Laptop Tidak Bisa Connect ke Wifi? Begini 5 Tips Mengatasinya

 

Laptop adalah benda yang akan lebih berguna jika terhubung dengan Wifi atau internet. Jika laptop tidak bisa connect ke wifi itu akan jadi masalah besar, karena sebagian besar hal penting diakses lewat internet. Ketika hal itu terjadi, inilah beberapa tips untuk mengatasi hal tersebut:

1. Restart Laptop

Saat masalah laptop tidak bisa connect ke wifi terjadi, maka jangan langsung panik dan cobalah untuk melakukan restart perangkat terlebih dahulu. Jangan paksakan untuk mengatur apa yang tidak diketahui sehingga tidak mengubah setelan apapun dalam sistem.

Jika hal tersebut gegabah untuk dilakukan maka dikhawatirkan akan merubah sistem yang seharusnya tidak diubah. Sebenarnya kejadian seperti ini penyebabnya bisa terjadi karena mungkin sistem tidak berjalan dengan baik, pada akhirnya mengorbankan koneksi wifi yang terganggu.

Sangat mungkin, apabila ada kendala sistem terjadi pada saat tersebut. Maka dari itu sangat disarankan untuk melakukan restart terlebih dahulu sebelum melakukan langkah lainnya.

2. Nyalakan Airplane Mode

Jika tips sebelumnya sudah dilakukan namun tidak ada perubahan apapun, ada langkah lain yang bisa dicoba. Langkah yang dimaksud adalah dengan menyalakan mode pesawat atau airplane mode dengan tujuan untuk menyalakan ulang wifi.

Jika wifi dinyalakan ulang otomatis wifi akan mendeteksi kembali wifi untuk mencoba terhubung ulang. Metode ini menyalakan mode pesawat dalam beberapa saat. Kemudian mode pesawat akan dimatikan lagi, agar laptop bisa menerima sinyal wifi kembali seperti normal.

Tujuan langkah ini dilakukan agar referensi jaringan dari wifi bisa diperbarui. Namun saat menyalakan mode pesawat ada baiknya untuk didiamkan selama beberapa saat untuk menyegarkan jaringan wifi.

3. Reset network Settings

Fitur reset network disediakan untuk pengguna agar laptop bisa kembali terhubung dengan wifi jika ada masalah. Untuk mengatasinya, fitur ini akan menghapus semua preferensi jaringan yang sebelumnya sudah dibuat dan termasuk didalamnya beberapa komponen adaptor jaringan.

Nantinya network setting akan diatur ulang, kemudian beberapa wifi yang sebelumnya terhubung harus dihubungkan ulang. Hal ini membuat beberapa wifi akan kehilangan passwordnya dan pengguna harus menghubungkannya kembali.

4. Lakukan Troubleshooting

Untuk menemukan masalah sebenarnya, windows sudah menyediakan fitur bernama troubleshooting. Nantinya windows akan mendeteksi mana bagian yang jadi masalah jika wifi tidak bisa terhubung. 

Fungsi fitur ini sangat berguna sekali untuk pengguna yang kebingungan karena tidak tahu mana masalah yang menghampiri laptopnya. Setelah menggunakan fitur ini, pengguna bisa melihat sendiri mana yang menjadi masalah yang dialami oleh laptopnya.

5. Update Driver 

Biasanya laptop bawaan sudah dipasangi dengan driver supaya bisa bekerja dengan sistem operasi yang terpasang. Driver ini juga punya software yang harus selalu diperbaharui agar kinerjanya tidak terganggu dan bisa tetap berjalan dengan maksimal.

Jika driver wifi rusak berarti ada yang salah dan harus diperbarui. Solusinya adalah dengan melakukan update driver agar bisa sesuai dengan sistem yang berjalan pada saat ini. Bisa jadi ini adalah sumber masalah utama kenapa wifi tidak bisa terhubung dengan baik.

Maka dari itu selalu pastikan untuk driver wifi menjadi yang lebih baru atau minimal sudah terpasang dengan baik. Jika ada masalah ada indikator berwarna kuning dengan tanda seru yang menandakan harus segera diperbaiki.

Itu dia beberapa tips jika terjadi laptop tidak bisa connect ke wifi. Jika hal itu terjadi pengguna tidak perlu panik dan jangan langsung dengan sembarang mengganti pengaturan. Lakukan beberapa tips di atas secara bertahap agar tahu solusi apa yang terbaik.

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.