ketika baru beralih ke yang lainnya. Demikian juga mengenai hotspot, dimana pada iPhone bisa diaktifkan dengan banyak metode berikut:

Mengaktifkan Hotspot Melalui Fitur iPhone

Layanan hotspot pada perangkat iPhone, ternyata dapat diaktifkan melalui berbagai fitur yang ada di perangkat. Untuk lebih jelasnya, silahkan simak beberapa cara yang dapat dilakukan:

1. Melalui Control Center

Cara mengaktifkan hotspot pada iPhone paling umum dan cukup mudah adalah dilakukan melalui fitur Control Center. Sesuai dengan namanya yaitu, pusat kontrol, pada menu ini disediakan banyak perintah yang akan memudahkan penggunanya. Berikut langkahnya:

  • Usap dan tarik layar pada pojok atas sebelah kanan ke bawah, atau bisa juga mengusapnya dari arah pinggir bawah layar ke atas. 

  • Selanjutnya, ketuk dan tahan tepat di pilihan konektivitas usahakan agar tombol lain tidak tersentuh.

  • Setelah itu tekan tombol hotspot pribadi yang letaknya di pojok kanan bagian bawah, maka hotspot pun menyala. 

2. Menggunakan Fitur Pengaturan

Fitur ini bisa ditemukan pada setiap perangkat dengan fungsi yang serupa yaitu menyediakan berbagai perintah untuk menyesuaikan perangkat. Melalui pengaturan ini pengguna juga bisa menyalakan dan menonaktifkan hotspot. 

  • Masuklah ke pengaturan lalu, tap opsi Mobile Data.

  • Selanjutnya pilih Personal Hotspot dan geser tombolnya agar menjadi “Allow Others to Join”.

  • Kini Hotspot di iPhone pun aktif menyala kemudian ganti password bawaan dari WiFi tersebut agar mudah disambungkan yaitu dengan tap WiFi Password.

  • Isi sandi yang dikehendaki lalu tekan Done. 

Setelah semua langkah tersebut selesai dilakukan kembalilah ke tampilan awal pada menu pengaturan. Tunggu sampai “Hotspot Pribadi” dimunculkan kemudian sambungkan perangkat lainnya dengan menginput sandi yang tadi diatur.

3. Menggunakan Bluetooth

Ketika dua cara paling umum diatas ternyata sedang error dan gagal mengaktifkan hotspot maka, alternatifnya yaitu dengan fitur Bluetooth. Dengan memanfaatkan jaringan Bluetooth hotspot pasti berhasil diaktifkan.

  • Buka iPhone dan langsung saja aktifkan bluetooth lalu ke menu khusus yaitu Hotspot Pribadi.

  • Tap opsi Pengizinan Akses kemudian ketuk pilihan nyalakan Wifi dan juga Bluetooth.

  • Selesai, hotspot iPhone tersebut pun akan mudah dideteksi.

Mengaktifkan Hotspot iPhone dengan Bantuan Perangkat Lain

Hotspot memang sebuah jaringan yang berjenis nirkabel yang begitu simpel dan praktis penggunanya. Namun, mengaktifkannya begitu saja pasti jaringannya cenderung kurang stabil. Berikut pilihan caranya:

1. Menggunakan USB

Ketidakstabilan sinyal yang dihasilkan tentunya mengurangi kenyamanan dalam pemakaian jaringan hotspot. Untuk itulah pengguna perlu mencari alternatif agar sinyalnya lebih stabil yaitu dengan bantuan USB. Berikut langkahnya:

  • Sambungkan Iphone ke perangkat lainnya seperti laptop atau computer.

  • Setelah itu,  akseslah menu pengaturan perangkat dan tap menu Hotspot pribadi.

  • Klik pada perintah izinkan akses.

  • Selanjutnya, pilih metode sharing yang menggunakan USB.

  • Maka proses mengaktifkan hotspot dengan maksimal pun telah berhasil.

2. Menggunakan Perangkat Apple Lainnya 

Mengaktifkan hotspot milik iPhone untuk disambungkan ke perangkat Apple caranya lebih mudah lagi. Sebab, pengaktifan ini bisa langsung melalui perangkat Apple yang akan disambungkan. Adapun langkah yang bisa dilakukan diantaranya:

  • Aktifkan data di HP iPhone lalu, tekan ikon WiFi pada perangkat Apple lainnya.

  • Kemudian cari nama iPhone yang akan menyediakan hotspot lalu lakukan konektivitas dan selesai.

Itulah cara mengaktifkan hotspot pada iPhone dengan sangat sederhana dan cepat. Dengan mengetahui hal-hal diatas pengguna tentunya sudah tidak lagi bingung.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button