Ketahui 3 Cara Mengaktifkan Safe Search yang Terkunci Di Perangkat Android 

Adanya internet memang bisa memberikan segala informasi yang diinginkan, hanya saja ada beberapa konten yang tidak dapat diakses oleh sembarang orang. Namun, kini ada cara mengaktifkan safe search yang terkunci yang dapat dilakukan.

Hal ini diperlukan bagi orang tua yang ingin memberikan perlindungan kepada sang buah hatinya. Di mana agar melindungi anak dari paparan konten negatif.

Dengan begini, maka semua konten yang dianggap negatif akan secara otomatis tersaring. Untuk lebih jelasnya, simak beberapa uraian berikut mengenai safe search beserta cara mengaktifkannya:

Apa Itu Safe Search?

Sebelum membahas tentang bagaimana cara mengaktifkan fitur safe search, maka akan dibahas terlebih dahulu pengertiannya. Perlu diketahui, bahwa safe search adalah fitur yang digunakan untuk menyaring konten negatif yang ada di internet.

Misalnya seperti konten eksplisit atau yang tidak layak dari hasil pencarian. Dimana saat tidak mengaktifkan fitur ini, maka semua akan muncul sesuai yang relevan dengan kata kunci yang digunakan. Bisa jadi muncul konten dewasa, kekerasan, dan pornografi.

Jadi, fitur ini pun akan sangat membantu bagi orang tua yang ingin memberikan perlindungan penggunaan internet bagi anak. Selain itu, fitur ini juga gratis dan tidak membebankan biaya bagi penggunanya. Maka dari itu di sini akan diuraikan bagaimana cara mengaktifkannya. 

Cara Mengaktifkan Fitur Safe Search

Kemudian pembahasan kedua kali ini adalah mengenai bagaimana cara mengaktifkan fitur safe search yang terkunci. Perlu diperhatikan bahwa antara google, Chrome dan juga android TV ini berbeda cara pengaktifannya. Untuk lebih jelasnya, simak uraian berikut: 

1. Aktifkan Safe Search Di Aplikasi Google

Cara mengaktifkan safe search yang pertama yakni pada aplikasi google. Google, tentu menjadi salah satu aplikasi yang paling seru digunakan untuk pencarian. Oleh karenanya, berikut beberapa langkah yang perlu dilakukan:

  • Langkah awal yang perlu dilakukan adalah dengan masuk ke aplikasi google, pastikan bahwa ini dalam keadaan online dan jaringan internet stabil.

  • Kemudian langkah berikutnya bisa dengan klik inisial yang ada di sebelah kanan pencarian, lalu masuk ke menu setelah.

  • Jika sudah masuk pada menu pengaturan, maka tinggal lanjutkan dengan pilih opsi safe search. 

  • Pada toggle yang ada di sana, pengguna bisa geser untuk mengaktifkan atau menonaktifkan.

  • Jika sudah menemukan ikon gembok, maka fitur safe search ini sudah aktif dan konten akan disaring. 

2. Aktifkan Safe Search Di Chrome Atau Browser Seluler

Kemudian cara kedua adalah bagaimana cara mengaktifkan safe search di aplikasi browser seluler atau chrome. Untuk melakukan pengaturan di chrome sendiri sedikit berbeda dengan cara sebelumnya. Berikut langkahnya:

  • Pertama bisa dengan masuk ke browser, atau bisa langsung klik link https://www.google.com/safesearch.

  • Pada link tersebut, maka bisa langsung klik toggle yang ada di bagian atas.

  • Jika sudah aktif, maka nanti akan ada ikon gembok yang ada di bagian atas jika ingin menonaktifkan kembali, maka tinggal klik lagi toggle tersebut. 

3. Android Tv

Kemudian cara berikutnya adalah saat mengaktifkan safe search di android tv. Langkah awalnya adalah masuk ke halaman utama android TV. Lalu dilanjutkan dengan masuk ke setelan. 

Lalu kemudian di bagian preferensi, selanjutnya bisa masuk ke menu penelusuran. Dilanjutkan dengan klik menu safe search nanti akan ada toggle sebagai tombol aktif dan nonaktif. Tinggal pilih untuk aktifkan dan nonaktifkan. 

Itu tadi adalah cara mengaktifkan safe search yang terkunci yang bisa dilakukan. Pada cara tadi juga adalah langkah yang sama untuk menonaktifkan fitur ini. Jadi bisa sesuaikan dengan kebutuhan yang bisa membantu saat ini. 

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.