TeknologiTutorial

Layar iPhone Tidak Bisa Disentuh? Simak Penyebab dan Cara Mengatasinya

layar iphone tidak bisa disentuh

Masalah yang sering terjadi dan dialami para pengguna smartphone adalah layar yang tiba-tiba tidak bisa disentuh. Tak hanya dialami pengguna android, layar iPhone tidak bisa disentuh pun juga kerap terjadi dan membuat penggunanya panik.

Lantas, apakah yang menyebabkan masalah itu terjadi? Para pengguna mungkin juga penasaran dengan apa saja yang bisa dilakukan untuk dapat mengatasi masalah tersebut. Oleh karena itu, pastikan untuk menyimak pembahasan berikut dengan seksama.

Penyebab Layar iPhone Tidak Bisa Disentuh

Masalah tidak akan terjadi tanpa adanya sebab, begitu juga dengan layar iPhone yang tidak bisa disentuh. Masalah ini bisa timbul karena banyak hal, berikut beberapa di antaranya:

Bug yang terdapat pada sistem operasi. Biasanya ini terjadi karena pengguna belum memperbarui versi sistem operasi yang sebenarnya sudah usang. Jadi, pastikan untuk memantau info pembaruan dari iPhone yang dimiliki.

Ada debu atau cairan di permukaan layar. Hal ini bisa menyebabkan delay atau bahkan layar yang tidak bisa disentuh sama sekali.

Mengisi daya menggunakan charger yang bermasalah. Penggunaan charger harus dilakukan dengan hati-hati. Selain itu, pastikan untuk menggunakan charger ori atau bawaan karena tingkat keamanannya lebih terjamin.

Screen protector yang terlalu tebal. Penggunaan screen protector bertujuan untuk melindungi layar dari kerusakan-kerusakan yang mungkin dialami. Namun, pastikan untuk memilih screen guard dengan tingkat ketebalan yang sesuai.

Cara Mengatasi Layar iPhone yang Tidak Dapat Disentuh

Pada poin sebelumnya sudah dibahas tentang beberapa hal yang menjadi penyebab dari layar iPhone tidak bisa disentuh. Ada juga beberapa tips yang dapat dicoba untuk mencegah masalah itu terjadi.

Namun, apa jadinya jika layar iPhone sudah terlanjur tidak dapat disentuh? Berikut beberapa cara mudah untuk mengatasi masalah tersebut:

1. Restart Secara Paksa

Hampir semua masalah yang terjadi pada perangkat elektronik pasti menyebutkan restart sebagai solusi yang pertama. Hal itu tentu tidak mengherankan karena memang restart akan mengembalikan kondisi perangkat seperti semula sehingga semua masalah sebelumnya dapat teratasi.

Cara restart secara paksa pada iPhone bisa dilakukan dengan menekan dan lepas tombol volume up secara cepat. Lakukan hal yang sama untuk volume bawah. Selanjutnya tekan dan juga tahan tombol power sampai muncul logo Apple.

Langkah-langkah tersebut berfungsi untuk menonaktifkan perangkat iPhone. Jika sudah, maka nyalakan kembali dengan menekan tombol power.

2. Update iOS

Seperti yang sudah disebutkan dalam pembahasan sebelumnya, salah satu penyebab layar yang tidak dapat disentuh adalah adanya bug sistem. Jadi, cara yang dapat dilakukan untuk dapat mengatasi masalah tersebut adalah melakukan update sistem iOS.

Untuk memperbarui sistem ada 2 cara yang dapat dicoba oleh pengguna. Yang pertama adalah secara langsung di menu pengaturan atau Over the Air, dan yang kedua adalah menggunakan iTunes di desktop.

3. Membersihkan Permukaan Layar

JIka layar mulai terasa licin atau kasar kemungkinan besar ada penghalang berupa air atau debu di sana. Jadi, segera lakukan pembersihan dengan cara mengelapnya secara perlahan dengan bahan halus.

4. Melepas Screen Protector

Penggunaan layar pelindung yang terlalu tebal memang berpotensi menghalangi interaksi antara jari dan layar. Jadi, cobalah untuk melepas screen protector tersebut, lalu coba sentuh dan gunakan layar iPhone.

Jika sudah berfungsi dengan baik maka jelas bahwa penyebabnya memang karena terhalang oleh layar pelindung. Khawatir dengan keamanan layar? Cobalah untuk membeli screen protector baru yang lebih tipis, tetapi tetap kuat.

Itulah pembahasan dari penyebab layar iPhone tidak bisa disentuh dan juga berbagai cara yang dapat dilakukan untuk mengatasinya. Pastikan untuk menyimak dengan cermat dan cobalah untuk menerapkan beberapa cara di atas.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button