5 Cara Membuka Playstore yang Tidak Bisa Dibuka Pada Android

cara membuka playstore yang tidak bisa dibuka

Buat para pengguna Android pasti sudah tak asing dengan gudangnya aplikasi bernama Playstore. Bagi yang playstorenya bermasalah, berikut ada cara membuka playstore yang tidak bisa dibuka.

Playstore sendiri merupakan sebuah App Store untuk android yang berisi koleksi aplikasi untuk android yang diluncurkan secara resmi. Tidak perlu khawatir lagi karena semua yang bisa masuk play store dipastikan aman dan tidak mengandung scam. Untuk kasus playstore bisa ikuti cara berikut:

1. Atur Kembali Waktu dan Tanggal

Cara membuka playstore yang tidak bisa dibuka diawali dengan mengatur tanggal dan waktu terlebih dahulu. Selaraskan waktu dan tanggal yang ada di smartphone secara otomatis dengan waktu yang sebenarnya.

Perlu diketahui jika android adalah sebuah perangkat yang dibuat menjadi perangkat yang serba tersinkron dengan baik. Sehingga aplikasi bawaan, dan aplikasi yang diunduh akan menyesuaikan pada tanggal dan waktu smartphone,

Jika kedua hal tersebut tidak selaras, maka akan ada masalah dan salah satu bagian terburuknya adalah aplikasi tidak bisa dibuka. Maka dari itu waktu dan tanggal perlu diatur kembali. Berikut langkahnya:

  • Pergi ke menu pengaturan di smartphone.

  • Cari dan scroll terus sampai menemukan pengaturan bertuliskan tanggal dan waktu.

  • Hidupkan pengaturan untuk mengatur waktu dan tanggal secara otomatis mengikuti zona waktu yang ada.

  • Pastikan time zone juga sudah diatur otomatis, untuk Indonesia yang berlaku adalah GMT +7.

2. Uninstall Update 

Jika sebelumnya playstore normal saja sampai adanya update baru itu tandanya ada yang salah dengan update tersebut. Jika hal ini memang terjadi, itu tandanya pengguna harus melakukan uninstall terhadap update terbaru itu dan kembali ke versi sebelumnya. Begini langkah untuk melakukannya:

  • Nyalakan smartphone seperti biasa kemudian cari aplikasi play store.

  • Tekan aplikasi dan tahan beberapa saat sampai memunculkan opsi info aplikasi.

  • Dengan menekan tombol info aplikasi, pengguna akan masuk ke info mengenai aplikasi playstore yang ada di pengaturan.

  • Di bagian bawah seharusnya ada opsi untuk melepas pembaruan atau uninstall update.

  • Setelah itu, playstore akan kembali ke versi semula sebelum update.

3. Restart Smartphone

Saat hendak menginstall aplikasi baru di smartphone android namun playstore tidak bisa dibuka, pastinya akan membuat penggunanya resah. Pasalnya, playstore menjadi aplikasi yang penting untuk device android.

Jika hal tersebut terjadi, solusi yang mungkin bisa membantu adalah dengan merestart perangkat. Cobalah restart HP dengan benar, supaya semua sistem bisa di reset kembali dan berjalan seperti normal.

4. Bersihkan Cache

Penyebab tidak bisa dibukanya playstore mungkin dikarenakan adanya cache yang menumpuk. Apabila terjadi masalah pada google playstore yang tidak bisa dibuka, maka pengguna bisa masuk ke menu manajemen aplikasi yang ada di pengaturan. Buka bagian playstore dan hapus semua cache yang ada.

5. Update Google Play Service

Google play service adalah aplikasi paket API untuk sinkronisasi semua aplikasi yang  menggunakan akun gmail. Jika ada masalah yang terjadi pada playstore itu tandanya ada masalah pada layanan play service karena playstore sendiri menggunakan akun gmail untuk bisa dipakai.

Agar bisa kembali menjadi normal coba juga untuk melakukan update pada google play service tadi. Cara ini bisa digunakan untuk mengatasi hal tersebut cek sendiri dengan melihat pembaruannya di internet. Jika sudah masuk ke versi terbaru maka akan ada tulisan “This version is up to date”.

Itulah dia rekomendasi cara membuka playstore yang tidak bisa dibuka pada Android.  Sebelum dibawa ke tempat service, cara-cara diatas bisa dicoba terlebih dahulu karena jika berhasil tentu bisa menghemat pengeluaran.

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.