3 Cara Memperbaiki LCD Hp yang Rusak Karena Jatuh, Ternyata Mudah Dilakukan!

Seperti yang diketahui bahwa LCD adalah bagian yang paling krusial dalam Hp. Bagaimana jika Hp yang digunakan jatuh dan mengakibatkan LCD Hp menjadi rusak sehingga tidak dapat digunakan? Namun, cara memperbaiki LCD Hp yang rusak karena jatuh kini dapat dilakukan dengan mudah.

Kerusakan pada LCD dapat mengakibatkan beberapa masalah yang akan terjadi pada smartphone yang digunakan. Salah satunya touchscreen yang tidak dapat merespon dengan benar, tentu hal ini sangat mengganggu kenyamanan pengguna. Untuk itu, simak beberapa cara berikut:

1. Melepas Penutup Layar 

Cara memperbaiki LCD Hp yang rusak karena jatuh yang pertama adalah dengan melepaskan penutup layar pada smartphone, disertai LCDnya. 

Pengguna dapat melepaskan penutup layar dan LCD dengan mandiri dan mudah, tanpa harus membawa kerusakan tersebut kepada konter Hp terdekat. Melepas penutup layar dan LCD dapat menggunakan pick gitar yang ada atau benda tipis dan lancip lainnya.

Tidak sembarang benda lancip dan tipis dapat digunakan untuk melepas penutup layar pada smartphone. Pilihlah benda lancip dan tipis, yang sekiranya tidak akan merusak partikel-partikel kecil yang ada pada bagian smartphone. 

Melepas penutup layar dan LCD juga harus dengan kehati-hatian. Selain dilakukan dengan penuh kehati-hatian, pengguna juga perlu mengingat bagian-bagian sekrup yang dilepas serta komponen-komponen lainnya. 

Tujuan dari hal tersebut adalah agar mempermudah pengguna saat merangkai kembali smartphone yang dibongkar tersebut. Serta agar pengguna tidak merusak atau memutus kabel pita yang ada pada bagian smartphone tersebut.

2. Melepas LCD

Setelah melepas penutup layar, cara memperbaiki LCD Hp yang rusak karena jatuh selanjutnya adalah dengan melepas LCD yang ada pada Hp tersebut. LCD pada Hp direkatkan dengan menggunakan lem khusus yang memiliki kekuatan cukup kuat.

Dengan kekuatan lem yang digunakan untuk mengelem LCD pada Hp, maka diperlukan sesuatu hal yang dapat digunakan untuk melepas lem tersebut. Salah satu tips untuk melepaskan lem tersebut yakni dengan memanfaatkan pengering rambut atau hair dryer. 

Hair dryer atau pengering rambut memiliki kekuatan panas yang cukup kuat untuk melelehkan lem yang digunakan untuk merekatkan LCD pada Hp tersebut. Serta dengan menggunakan pengering rambut, panas yang dihasilkan tidak akan membahayakan. 

Salah satu akibat dari LCD yang rusak dikarenakan jatuh atau terbanting adalah dengan warna LCD yang menghitam baik sebagian ataupun secara keseluruhan. Tentu dengan layar LCD yang menghitam, akan mengganggu kenyamanan pengguna. 

LCD yang menghitam tersebut perlu dilepas dari kerangka Hp. Dengan cara memberikan panas pada layar LCD yang direkatkan dengan lem, jika lem sudah meleleh layar LCD akan dengan mudah dibuka. 

Pelepasan dilakukan dengan hati-hati, dan selanjutnya ganti LCD yang rusak akibat jatuh tersebut dengan LCD yang baru.

3. Merakit Ulang

Setelah melakukan 2 cara memperbaiki LCD Hp yang rusak karena jatuh diatas, maka bagian terakhir adalah dengan merakit ulang Hp yang dibongkar tersebut. Membongkar Hp mungkin mudah dilakukan, tapi ketika merakit ulang akan mengalami beberapa kendala.

Kendala seperti lupa sekrup mana saja yang harus dipasang kembali, dan harus diletakkan dimana. Oleh karenanya sebelumnya sudah diberi peringatan agar pengguna mengingat bagian-bagian yang dilepas, agar mudah saat merakit kembali.

Demikianlah cara memperbaiki LCD Hp yang rusak karena jatuh dengan mudah, dan tanpa harus membawanya pada konter. Cukup dengan dengan membeli layar LCD yang baru dan mengganti LCD yang rusak atau menghitam tersebut. 

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.