Cara Mengembalikan File yang Terhapus Permanen di Laptop Windows 10 yang Perlu Diketahui

cara mengembalikan file yang terhapus permanen di laptop windows 10


Saat menggunakan laptop, seseorang kadang tidak sengaja menghapus permanen data penting yang tak sengaja terhapus sebelumnya. Namun jangan khawatir, cara mengembalikan file yang terhapus permanen di laptop Windows 10 masih bisa dilakukan sekalipun terhapus permanen.

Cara mengembalikannya ada beberapa, bisa menggunakan software bawaan laptop sendiri maupun menggunakan software pihak ketiga. Ada software bernama Command Prompt dan Disk Drill yang bisa digunakan untuk mengembalikan file-nya. Lantas, bagaimanakah cara menggunakan kedua software-nya?

Cara Mengembalikan File yang Terhapus Permanen dengan Disk Drill

Software bernama Disk Drill ini dapat memulihkan dengan cepat dan mudah data-data hardisk yang terhapus permanen di laptop Windows. Jenis file yang bisa dipulihkan ada banyak, bisa berupa dokumen, arsip, maupun file media lainnya.

Pengguna bisa mengunduh software ini secara gratis atau menggunakan versi pro-nya. Kabar baiknya, Disk Drill juga dapat digunakan di PC, Mac, HDD/SSD, USB, SD/CF Card, Kamera digital, dan iPhone/Android. Lantas, bagaimana cara menggunakannya di Windows?

  • Unduhlah dahulu software Disk Drill. Akseslah alamat ‘cleverfiles.com’ di browser dan pilihlah opsi ‘Data Recovery for Windows’. Setelah itu, pilihlah opsi ‘free download’ atau ‘upgrade to pro’. Install-lah Disk Drill setelah proses unduhannya telah selesai.

  • Mulailah menjalankan software Disk Drill di laptop. Klik dua kali pada aplikasinya kemudian pilihlah ‘Run’, kemudian kliklah ‘Agree & Continue’ yang tersedia pada kolom persyaratan dan ketentuan. Setelah ini, untuk memulainya kliklah tombol ‘Get Started’.

  • Nantinya, halaman akan menampilkan beberapa folder. Pilihlah folder di mana pengguna menyimpan file yang terhapus permanen sebelumnya. Misalnya file foto atau video berada di Disk D, pilihlah folder tersebut kemudian klik ‘Search for lost data’.

  • Tunggulah proses pemindaian folder oleh Disk Drill. Setelah selesai, pilihlah file yang akan dipulihkan dengan mencentang file-nya. Kliklah ‘Recover’ dan pilihlah tempat baru untuk menyimpan file pemulihannya. Kalau bisa, jangan simpan di tempat yang sama.

  • Klik ‘OK’ untuk memulihkan file. Tunggulah sampai proses pemulihannya selesai. Setelah ini file yang sebelumnya sudah terhapus secara permanen dari Recycle Bin sudah bisa diakses dan digunakan kembali.

Cara Memulihkan File Terhapus Permanen dengan Command Prompt

CMD atau command prompt adalah software berbasis CLI atau Command Line Interpreter yang ada di sistem operasi Windows. Software ini bisa bekerja sesuai dengan perintah yang telah diberikan oleh penggunanya melalui berbagai command atau coding tertentu.

Command Prompt bisa mengerjakan berbagai hal, mulai dari mengecek jaringan, status Windows, atau mengatur file. Cara mengembalikan file yang terhapus permanen di laptop Windows 10 juga bisa dilakukan melalui command prompt. Berikut langkah mengembalikan file-nya:

  • Akseslah menu Command Prompt. Klik menu ‘Start’ kemudian ketiklah ‘Command Prompt’ di kolom pencarian yang ada. Jika sudah muncul simbolnya, klik kanan pada simbolnya kemudian pilihlah opsi ‘Run as administrator’. Tunggulah sampai Command Prompt-nya terbuka.

  • Masukkan perintah di Command Prompt. Ketiklah perintah: chkdsk “drive letter” /f kemudian ketikkan huruf Y. Setelah itu tekanlah tombol ‘Enter’ guna melanjutkan tahap selanjutnya. Untuk mengubah mulai proses pencarian, ketiklah ‘drive letter’, dan tekanlah ‘Enter’.

  • Masukkan lagi perintah lainnya. Ketiklah attrib -h -r -s /s /d *.* di layar Command Prompt-nya. Setelah itu, tunggulah sampai proses pengembalian datanya sampai selesai.

Jangan khawatir atau panik dulu jika tiba-tiba file penting yang dimiliki hilang. Gunakanlah cara mengembalikan file yang terhapus permanen di laptop Windows 10 yang tersedia di atas untuk mengembalikan file-filenya. File-file akan kembali seperti semula.

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.