HandphoneHPTutorial

5 Cara Memperbaiki Tombol Volume HP yang Rusak tanpa Biaya, Dijamin Mudah!

cara memperbaiki tombol volume hp yang rusak

Jika tombol volume pada HP rusak, tentu menjadi masalah karena sering di aplikasikan. Namun tak perlu khawatir karena, kini sudah ada cara memperbaiki tombol volume hp yang rusak agar bisa digunakan kembali.

Memang sekarang tombol volume ini jarang digunakan pada smartphone keluaran terbaru. Namun untuk yang masih memakai smartphone lama pasti tombol volume ini berperan penting utamanya untuk membesar kecilkan suara. Adapun cara yang dapat dilakukan untuk memperbaikinya yakni:

1. Atur Volume Melalui Shortcut

Dengan mengatur volume lewat shortcut menjadi salah satu cara memperbaiki tombol volume hp yang rusak. Jika volume dirasa rusak tidak perlu membongkar HP tersebut, karena biasanya mengalami kerusakan yang lebih parah.

Hal itu, dapat diatasi dengan adanya fitur shortcut yang sudah tersedia pada smartphone. Cara mengatasi dengan menggunakan fitur shortcut ini terbilang cukup mudah, berikut langkahnya:

  • Langkah pertama yang harus dilakukan untuk mengakses fitur shortcut ini hanya dengan membuka layar notification bar.

  • Usap pada bagian atas layar menuju ke bawah untuk menemukan opsi speaker.

  • Di situlah terdapat akses untuk mengatur besar kecilnya suara.

  • Namun jika ingin mengetahui suara notifikasi harus mengakses melalui pengaturan pada HP tersebut.

2. Gunakan Pengaturan Volume

Cara mudah yang kedua yaitu dengan menggunakan pengaturan volume HP. Cara ini Umum dilakukan karena tentu setiap smartphone mempunyai pengaturannya masing-masing. Volume tersebut dapat mengatur tidak hanya untuk media saja. Berikut langkahnya:

  • Langkah pertama masuk pada pengaturan smartphone terlebih dahulu.

  • Kemudian pilih menu suara dan getaran.

  • Pada menu tersebut Cari mengenai pengaturan volume yang dapat diukur besar kecilnya.

  • Pilih volume apa yang ingin diatur dengan cara menggeser sesuai dengan keinginan tanpa adanya tombol fisik.

3. Gunakan Bantuan Aplikasi

Cara berikutnya yaitu dengan menggunakan bantuan aplikasi agar tombol volume yang rusak dapat terbenahi. Perlu diketahui bahwasannya, aplikasi ini tidak dapat membantu memperbaiki tombol yang rusak, dan hanya memberikan akses agar tidak menggunakan tombol fisik.

  • Langkah pertama yaitu install aplikasi volume control pada Google Aplikasi.

  • Jika sudah terinstal buka aplikasi untuk login pada aplikasi tersebut.

  • Apabila sudah login, nantinya masuk pada halaman utama untuk mencari opsi mengenai pengaturan volume yang dapat diakses kapan saja

  • Sudah diketahui jangan menutup aplikasi agar notification bar tidak hilang.

  • Barulah smartphone dapat digunakan untuk mengatur volume tanpa menggunakan tombol fisik.

4. Ganti Flexible Volume

Cara berikut ini memang kurang disarankan untuk pemula yang belum mengetahui bagaimana cara membongkar HP. Hal ini dikarenakan untuk mengganti fleksibel volume diperlukan pembongkaran terutama, jika ingin mengganti fleksibel yang terpasang.

Fleksibel ini merupakan bantuan untuk dapat memasukkan input mengenai cara menginput naik turunnya volume pada tombol fisik. Apabila fleksibel diganti dengan yang baru maka kemungkinan besar tombol akan dapat kembali ke kondisi semula.

5. Bawa ke Service Center

Yang terakhir yaitu dapat membawa ke service center untuk memperbaiki volume yang tidak bisa digunakan. Biasanya pengguna smartphone tersebut tidak berani membongkar sendiri karena dirasa belum mahir.

Sekarang banyak sekali jasa atau service center yang dapat melayani mengenai kerusakan smartphone beserta perangkatnya. Bahkan jika memperbaiki di service Center diberikan garansi apabila terjadi kerusakan lagi setelah diperbaiki.

Di atas sudah dijelaskan cara memperbaiki tombol volume hp yang rusak baik itu menggunakan fitur bawaan ataupun menggunakan bantuan aplikasi. Perlu diperhatikan bahwasannya service center akan siap melayani, apabila terdapat kerusakan pada smartphone yang tidak bisa diatasi sendiri.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button