5 Cara Meringkas Video di YouTube menjadi Teks dengan Mudah dan Praktis

cara meringkas video di youtube menjadi teks

Hampir rata-rata video di YouTube memiliki nilai khusus bagi penikmatnya baik itu memberikan informasi penting maupun keunikan tersendiri. Inilah kemudian mengapa cara meringkas video di YouTube menjadi teks cukup dibutuhkan.

Alih-alih untuk mempermudah dalam memahami dan mengingat ketika tengah diperlukan, teks video YouTube bisa membantu. Bagi yang penasaran bagaimana caranya, mari intip ulasan berikut yang dijelaskan dengan rinci.

1. Melalui Website Anthiago

Mungkin cara pertama dapat memanfaatkan converter online bernama Athiago. Dimana Anthiago berupa website penyedia layanan ringkasan video YouTube dalam bentuk teks, berikut langkah-langkahnya:

  • Buka aplikasi YouTube dan tentukan mana video yang ingin dikonversi menjadi teks.

  • Kemudian salin link yang tertera pada kolom URL (pada pengguna smartphone bisa mengetuk perintah Salin Link).

  • Buka website Anthiago (https://anthiago.com) lalu pada kolom Des Grabador ketuk pilihan Bahasa Indonesia.

  • Setelah itu, ketuk perintah paste dalam kolom dan ketuk tautan Transkrip.

  • Terakhir melakukan pengkopian teks yang sudah terkonversi dari video YouTube sesuai kebutuhan.

2. Melalui Website Downsub

Selanjutnya cara meringkas video di YouTube menjadi teks dengan menggunakan bantuan website Downsub. Tak kalah fungsi dengan converter online sebelumnya, Downsub cukup membantu keperluan konversi teks.

Pertama sekali, kunjungi laman Downsub (https://downsub.com) bisa dengan smartphone atau PC. Kemudian salin link yang ada pada video YouTube yang ingin dibuat teks.

Teks lalu ditempelkan pada kolom yang tersedia dan ketik tautan Download. Untuk mengunduh hasil konversi dapat memilih srt atau txt yang merupakan format download dalam Downsub.

Sekilas tentang srt dan txt, umumnya tampilan srt lebih terstruktur yang dilengkapi timecode di setiap teks. Sementara txt tidak tercantumnya penanda timecode pada subtitle sehingga memerlukan sinkronisasi manual.

3. Gunakan Ekstensi Glasp

Cara yang berikut umumnya dimanfaatkan oleh beberapa orang dengan PC. Untuk langkah-langkah yang perlu diambil simak detailnya:

  • Langkah awal, lakukan pemasangan ekstensi tambahan via browser Chrome. Lalu ketuk link Ekstensi Glasp (Social Web Highlight & YouTube) dan tambahkan.

  • Langkah kedua, buka aplikasi YouTube kemudian pilih video yang diikuti dengan mengetuk ekstensi Chrome (sisi kanan).

  • dan Langkah akhir, ketuk menu Download lalu tunggu hingga unduhan transkrip teks selesai tapi pastikan muncul perintah terlebih dahulu.

4. Melalui YouTubeSummarizer

Cara meringkas video di YouTube menjadi teks bisa juga dengan bantuan website bernama YouTubeSummarizer. Pertama-tama silahkan kunjungi website https://youtubesummarizer.com lewat smartphone atau PC.

Selanjutnya tentukan rentang video yang mau diringkas (mulai dari 10 % hingga 90 %). Apabila sudah maka pilih menu Summarize untuk mengecek video yang diringkas secara otomatis.

Cara ini dapat diulang kembali kalau-kalau dirasa ringkasan belum sesuai dengan kebutuhan. Langsung saja ikuti langkah awal yang diberikan.

5. Gunakan Fitur Voice Typing

Meskipun cara terakhir terbilang kurang hemat waktu namun tidak ada salahnya dicoba. Fitur Voice Typing yang terdapat dalam Google Docs bisa menjadi alternatif pilihan konversi video YouTube dalam bentuk tulisan.

Untuk yang tertarik, sediakan PC dan smartphone lalu buka video di salah satu perangkat (bisa PC atau smartphone). Kemudian ketuk fitur Voice Typing yang akan berubah langsung dalam teks. 

Teks yang terkonversi dapat dimanfaatkan di berbagai keperluan apakah itu informasi tutorial, edukasi, atau informasi penting lainnya. Ringkasan yang terbentuk bisa dilihat kembali dengan menyimpannya.

Berdasarkan penjelasan cara meringkas video di YouTube menjadi teks dapat diaplikasikan dengan 5 cara. Langkah-langkah disetiap cara bisa dipilih sejalan dengan waktu dan kebutuhan konversi teks yang dilakukan.

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.