HPTeknologi

5 Penyebab Baterai Cepat Habis Padahal Tidak Digunakan Sama Sekali

penyebab baterai cepat habis padahal tidak digunakan

Mungkin sering mengalami dan penasaran penyebab baterai cepat habis padahal tidak digunakan sama sekali. Ini tentu pernah dirasakan oleh setiap pengguna Hp. Di mana, kadang merasa bahwa baterai di suatu waktu berada cepat habis. 

Tentunya hal seperti ini bukan terjadi tanpa sebab. Sejauh ini ada beberapa jenis masalah yang bisa dijadikan sebagai tersangka atas baterai yang cepat habis tersebut. Oleh karenanya, berikut beberapa penyebabnya:

1. Pengaturan Kecerahan Layar Ponsel

Hal pertama yang kemungkinan terjadi adalah ada pada masalah pengaturan kecerahan ponsel. Seperti yang diketahui, bahwa ada pengaturan dari 0 hingga 100 yang bisa ditentukan sendiri. Di mana, layar sendiri punya peran sentral. 

Hal tersebutlah yang menyebabkan bahwa, kondisi layar saat itu juga berpengaruh terhadap konsumsi baterai yang berlebihan. Semakin tinggi kecerahan yang digunakan, maka akan banyak pula konsumsi baterainya. Ini juga terjadi sebaliknya. 

Dalam hal ini, maka yang bisa dilakukan adalah dengan mengurangi kecerahan pada ponsel. Jika memang dibutuhkan, maka usahakan ini digunakan saat akan dioperasikan saja. Baru saat akan dimatikan, kembali dihidupkan.

2. Ponsel Susah Sinyal

Daripada menggunakan kata tidak bisa menangkap jaringan, maka yang lebih cocok adalah susah sinyal. Ini biasanya akan dirasakan bagi yang tinggal di pelosok. Di mana, untuk sinyal kadang muncul dan hilang terus menerus. 

Dalam hal ini ponsel akan mengerahkan performa yang dimiliki untuk menangkap atau menstabilkan sinyal. Sehingga dengan tidak sadar konsumsi baterai juga akan meningkat. Ini akan tetap terjadi meski sedang tidak digunakan. 

Untuk mengakali hal ini pengguna tidak harus ke daerah yang mudah sinyalnya. Namun bisa dengan mengaktifkan mode pesawat. Setidaknya hal ini akan membantu menghentikan penangkapan sinyal dan baterai akan lebih awet. 

3. Ada Aplikasi Yang Berjalan Di Background

Lalu penyebab baterai cepat habis padahal tidak digunakan berikutnya adalah disebabkan adanya aplikasi yang berjalan di background. Seperti yang diketahui, bahwa aktivitas aplikasi akan tersimpan di latar belakang. Ini akan secara otomatis terjadi. 

Untuk menutup aplikasi berjalan ini, biasanya bisa klik tombol kotak di samping tombol home. Maka akan muncul semua aplikasi yang berjalan di latar belakang. Tinggal klik hapus untuk menutup semua aplikasi tersebut.

4. Terdapat Aplikasi Boros Daya

Penyebab berikutnya yang bisa saja terjadi adalah karena ada memasang aplikasi yang boros daya. Dimana, biasanya aplikasi seperti ini adalah yang memiliki banyak fitur di dalamnya. Bagaimanapun ini akan tetapi menyerap baterai meski tidak bisa digunakan. 

Contoh aplikasi yang akan memakan banyak baterai adalah seperti media sosial, atau untuk chatting. Konsumsi baterai ini bisa dilihat di bagian pengaturan. Sehingga pengguna akan lebih mudah mengenali setiap aplikasi. 

5. Kualitas Baterai Buruk

Terakhir adalah karena kualitas baterai yang sudah buruk. Jika memang keempat penyebab yang tadi telah disebutkan tidak ada masalah, maka mungkin karena baterai itu sendiri. Apalagi jika menang sudah berusia tua. 

Karena baterai menjadi komponen yang cukup penting dalam smartphone, maka perlu mengecek kualitasnya. Pengguna yang kurang baik biasanya menjadikan masalah ini sering terjadi. Misalnya adalah di charge namun juga digunakan untuk bermain. 

Hal tersebut akan membuat baterai menggembung dan kondisinya akan memburuk. Akibatnya baterai tidak akan tahan lama bahkan hanya beberapa jam. Untuk mengatasinya tentu harus menggantinya. 

Demikian adalah 5 penyebab baterai cepat habis padahal tidak digunakan sama sekali. Jika sudah mengetahui apa saja penyebabnya setidaknya akan lebih berhati-hati. Juga bisa mengambil langkah untuk mengatasinya. 

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button