wifi

Cara Ubah Sandi WiFi di Komputer dan Smartphone dengan Mudah

Cara Ubah Sandi WiFi

Kemudahan aplikasi cara ubah sandi WiFi baik pada perangkat komputer dan smartphone tidak hanya membantu pemilik dalam mengamankan jaringan pribadi. Namun juga bisa sebagai bentuk kreativitas diri beberapa orang yang bosan dengan sandi WiFi sebelumnya.

Seperti yang diketahui ada sejumlah cara yang dapat diterapkan. Berikut ini telah disajikan cara-cara tersebut dengan cukup jelas dan rinci.

Cara Ubah Sandi WiFi pada Perangkat Komputer atau Laptop 

Untuk mengubah sandi WiFi di perangkat komputer dapat dilakukan dengan beberapa langkah. Inilah langkah-langkah yang bisa diambil:

  • Hubungkan perangkat komputer ke jaringan Wi-Fi terlebih dahulu sebelum mengubah sandi.

  • Masuk ke peramban lalu ketikkan IP router. Diikuti username dan password (login secara default perhatikan keterangan di sisi belakang router).

  • Beberapa diantaranya IP router, TP Link, Indihome, dan Huawei (192.168.1.1 atau ganti 1 terakhir dengan 254). Untuk First Media (192.168.0.1) sementara MNC Play (192.168.100.1).

  • Apabila laman home sudah muncul maka klik menu Network dan buka tautan Wireless dan Setting.

  • Dalam Setting pilih tautan Security lanjutkan dengan mengklik bidang terkait sandi. Ketikkan sandi baru yang biasanya terdiri dari simbol, angka dan kombinasi huruf besar dan kecil.

  • dan Klik tautan Submit untuk menyimpan sandi baru pada WiFi pribadi baru bisa digunakan.

Bagi yang ingin mengubah nama WiFi juga dapat menggunakan tautan WLAN dalam menu Network. Kemudian ikuti instruksi selanjutnya dengan menekan Setting sampai selesai dilakukan kustomisasi nama WiFi.

Sebagai informasi, username dan password untuk Indihome berupa admin dan Telkomdso123. Lalu secara berurutan TP Link (admin – admin) serta Huawei (telecomadmin – admintelecom atau root – admin). 

Cara Ubah Sandi WiFi pada Perangkat Smartphone

Pada smartphone setidaknya terdapat 3 cara yang bisa dilakukan oleh pemilik smartphone. Agar tidak bingung mari ikuti uraiannya dengan saksama.

1. Gunakan Router First Media

Langkah-langkah yang dapat diterapkan adalah hubungkan smartphone dengan internet terlebih dahulu. Kemudian buka browser dan masukkan IP (192.168.0.1) diikuti dengan login. Dalam kolom Passphrase ganti sandi lalu klik Save Setting.

2. Gunakan CISCO

Untuk langkah-langkah pada CISCO ini masukkan IP (168.1.1) dalam peramban dan klik Enter. Setelah itu klik menu Wireless sebagai media pergantian sandi baru. Pastikan setiap perubahan yang dilakukan disimpan dengan menekan Submit.

3. Gunakan Browser 

Tak jauh berbeda dengan kedua cara sebelumnya, browser yang ada di smartphone juga bisa membantu kustomisasi sandi WiFi. Diawali dengan setting router (IP: 192.168.1.1). 

Lalu ketikkan username berikut password. Selanjutnya klik menu Network hingga bertemu WPA Passphrase. Ganti sandi sesuai keinginan dan klik Submit untuk menyimpan.

Sekilas Tips Ubah Sandi WiFi dengan Aman

Setelah mengetahui cara mengubah sandi baik pada perangkat komputer maupun smartphone, beberapa tips agar aman rasanya penting diketahui. Tips pertama, pastikan label router lengkap (username dan password). 

Tips kedua, pastikan jaringan internet terhubung dengan lancar tanpa kendala. Tips ketiga, pastikan browser tidak ada masalah dan IP router tidak salah ketika diketikkan pada kolom tersedia.

Tips terakhir, kustomisasi sandi WiFi dan nama di bidang yang tepat (tergantung pilihan cara). Jangan sampai mengklik yang bukan bidang jaringan karena bisa membuat kegagalan kustomisasi.

Demikian cara ubah sandi WiFi yang dapat diaplikasikan dengan perangkat komputer dan smartphone. Untuk smartphone terdiri dari First Media, CISCO, dan Browser. Silahkan pilih mana yang mau dicoba lebih dulu.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button