HPTeknologiTutorial

Mudah! Begini Cara Menghubungkan HP Ke STB dengan Kabel Data yang Anti Ribet

cara menghubungkan hp ke stb dengan kabel data

Perlu diketahui bahwa, kini cara menghubungkan HP ke STB dengan kabel data sudah dapat dilakukan dengan berbagai metode. Zaman serba canggih dan maju ini sangat mendukung untuk menghubungkan ponsel ke TV.

Kabel data merupakan salah satu kabel yang berguna untuk melakukan transfer data. Sehingga, tidak perlu bingung saat akan menyambungkan TV dengan ponsel pengguna. Simak di bawah ini cara mudah untuk menyambungkan ke STB:

1. Periksa Port USB TV

Pertama yang bisa pengguna lakukan adalah mengecek apakah TV yang dimiliki memiliki Port USB atau tidak. Biasanya Port USB ini, ada pada TV yang sudah canggih dan jenis model terbaru. Pengguna bisa mudah menemukan pada bagian samping TV, atau bawah televisi.

Bentuk dari Port USB ini, sama seperti bentuk pada laptop atau komputer. Tentunya, anak muda sekarang sudah tidak asing lagi dengan bentuk dari Port USB tersebut. Biasanya, ukuran USB ini juga sama dengan benda elektronik yang lain.

2. Sambungkan Port USB Ke TV

Kedua yaitu perlu untuk menyambungkan Port USB tersebut ke kabel data yang sudah disiapkan. Caranya juga sangat mudah, yakni dengan memasukkan kabel data ke dalam lubang Port USB yang sudah ditemukan.

Pastikan sudah menghubungkan kabel ini dengan benar dan tepat. Sebab caranya sangat mudah seperti saat pengguna menghubungkan kabel data ke USB lainnya. 

3 Perhatikan Panjang Tali USB

Selanjutnya ada cara menghubungkan HP ke STB dengan kabel data yang penting untuk dilakukan yaitu mengecek panjang tali dari USB. Sebaiknya, menggunakan kabel dengan ukuran panjang dengan televisi yang dipasang di tembok.

Sehingga sangat aman untuk HP yang terhubung ke STB tersebut. Apalagi tali USB  pendek, akan membuat sulit saat menghubungkan kabel tersebut ke STB. Sebaiknya, mencari kabel USB yang lebih panjang, agar mudah saat menyambungkan.

Pengguna bisa mencoba kabel dengan ukuran kurang lebih sekitar 2 meter. Ukuran ini sangat aman untuk TV yang menggantung atau terpasang menempel pada tembok. Apabila TV ada di meja, maka cukup letakkan saja diatas meja tersebut.

4. Pengecekan HP untuk Pengisian Daya

Pengecekan daya ini sangat penting dilakukan, dan menjadi bagian tahap menyambungkan kabel data ini. Apabila HP sudah melakukan pengisian daya, maka bisa dipastikan jika kabel USB sudah berhasil tersambung.

Namun, apabila pengisian daya tidak terlihat maka kabel USB belum berhasil tersambung. Hal tersebut bisa dipengaruhi oleh berbagai jenis faktor. Jika sudah terlihat HP mengisi daya, maka bisa melanjutkan proses yang selanjutnya.

5. Pilih Opsi USB Di TV

Terakhir pengguna bisa memilih pilihan USB yang ada di TV masing-masing. Cukup menekan tombol source yang ada di remot TV, lalu klik pilihan USB. Tidak perlu menunggu dengan waktu yang lama, karena pengguna sudah berhasil menyambungkan dengan kabel data.

Pengguna tidak membutuhkan tambahan kabel HDMI lagi karena sudah berhasil menikmati tayangan ponsel lewat televisi. Pengguna bisa memilih film, lagu, atau video yang mudah ditayangkan di televisi. Langkah ini tentu cukup mudah untuk dilakukan dan hanya dengan bantuan kabel data.

Itulah penjelasan terkait cara menghubungkan HP ke STB dengan kabel data yang bisa dikatakan mudah. Tidak perlu tambahan kabel lain seperti HDMI untuk menyambungkan ponsel agar bisa dilihat di TV. Cukup mengikuti urutan cara di atas yang praktis dilakukan pengguna.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button