5 Cara Memperbaiki Charger HP Lambat Mengisi Tanpa Membongkarnya

Masa ketika HP sedang diisi baterai memang bagi sebagian orang cukup menyebalkan. Hal tersebut ditambah dengan kecepatan charging HP yang cukup lambat membuat pengguna semakin kesal. Sebenarnya, ada cara memperbaiki Charger HP lambat mengisi agar lebih cepat.

Pada keadaan normal dengan ukuran baterai pada umumnya, HP akan memerlukan waktu pengecasan satu sampai dua jam. Jika lebih dari itu HP tidak kunjung penuh setelah diisi, bisa jadi ada yang salah dengan charger yang digunakan.

Hal ini bisa menyebabkan kondisi baterai smartphone berkurang kesehatannya. Oleh karenanya, berikut beberapa cara yang dapat dilakukan untuk memperbaiki charger Hp yang lambat mengisi, diantaranya:

1. Matikan Smartphone Saat Diisi Daya

Sebaiknya matikan smartphone saat diisi dayanya adalah hal yang dianjurkan untuk kesehatan baterai dan juga membuat pengisian daya lebih cepat. Hal ini bisa dicoba sebagai salah satu cara memperbaiki charger HP lambat mengisi.

Memainkan smartphone yang sedang diisi baterainya adalah sumber dan penyebab utama dari banyaknya masalah baterai yang bermunculan. Hal ini bisa menyebabkan pengisian daya yang lambat, dan juga menimbulkan masalah lain.

Pada saat smartphone sedang diisi dayanya, banyak orang yang tetap memainkannya seperti biasa. Padahal, jika ini dilakukan terus menerus akan sangat berbahaya pada kondisi baterai HP yang akan semakin buruk.

Pada saat kondisi hp sedang melakukan charging, maka akan timbul panas pada bagian baterai. Namun hal tersebut adalah sesuatu yang normal, tetapi jika HP yang panas itu dimainkan, maka akan menjadi semakin lebih panas dan akan berdampak buruk bagi baterai.

2. Periksa Lubang USB

Untuk melakukan charging, jalan satu-satunya aliran listrik menuju baterai HP adalah lewat yang namanya port USB. Meskipun sebagian smartphone kelas atas sudah mendukung pengisian daya lewat wireless charger, namun tetap saja pengisian daya jalur kabel USB masih jadi pilihan banyak orang.

Jika mengalami pengecasan yang lambat, bisa jadi ada masalah pada port USB yang menjadi penyebabnya. Port atau lubang USB ini sangat rawan untuk dimasuki oleh kotoran entah itu debu atau semacamnya, sehingga kotoran bisa menumpuk dan menghalangi tersambungnya kabel USB ke HP.

Maka dari itu cobalah secara rutin untuk membersihkan lubang ini, agar tidak terjadi penyumbatan. Jika tidak dibersihkan, lama-lama kotoran yang menumpuk bisa menyumbat kabel USB sehingga tidak dapat mengalirkan arus listrik ke baterai yang menyebabkan HP tidak bisa di charge.

3. Nonaktifkan Atau Tutup Semua Aplikasi yang Terbuka

Beberapa aplikasi, terutama yang berat memang cukup menguras daya baterai. Beberapa aplikasi tersebut termasuk diantaranya aplikasi games pasti menguras banyak baterai. Jika mengecas HP sambil menyalakan aplikasi game, tentu tidak akan efisien dan pengecasan akan berlangsung lebih lama.

Solusinya jelas, tutup semua aplikasi yang berat termasuk game agar proses charging bisa berjalan normal. Bukan cuma game, tutup semua aplikasi yang tidak terlalu penting agar kinerja ponsel tetap optimal.

4. Ganti Kabel Charger

Sebelum mengasumsikan kerusakan terjadi pada smartphone atau adaptor charger, bisa jadi kerusakan ada pada bagian kabel charger yang digunakan.

Kabel USB yang digunakan untuk charging memang sangat rawan rusak, apalagi jika kualitasnya buruk. Cobalah ganti lebih dulu kabel charger dengan yang lebih baru.

5. Update Sistem Operasi

Opsi terakhir yang bisa dilakukan jika menemukan kondisi dimana charging terasa lama adalah dengan melakukan update pada sistem operasi. Para pengguna HP biasanya mengabaikan hal ini dan bertahan pada sistem operasi dengan versi yang lebih lawas karena takut dengan update terbaru.

Padahal sebaliknya, update terbaru biasanya akan membawa banyak perbaikan dari versi sebelumnya. Jadi untuk cara memperbaiki charger HP yang lambat mengisi bisa dengan melakukan update sistem operasi smartphone itu sendiri.

Demikian cara memperbaiki charger hp lambat mengisi yang bisa dilakukan. Diantara banyaknya cara yang bisa dicoba, mungkin 5 cara tersebut yang sudah terbukti bisa membantu memperbaiki kecepatan charging HP kembali ke kondisi awalnya.

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.