instagramTutorial

5 Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus di IG, Selebrgram Wajib Tahu!

cara mengembalikan foto yang terhapus di ig

Mengenang momen dapat dilakukan oleh seseorang termasuk melalui Instagram hanya bagaimana kalau ternyata tanpa disadari foto yang dimaksud telah terhapus. Cara mengembalikan foto yang terhapus di IG dianggap menjadi solusi tepat.

Cara mengembalikan foto bisa diaplikasikan dengan sejumlah pilihan. Bagi yang penasaran dan ingin tahu detailnya mari intip ulasan singkat berikut:

1. Melalui Folder Galeri

Umumnya proses unggahan foto yang dilakukan di Instagram tertaut pada folder Galeri. Dimana foto akan tersimpan dalam folder Galeri di perangkat smartphone.

Untuk itu ada baiknya silahkan cek terlebih dahulu pada folder Galeri. Siapa tau foto yang diunggah tersimpan dan bisa dipulihkan kembali.

Namun apabila ketika dicek foto tidak tersedia kemungkinan secara tidak sadar sudah dihapuskan. Jangan khawatir, langsung saja terapkan cara selanjutnya.

2. Gunakan Fitur Recently Delete

Cara mengembalikan foto yang terhapus di IG berikut ini terbilang cukup ampuh dalam memulihkan foto. Beberapa langkah yang bisa diambil:

  • Langkah pertama, lakukan login ke akun Instagram kemudian ketuk menu Profil yang terletak di sisi kanan.

  • Langkah kedua, ketuk tautan tiga garis lalu klik Your Activity yang diikuti dengan menggulir layar ke tautan Recently Deleted.

  • Langkah ketiga, pilih foto yang ingin dipulihkan kembali (termasuk filter jenis konten).

  • dan Langkah terakhir, ketuk tautan tiga titik disertai menekan opsi Pulihkan.

Fitur Recently Deleted sendiri merupakan fitur yang dapat memulihkan berbagai macam unggahan mulai foto, Reels, hingga Stories. Masa file dalam folder biasanya berkisar satu bulan sebelum kemudian terhapus secara otomatis, kecuali Stories.

3. Gunakan ZIP

Selain fitur Recently Deleted, mengembalikan foto yang terhapus pada IG juga dapat melalui ZIP. Ada sejumlah tahapan yang perlu diikuti:

  • Buka aplikasi Instagram lalu klik tautan Pengaturan lewat menu Profil dan tautan tiga garis.

  • Ketuk menu Security dan Induk Data kemudian ketikkan alamat email yang aktif. 

  • Buka email untuk menemukan pesan dari pihak Instagram baik itu opsi inbox, update, social atau spam.

  • Tahapan selanjutnya, unduh foto yang dimaksud. Namun sebelumnya pastikan sudah terpasang aplikasi ZIP yang berfungsi sebagai pengekstrak foto.

  • dan Tunggu proses ekstraksi file berhasil. Dengan begitu foto yang ingin dikenang dapat dilihat kembali.

Sebagai informasi, pengiriman foto dalam email maksimal 2 hari. Sementara proses unduhan foto sebisa mungkin dilakukan dalam kurang 4 hari untuk meminimalisir pengulangan tahapan.

4. Gunakan Bantuan Pihak Ketiga 

Cara mengembalikan foto yang terhapus di IG dapat pula memanfaatkan bantuan pihak ketiga yaitu aplikasi tambahan. Dimana Stellar Photo Recovery menjadi salah satu aplikasi pilihan yang memiliki reputasi baik, berikut beberapa langkah-langkah pemakaiannya:

  • Unduh Stellar Photo Recovery terlebih dahulu melalui platform resmi untuk mencegah Malware atau virus.

  • Buka perangkat komputer kemudian hubungkan smartphone dengan Stellar Photo Recovery.

  • Klik lokasi disk yang tampak dari laman aplikasi lalu klik tautan Scan agar sistem memindai foto yang terhapus.

  • dan Pilih foto mana yang mau dikembalikan. Setelah itu, klik Recover untuk memulihkan foto yang diinginkan.

Stellar Photo Recovery mendukung di berbagai jenis perangkat. Tentunya kekhawatiran dukung aplikasi bisa teratasi bagi yang tertarik memanfaatkannya.

5. Gunakan File Manager

Sebenarnya cara terakhir tidak begitu berbeda dengan cara pertama. Dengan bantuan File Manager foto-foto postingan biasanya tersimpan dalam folder Instagram itu sendiri.

Meskipun cara ini terbilang “untung-untungan” tetapi tidak ada salahnya dicoba. Silahkan masuk ke dalam File Manager kemudian klik opsi Penyimpanan Internal.

Cari tautan yang mengarahkan pada penyimpanan Instagram. Apabila terlihat maka klik Instagram Image untuk mulai memilih foto yang ingin dipulihkan.

Melalui 5 cara mengembalikan foto yang terhapus di IG yang dibahas, momen yang penuh kenangan bisa dirasakan kembali. Kepentingan pemulihan terkait foto juga dapat diatasi meskipun foto tidak sengaja terhapus. 

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button